Sukses

Cara Menghitung Rata-Rata dengan Mudah dan Cepat, Pahami Juga Contohnya

Pengertian dan penggunaan rata-rata, beserta dengan cara menghitung rata-rata dan contohnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung rata-rata merupakan materi yang telah kita pelajari sejak di sekolah dasar. Mencari rata-rata merupakan cara untuk mengevaluasi data dan menggambarkan seluruh data. Selain itu nilai rata-rata juga digunakan untuk membandingkan nilai dua kelompok yang berbeda.

Cara menghitung rata-rata terbilang mudah untuk dilakukan, dimana anda hanya perlu menjumlah semua nilai yang ada dan membaginya dengan banyaknya data yang ada. Karena digunakan untuk mewakili sekumpulan besar angka dengan satu angka. Rata-rata adalah representasi dari semua angka yang tersedia dalam kumpulan data. 

Rata-rata memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya mengetahui cara menghitung rata-rata yang penting, namun juga mengetahui pengertian dan penggunaan, serta contoh-contohnya. 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/12/2022). Pengertian dan penggunaan rata-rata, beserta dengan cara menghitung rata-rata dan contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rata-Rata Adalah

Rata-Rata Adalah

Rata-rata adalah nilai numerik yang merupakan representasi tunggal dari sejumlah besar data. Nilai siswa suatu kelas dalam mata pelajaran tertentu di rata-rata untuk memberikan nilai rata-rata kelas tersebut. Ada kebutuhan untuk mengetahui kinerja seluruh kelas daripada kinerja masing-masing siswa. 

Rata-rata dihitung dengan menjumlahkan semua nilai data dan membaginya dengan jumlah titik data. Usia siswa di kelas diambil dan rata-rata dihitung untuk memberikan nilai tunggal dari usia rata-rata siswa di kelas. Untuk jumlah dengan nilai yang berubah, rata-rata dihitung dan nilai unik digunakan untuk mewakili nilai.

Mempelajari tentang rata-rata membantu kita meringkas dengan cepat data yang tersedia. Kumpulan besar nilai siswa, perubahan harga saham, data cuaca suatu tempat, pendapatan berbagai orang di kota, semuanya adalah contoh yang dapat kita hitung rata-ratanya. 

Rata-rata juga digunakan dalam situasi perubahan nilai. Suhu suatu tempat sepanjang musim dirata-ratakan untuk menunjukkan suhu suatu tempat. Pendapatan karyawan yang berbeda dalam suatu perusahaan dirata-ratakan untuk mengetahui pendapatan karyawan dalam suatu perusahaan.

Terkadang sulit untuk membuat keputusan berdasarkan satu data tunggal atau kumpulan data yang besar. Oleh karena itu, nilai rata-rata diambil dan membantu untuk mewakili semua nilai dalam satu nilai.  Jadi rata-rata dikenal sebagai rata-rata aritmatika yang merupakan jumlah dari semua angka dalam koleksi, dibagi dengan jumlah angka yang ada dalam koleksi. 

3 dari 5 halaman

Penggunaan Rata-Rata

Penggunaan Rata-Rata

Rata-rata berguna dalam banyak hal di dunia nyata. Rata-rata berguna untuk mewakili satu nilai untuk sejumlah besar data. Beberapa contoh rata-rata di bawah ini :

1. Jika seorang siswa membaca mata pelajaran tertentu dengan n jumlah bab dalam x jam. Kemudian, rata-rata waktu dapat dihitung untuk mata pelajaran dan bab serupa lainnya. Ini akan membantu siswa dalam analisis waktu.

2. Jika seorang anak berpartisipasi dalam olahraga tertentu, rata-rata membantu pelatihnya untuk melacak perubahan kecepatan atau energi.

3. Rata-rata dapat digunakan untuk merencanakan jadwal harian bagi anak-anak untuk memastikan tersedianya waktu yang cukup untuk semua kegiatan.

4. Harga saham suatu perusahaan terus berubah setiap harinya. Di sini harga rata-rata saham dikutip untuk referensi.

5. Durasi waktu perjalanan antara dua tempat terus bervariasi setiap harinya. Di sini durasi waktu rata-rata digunakan untuk membantu memahami waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan antara dua tempat.

 

Kapan Menggunakan Rata-Rata?

Anda dapat menggunakan rata-rata dalam banyak skenario baik pribadi maupun profesional. Ini cara yang bagus untuk menemukan nomor perwakilan untuk kumpulan data tertentu. Rata-rata sangat berguna saat mencoba menetapkan nilai tunggal ke kumpulan data yang besar. Dalam pengertian bisnis, anda dapat menggunakan rata-rata dalam skenario berikut:

- Jumlah rata-rata pelanggan pada periode tertentu

- Jumlah rata-rata penjualan dalam periode tertentu

- Jumlah rata-rata penjualan untuk produk tertentu

- Jumlah rata-rata upah yang anda berikan kepada karyawan

- Jumlah rata-rata karyawan dalam satu periode tertentu

- Jumlah rata-rata pengeluaran yang anda miliki

- Jumlah rata-rata bulan anda mendapat untung

 

Bisakah Median Dianggap Sebagai Rata-Rata?

