Sukses

Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan, Dapat Mengontrol Jumlah Udara

Fungsi bronkus mampu menghangatkan dan membersihkan udara di saluran pernapasan.

Liputan6.com, Jakarta Bronkus adalah dua tabung besar yang membawa udara dari tenggorokan ke paru-paru. Umumnya manusia memiliki bronkus utama kiri dan kanan di setiap paru-paru. Bronkus adalah salah tabung besar yang terhubung ke trakea atau batang tenggorokan, yang kemudian mengarahkan udara yang dihirup ke paru-paru kanan dan kiri. Fungsi bronkus pada sistem pernapasan, akan melindungi paru-paru dari kemungkinan infeksi atau cedera. 

Fungsi bronkus kiri pada sistem pernapasan, akan membawa udara ke paru-paru kiri dan bronkus kanan membawa udara ke paru-paru kanan. Bronkus adalah bagian penting dari sistem pernapasan, di mana saat manusia bernapas dan paru-paru mengembang, maka bronkus akan mendistribusikan udara di dalam paru-paru.

Memiliki bronkus yang sehat, akan membuat Anda tetap bernapas lebih baik. Namun saat bronkus terinfeksi atau meradang, Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas, penumpukan lendir, atau masalah lainnya. Berikut ini fungsi bronkus pada sistem pernapasan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Bronkus Pada Sistem Pernapasan

Bronkus merupakan salah satu cabang batang tenggorokan, yang terletak setelah tenggorokan (trachea) sebelum paru-paru. Bronkus adalah saluran udara, yang memastikan udara masuk dengan baik dari trakea ke alveolus. Selain sebagai jalur masuk dan keluarnya udara, bronkus juga berfungsi untuk mencegah infeksi.

Hal ini dikarenakan bronkus memiliki lapisan berbagai jenis sel, termausk sel yang bersilia (berbulu) dan berlendir. Sel-sel inilah yang nantinya menjebak bakteri pembawa penykait untuk tidak masuk ke dalam paru-paru. Bronkus adalah saluran udara yang mengarah dari trakea ke paru-paru dan kemudian bercabang menjadi struktur yang semakin kecil hingga mencapai alveoli, kantung kecil yang memungkinkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida di paru-paru. Fungsi bronkus pada sistem pernapasan, yang terutama sebagai saluran udara juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Sejumlah kondisi medis yang berbeda dapat memengaruhi bronkus, termasuk bronkitis, asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kanker paru-paru.

3 dari 5 halaman

Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan

Berikut ini beberapa fungsu bronkus pada sistem pernapasan manusia, sebagai berikut:

- Fungsi bronkus akan membantu untuk menghalau dan menyapu keluarnya debu, iritasi, dan mukosa atau dahak yang belebihan. 

- Dinding bronkus akan menghasilkan dahak, serta memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan. 

- Fungsi bronkus selanjutnya akan membawa udara ke dan dari paru-paru, serta membantu melembabkan udara yang Anda hirup dan menyaring partikel asing.

- Saluran udara akan dilapisi dengan sel-sel yang menghasilkan lendir, di mana lendir ini membuat saluran udara Anda lembab. Bronkus akan menjebak bakteri, virus, jamur dan partikel lain untuk melindungi paru-paru Anda dan mencegah infeksi.

- Bronkus dilapisi dengan silia, struktur kecil seperti rambut yang akan membantu memindahkan lendir (dahak), dan partikel keluar dari paru-paru Anda. 

- Selain menggerakkan udara di seluruh paru-paru Anda, bronkus juga bertanggung jawab untuk melindungi paru-paru dari kemungkinan infeksi atau cedera. Sel lendir yang melapisi bronkus, akan  melembabkan udara saat memasuki paru-paru Anda. Lendir dapat menangkap partikel asing.

- Bronkus mungkin hanya menjadi saluran udara, tetapi sangat penting untuk berfungsinya sistem pernapasan Anda secara penuh dan sehat.

4 dari 5 halaman

Bagian-Bagian Bronkus

Setelah mengetahui fungsi bronkus, maka ada beberapa bagian-bagian dari bronkus yang perlu Anda ketahui diantaranya: 

- Bronkus primer

Adapun bagian bronkus terbesar dan terluas terletak di bagian atas paru-paru, merupakan bronkus primer. Hal ini karena bentuk dan ukuran paru-paru bronkus primer kanan lebih pendek dari kiri, dan bronkus primer kiri lebih sempit dari kanan.

- Bronkus sekunder

Bagian bronkus ini juga disebut bronkus lobar, di mana bronkus sekunder terletak di dekat bagian tengah paru-paru. Ada satu cabang sekunder per lobus paru-paru, yang membuat paru-paru kanan memiliki tiga bronkus sekunder, dan paru-paru kiri memiliki dua.

- Bronkus tersier

Bronkus yang lebih kecil ini, juga disebut bronkus segmental yang terletak di dekat bagian bawah bronkus, tepat sebelum berubah menjadi lorong tersempit.

- Bronkiolus

Bagian ini adalah saluran udara tersempit dari pohon bronkial, di mana ujung bronkiolus terdapat alveoli, kantung kecil yang berfungsi untuk bertukar gas.

Bronkus terdiri dari kombinasi tulang rawan dan jaringan, di mana tulang rawan berfungsi menjaga bronkus tetap kuat dan terbuka saat udara mengalir melalui setiap tarikan dan hembusan napas. Ketika saluran udara semakin mengecil, maka rasio tulang rawan terhadap otot polos menurun. 

5 dari 5 halaman

Kondisi dan Gangguan yang Mempengaruhi Bronkus

Bronkus dapat terinfeksi, meradang, atau teriritasi. Berikut ini kondisi dan gangguan yang dapat mempengaruhi bronkus termasuk:

Aspirasi

Melansir dari laman healthline, bronkus bekerja keras untuk mencegah partikel asing masuk ke paru-paru, tetapi terkadang benda seperti makanan dapat masuk. Adapun zat yang terhirup ini, dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan pneumonia atau masalah lainnya.

Asma

Gangguan peradangan kronis pada bronkus, bisa menyebabkan penyempitan saluran udara. Tak hanya itu, asma juga bisa membuat pernapasan menjadi lebih sulit. Ini bisa ringan atau parah, dan ada banyak jenis yang berbeda.

Bronkiektasis

Umumnya kondisi ini terjadi ketika bronkus Anda melebar, rusak, dan tergores. Hal ini membuat sulit untuk membersihkan lendir yang secara alami menumpuk di saluran udara.

Bronkiolitis

Gangguan ini adalah salah satu infeksi virus paru-paru, yang menyebabkan saluran udara terkecil yang disebut bronkiolus meradang. Kondisi kesehatan ini paling sering terjadi pada bayi.

Bronkitis

Iritasi atau infeksi pada bronkus juga dapat menyebabkan bronkitis. Penderita bronkitis sering mengalami penumpukan dahak di paru-paru. Bronkitis dapat bersifat jangka pendek (akut) atau jangka panjang (kronis).

Fibrosis kistik

Kondisi genetik ini menyebabkan tubuh memproduksi lendir yang kental dan lengket di dalam paru-paru, serta tidak dapat dibersihkan oleh silia di bronkus. Ini adalah kondisi serius yang membuat sulit bernapas. Ini dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen.

Kanker paru-paru

Kanker yang terdapat di bronkus, dapat menyumbat saluran udara dan mempersulit pernapasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.