Sukses

PT Suparma Tbk dan Profilnya, Kenali Sejarah serta Produknya

PT Suparma Tbk bergerak dalam bidang usaha industri kertas dan kertas kemasan.

Liputan6.com, Jakarta PT Suparma Tbk adalah perusahaan kertas terkemuka yang berfokus pada pembuatan kertas dengan mutu handal dan kualitas tinggi. Produk-produknya terdiri dari berbagai jenis kertas serta berbagai jenis tisu dan tissue towel.

PT Suparma Tbk bergerak dalam bidang usaha industri kertas dan kertas kemasan. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis kertas yang diklasifikasikan dalam 2 kelompok, yaitu Industrial Products (Kertas Industri) dan Consumer Products.

PT Suparma Tbk juga terus menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan serat fiber untuk sebagian besar produk dan bersertifikat FSC® dan ISO 14000. Kantor pusat dan pabrik perusahaan ini berada di Surabaya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Suparma Tbk, Rabu (14/12/2022) tentang PT Suparma Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Suparma Tbk

PT Suparma Tbk bergerak dalam bidang usaha industri kertas dan kertas kemasan. Produk-produknya terdiri dari berbagai jenis kertas serta berbagai jenis tisu dan tissue towel. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis kertas yang diklasifikasikan dalam 2 kelompok, yaitu Industrial Products (Kertas Industri) dan Consumer Products.

PT Suparma Tbk juga terus menjadi perusahaan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan serat fiber untuk sebagian besar produk dan bersertifikat FSC® dan ISO 14000. Kantor pusat dan pabrik perusahaan ini berada di Jl. Raya Mastrip No. 856 Warugunung, Karangpilang, Surabaya. Sementara itu, kantor cabangnya berada di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Bali.

VISI perusahaan yaitu sebagai produsen kertas yang ramah lingkungan, PT Suparma Tbk akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan maupun pemangku kepentingan. Sementara misinya yaitu PT Suparma Tbk menjadikan Mutu, Kehandalan dan Pelayanan sebagai budaya perusahaan, dan akan bersaing di pasar global dengan menyediakan produk yang sesuai untuk pelanggan dan geografis pemasaran yang tepat.

Produk PT Suparma Tbk berupa kertas, tisu, dan tissue towel. Produk kertas dari PT Suparma Tbk pada umumnya digunakan untuk membungkus makanan, percetakan, dan dalam industri retail, seperti Laminated Wrapping Kraft (LWK), Samson Kraft (SK), MG Paper, Coated Duplex Board (CDB), dan Sandwiched Ribbed Kraft Recycle (SRKR). Produk tisu Suparma terkenal hiegenis, lembut, dan flushable. Aman digunakan untuk kulit sensitif. Dapat pula diaplikasikan untuk kebutuhan kantor, hotel, rumah sakit, kamar mandi, dan lain sebagainya. Produk tissue towel Suparma memiliki lapisan yang kuat dan daya serap air yang tinggi, cocok digunakan untuk mengeringkan tangan mengelap aneka permukaan. Dapat pula diaplikasikan untuk hotel, restoran, kafe, ruang peristirahatan, dan lain-lainnya.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Suparma Tbk

PT Suparma Tbk didirikan di Surabaya pada tahun 1976 di atas lahan seluas 5 hektar, dengan jumlah pekerja 100 orang. Roll paper jumbo pertama diproduksi pada tahun 1978 dengan menggunakan 1 unit mesin kertas berkapasitas 6.000 ton per tahun.

Merespons permintaan kertas di Indonesia yang terus bertambah, pada tahun 1983 PT Suparma Tbk memutuskan untuk memulai ekspansi pertama dengan membeli 3 unit mesin kertas dengan total kapasitas produksi menjadi 36.000 ton per tahun. Bersamaan dengan rencana industrialisasi dari pemerintah Indonesia di awal 1900-an dan pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri akan kertas yang terus meningkat, maka pada tahun 1992 PT Suparma Tbk berinvestasi dengan menambah 2 unit mesin kertas baru yang berkapasitas total 78.000 ton per tahun.

Dalam menghadapi era globalisasi, perusahaan memutuskan untuk bergerak selangkah lebih maju dengan menjadi perusahaan publik, dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tanggal 15 November 1994. Mutu, Kehandalan dan Pelayanan adalah budaya PT Suparma Tbk, dan berdasarkan visi inilah maka perusahaan mulai membangun Power Unit yang berkapasitas 27 MW pada tahun 1997. Fasilitas ini bertujuan agar tersedia energi listrik yang cukup dan stabil pada saat produksi berlangsung, sehingga mutu yang baik tetap dipertahankan dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan tepat pada waktunya.