Tidak, median tidak dianggap sebagai rata-rata. Rata-rata adalah nilai rata-rata data dan berbeda dengan nilai median data. Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data yang disusun dengan urutan naik. 

Nilai median atau tengah juga dikenal sebagai tendensi sentral.  Untuk menemukan ukuran tendensi sentral, kita harus menulis titik data dalam urutan naik atau turun. Selanjutnya, perhitungan median tergantung pada jumlah titik data. 

4 dari 5 halaman

Cara Menghitung Rata-Rata

Cara Menghitung Rata-Rata

Ada beberapa metode yang dapat anda gunakan untuk menghitung rata-rata, bergantung pada data yang tersedia dan jenis atau jumlah data yang ingin anda rata-ratakan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil saat menghitung rata-rata untuk sekumpulan data dasar:

1. Tentukan apa yang ingin anda rata-ratakan

Untuk menghitung rata-rata, tentukan apa sebenarnya yang ingin anda rata-ratakan. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari jumlah rata-rata penjualan dalam periode tertentu, jumlah rata-rata inventaris yang anda pesan untuk barang tertentu, jumlah rata-rata karyawan yang anda pekerjakan dalam satu tahun terakhir atau jumlah rata-rata gaji anda telah diberikan kepada karyawan anda pada tahun tertentu. 

2. Temukan jumlah kumpulan data

Langkah kedua dalam menghitung rata-rata adalah menentukan jumlah kumpulan data. Banyak kalkulator dapat melakukan ini atau anda dapat melakukannya dengan tangan atau menggunakan spreadsheet. Misalnya, anda menjumlahkan angka-angka berikut: 2, 3, 4, dan 5. Ini berarti anda menjumlahkan setiap angka ini untuk mencapai jumlah 14.

3. Tentukan jumlah angka dalam kumpulan data 

Langkah selanjutnya melibatkan menentukan berapa banyak angka dalam kumpulan data. Untuk melakukannya, hitung jumlah nilai yang anda gunakan. Pada contoh di atas, terdapat empat angka atau nilai. Jika anda kebetulan memiliki dua angka dengan nilai yang sama, anda menghitungnya seolah-olah itu adalah angka mereka sendiri.

4. Bagilah hasil penjumlahan dengan total angka dalam kumpulan data

Langkah terakhir melibatkan membagi jumlah yang dihitung pada langkah kedua dengan jumlah angka dalam kumpulan data anda yang ditentukan pada langkah ketiga. Melakukannya menghasilkan rata-rata atau rata-rata.

 

Rumus Rata-Rata

Rata-rata adalah rasio jumlah semua pengamatan yang diberikan terhadap jumlah total pengamatan. Jadi, rumus rata-ratanya adalah:

Rata-rata = Jumlah Seluruh Data/Banyak Data

5 dari 5 halaman

Contoh Cara Menghitung Rata-Rata

Contoh Cara Menghitung Rata-Rata

1. Agus memiliki 3 kotak kue yang masing-masing berisi 3, 7, dan 11 kue. Berapa jumlah Kue rata-rata per kotak?

Jawaban :

Untuk menemukan jumlah kue rata-rata per kotak, kita perlu membagi jumlah kue dengan jumlah total kotak. Untuk tiga kotak, jumlah kue adalah 3 + 7 + 11 = 21. Rata-rata kue per kotak adalah jumlah kue dibagi dengan jumlah kotak. Oleh karena itu rata-rata = 21/3 = 7. Oleh karena itu rata-rata jumlah kue per kotak adalah 7.

 

2. Rizo mendapat nilai 70, 60, 80, dan 50 dalam mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS. Berapa nilai rata-rata yang dia cetak dalam keempat mata pelajaran tersebut?

Jawaban : 

Untuk mencari rata-rata kita perlu mencari jumlah nilai dan membaginya dengan jumlah mata pelajaran. Di sini kami memiliki empat mata pelajaran, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris. Menjumlahkan semua skor yang kita miliki 70 + 60 + 80 + 50 = 260. Nilai rata-rata sama dengan jumlah skor dibagi jumlah mata pelajaran. Oleh karena itu nilai rata-rata adalah 260/4 = 65. Oleh karena itu, nilai rata-rata yang dicetak di semua mata pelajaran adalah 65. 

 

3. Berat (lb) siswa di kelas tercantum di sini: {50, 55, 53, 56, 57, 59}. Dengan menggunakan rumus rata-rata, hitung berat rata-rata siswa di kelas tersebut.

Jawaban : 

Untuk mengetahui berat rata-rata siswa dalam satu kelas.

Bobot dalam lb: {50, 55, 53, 56, 57, 59}

Jumlah siswa = 6

Menggunakan Rumus Rata-Rata, 

Rata-rata = (Jumlah Pengamatan) ÷ (Jumlah Pengamatan) 

Rata-rata = {50 + 55 + 53 + 56 + 57+ 59} ÷ {6} = 330/6 = 55

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.