Sukses

Cara Daftar GoFood yang Mudah dan Tidak Dipungut Biaya, Ikuti Prosesnya

Cara daftar GoFood bisa dilakukan melalui aplikasi GoBiz.

Liputan6.com, Jakarta Cara daftar GoFood untuk usaha kamu tidak begitu sulit. Kamu tinggal menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, kemudian mengikuti langkah-langkahnya sesuai petunjuk dari website resmi GoJek, dalam hal ini GoBiz.

Cara daftar GoFood bisa dilakukan melalui aplikasi GoBiz. GoBiz sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh mitra GoJek untuk mengatur operasional restorannya di GoFood. Layanan GoBiz termasuk GoFood, GoPay, GoKasir, hingga GoModal.

Pendaftaran GoFood ini tidak dipungut biaya alias gratis. GoFood sebagai salah satu layanan pada aplikasi GoJek yang digunakan oleh pelanggan untuk memesan makanan digemari oleh banyak orang. Hal ini tentunya dapat memberikan keuntungan lebih bagi usaha kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi GoBiz, Jumat (16/12/2022) tentang cara daftar GoFood.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Pendaftaran Mandiri

Cara daftar GoFood melalui GoBiz tentunya memiliki proses tertentu. Ada beberapa tahap untuk mendaftarkan usaha kamu secara mandiri di GoBiz, yaitu:

1. Pendaftaran data usaha: Saat mendaftar, kamu akan melihat beberapa dokumen yang harus disiapkan dan dilengkapi. Dokumen yang dibutuhkan yaitu:

- KTP Pemilik Outlet. KTP yang dilampirkan wajib menggunakan KTP Pemilik Outlet.

- NPWP Pemilik Usaha (opsional). Lampirkan NPWP Jika kamu memiliki tarif PB1. Jika tidak, kamu tidak perlu melampirkannya.

- Data rekening seperti Nama Bank, Nomor Rekening, dan Nama Pemilik Rekening untuk pencairan dana usaha. Jika nama pemilik usaha dan pemilik rekening berbeda, mohon lampirkan foto buku tabungan/rekening koran. Pastikan harus terbaca dengan jelas dan tidak buram.

2. Verifikasi data usaha: Setelah data-data diisi, tim GoBiz akan melakukan pengecekan data tersebut untuk memastikan kelengkapan, kesesuaian, dan keabsahan data. Proses verifikasi ini membutuhkan waktu 2 (dua) hari kerja.

3. Aktivasi layanan GoBiz: Jika semua data usaha lolos verifikasi, maka kamu akan diminta melengkapi data resto untuk aktivasi layanan GoFood dan akan ada proses aktivasi yang berbeda untuk masing-masing layanan yang dipilih, yaitu:  

- 2 hari kerja untuk layanan GoFood sejak kamu melengkapi data resto.

- 7 hari kerja untuk layanan GoPay sejak verifikasi disetujui.

- 1 hari kerja untuk layanan GoKasir sejak verifikasi disetujui

Perlu diketahui bahwa saat ini cara daftar GoFood untuk jenis usaha milik pribadi hanya untuk Mitra Usaha yang memiliki KTP Indonesia. Jika kamu seorang  WNA pemegang paspor, kamu belum bisa melakukan pendaftaran.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar GoFood Melalui GoBiz

Cara daftar GoFood terdiri dari tiga langkah, yakni Registrasi, Verifikasi, dan Aktivasi. Semua proses cara daftar GoFood ini berlangsung di aplikasi Gobiz, yang dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

Registrasi

Pada langkah registrasi, kamu akan diminta mengisi data dan melampirkan dokumen pendukung yang diperlukan. Data dan dokumen itu lalu akan diperiksa oleh tim GoFood. Jika ada kekurangan atau kekeliruan pada data isian atau dokumen pendukung, kamu akan diminta untuk melengkapi atau memperbaikinya.

1. Download aplikasi GoBiz melalui Google Play Store, lalu klik ‘Daftar GoBiz’ 

2. Kemudian pilih jenis pendaftaran sesuai jenis usaha:

- Usaha milik pribadi: untuk individu yang belum pernah memiliki akun GoBiz. Silakan mengikuti langkah-langkah di artikel ini. 

- Usaha milik perusahan: Untuk perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoBiz.

- Tambah outlet baru: Untuk pemilik usaha yang sudah aktif berjualan dan mengelola usahanya menggunakan GoBiz dan ingin menambahkan outlet baru.

3. Pada halaman isi data pemilik (untuk usaha milik pribadi), lengkapi data yang diperlukan. Pastikan data  yang dimasukkan masih aktif dan pendaftaran dilakukan oleh pemilik usaha sendiri  (bukan kasir dan karyawan), lalu klik ‘Kirim data pemilik’.

Catatan: email dan nomor HP yang diisi pada halaman pengisian data akan digunakan untuk menerima pesan komunikasi terkait proses pendaftaran, masuk ke GoBiz, menerima laporan pendapatan, validasi perubahan data rekening dan lain-lain. 

4. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik ‘Konfirmasi’

5. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengisi dan mengirim kelengkapan data usaha sesuai dengan tipe usaha yang dipilih. Mohon isi data dengan lengkap dan benar.

6. Setelah semua data usaha dilengkapi, Mohon pelajari Syarat & Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik ‘Verifikasi data usaha saya’.

7. Kemudian muncul pop-up konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik `Kirim`

4 dari 4 halaman

Cara Daftar GoFood Melalui GoBiz

Cara daftar GoFood berikutnya yaitu proses verifikasi dan aktivasi. Berikut cara daftar GoFood dalam proses verifikasi dan aktivasi:

Verifikasi Data Usaha

Setelah semua data usaha dikirim, tim GoBiz akan melakukan proses verifikasi dalam waktu sekitar 2 hari kerja.

- Jika data usaha sudah disetujui, kamu akan mendapatkan notifikasi di aplikasi dan email yang didaftarkan. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan ke proses aktivasi layanan yang Anda pilih

- Jika data usaha belum disetujui/butuh perbaikan, silakan klik ‘Perbaiki data usaha’ kemudian lihat alasannya. Mohon segera perbaiki data usaha. Kamu akan  diberikan waktu untuk memperbaiki data sebanyak maksimal 3 kali dalam waktu 14 hari, apabila tidak memperbaiki dalam jangka waktu yang telah diberikan, maka aplikasi akan dihapus.

- JIka data usaha ditolak, data yang kamu cantumkan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pendaftaran GoBiz.

 

Aktivasi Layanan GoBiz

1. Jika semua data usaha kamu berhasil diverifikasi. Proses aktivasi akan berbeda untuk masing-masing produk: 

- Layanan GoPay hanya perlu menunggu proses aktivasinya sekitar 7 (tujuh) hari kerja. 

- Layanan GoKasir hanya perlu menunggu proses aktivasinya sekitar 1 hari kerja.

- Layanan GoFood perlu melengkapi beberapa data dengan lengkap dan benar. Klik ‘Lengkapi’, status layanan GoFood akan berubah menjadi ‘Masih diproses’ jika data usaha sudah dilengkapi. Mohon tunggu proses aktivasi membutuhkan waktu 2 hari kerja. 

2. Jika layanannya sudah aktif, maka status berubah menjadi ‘Sudah aktif’. Mitra Usaha sudah bisa mulai gunakan GoBiz untuk menjalankan usaha.

Itulah cara daftar GoFood melalui aplikasi GoBiz. Kamu bisa mengkatifkan beberapa layanan sekaligus untuk usaha kamu dengan aplikasi GoBiz ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.