Pada tahun 2015, PT Suparma Tbk telah memiliki 8 unit mesin kertas dengan kapasitas 230.000 ton per tahun, berdiri di atas lahan seluas 28 hektar, dengan beraneka ragam produk kertas industri, kertas berkualitas tinggi, serta tisu.

Keberhasilan perusahaan ini dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu telah mendapat pengakuan dengan diterimanya sertifikat ISO 9001:2000 pada tahun 2003. Juga atas komitmen perusahaan sebagai produsen kertas yang ramah lingkungan, PT Suparma Tbk memperoleh sertifikat FSC® pada tahun 2012 dan ISO 14001:2015 pada tahun 2016.

4 dari 4 halaman

Produk PT Suparma Tbk

Produk Kertas

- Laminated Wrapping Kraft. LWK Suparma dikenal dengan merek Gajah dan merupakan kertas kraft cokelat dengan laminasi plastik yang biasanya digunakan untuk bungkus makanan.

- Samson Kraft. SK Suparma merupakan kertas kraft cokelat yang digunakan untuk kertas bungkus atau kertas amplop berkualitas, dan dapat diaplikasikan untuk percetakan, tas bungkus, dan lain sebagainya.

- MG Paper. Kertas MG Suparma merupakan kertas putih yang mengilap pada salah satu sisinya, biasa digunakan untuk bungkus makanan, kemasan cetak, dan industri retail.

- Coated Duplex Board. CDB Suparma merupakan kertas karton dengan lapisan putih mengilap pada bagian atas dan abu - abu pada bagian bawah. Kertas ini digunakan untuk bahan kemasan yang membutuhkan hasil pencetakan berkualitas tinggi dengan nilai kekakuan yang bagus. Biasa digunakan untuk produk kemasan makanan, produk farmasi, elektronik, sepatu, dan banyak kemasan barang konsumen lainnya. Spesifikasi ketebalan mulai dari 250 sampai 500 gsm, dan sangat cocok untuk mesin cetak berkecepatan tinggi maupun kertas dengan lapisan UV / waterbase.

- Sandwiched Ribbed Kraft Recycle. SRKR Suparma merupakan kertas kraft cokelat yang biasanya digunakan untuk pembungkus luar rokok.

 

Produk Tisu dan Tissue Towel

- Tisu Kamar Mandi. Tisu Kamar Mandi atau Bathroom Tissue merupakan tisu yang higienis, lembut dan flushable. Aman digunakan bahkan untuk kulit sensitif, dan dapat diaplikasikan baik untuk kantor, hotel, rumah sakit, toilet, dan lain sebagainya.

- Tisu Wajah. Tisu Wajah atau Facial Tissue merupakan tisu yang higienis dan lembut untuk berbagai macam aktivitas, aman dan cocok untuk pemakaian sehari-hari.

- Tisu Serbet. Tisu Serbet atau Napkin Tissue merupakan tisu yang higienis dan lembut untuk keperluan makan dan cocok digunakan di kafe maupun restoran.

- Carrier Tissue. Carrier Tissue Suparma merupakan produk tisu premium yang higienis, memiliki kekuatan dan daya serap air yang tinggi, biasanya digunakan untuk bahan pembalut wanita dan popok.

-Hand Towel. Hand Towel Suparma memiliki karakteristik bahan yang kuat dan daya serap air yang tinggi, mudah untuk mengeringkan dan membersihkan tangan, dan cocok digunakan di hotel, restoran, kafe, dan lain sebagainya.

- Hand Roll Towel. Hand Roll Towel Suparma merupakan kertas tisu serbaguna yang memiliki daya serap tinggi terhadap air maupun minyak, dapat diaplikasikan untuk dapur hotel, restoran, kafe, dan lain sebagainya.

- Industrial Roll Towel. Industrial Roll Towel Suparma merupakan kertas tisu 2 lapis yang cocok untuk penggunaan berat di industri, dengan kekuatan dan daya serap yang tinggi, mudah digunakan untuk pengeringan dan pembersihan mesin.

- Clinical Roll Towel. Clinical Roll Towel Suparma merupakan kertas tisu yang higienis, kuat, dan tahan lama, mudah digunakan sebagai pembersih serba guna dan dapat diaplikasikan di rumah sakit.

- Kitchen Towel. Kitchen Towel Suparma merupakan kertas tisu yang kuat dan memiliki daya serap minyak yang tinggi, mudah digunakan untuk membersihkan noda, mengeringkan piring, mengeringkan tangan, memegang piring panas dan banyak fungsi lainnya yang dapat digunakan di area dapur, restoran, kafe, dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.