Sukses

Jelaskan Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitar, Sebagai Transportasi dan Bahan Pangan

Manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya ada banyak, mulai dari menjadi transportasi, penghasil pupuk organik, hingga bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya merupakan pertanyaan yang kerap kali dipertanyakan oleh sebagian orang maupun anak-anak. Setiap makhluk hidup tersebut memiliki manfaat yang beragam.

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya ada banyak, mulai dari menjadi transportasi hingga bahan pangan. Dalam menjalani kehidupan setiap harinya, makhluk hidup saling ketergantungan satu dengan yang lain.

Manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan. Sebaliknya, hewan juga membutuhkan manusia dan tumbuhan untuk bisa hidup. Untuk itu, dengan mengetahui jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya dapat menjadi dasar bahwa mkahluk hidup bersifat sosial.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitarnya

1. Bahan pangan

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai bahan pangan. Daging hewan merupakan sumber protein yang tinggi dan sangat baik bagi manusia. Selain itu, hasil dari produksi hewan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, seperti susu dan madu.

2. Alat transportasi

Bagi manusia, jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah bisa dijadikan sebagai alat transportasi. Hewan seperti kuda, sapi, gajah, unta, hingga kerbau kerap dimanfaatkan manusia sebagai tunggangan atau pengangkut barang.

3. Penghasil pupuk organik

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai penghasil pupuk organik. Kotoran hewan secara alami digunakan sebagai pupuk oleh tumbuhan. Kotoran hewan diuraikan oleh dekomposer menjadi zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan seperti nitrogen.

3 dari 5 halaman

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitarnya

4. Konsumen dalam rantai makanan

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai konsumen dalam rantai makanan. Hewan adalah konsumen yang memakan tumbuhan atau bahkan hewan lainnya dalam rantai makanan. Bila tidak ada hewan, maka produsen seperti tumbuhan akan hidup dengan sangat subur dan tidak terkendali sehingga dapat menginvasi tempat tinggal manusia.

5. Sebagai pembantu dalam proses penyerbukan bunga

Hewan seperti kupu-kupu, lebah, dan burung adalah contoh hewan yang dapat membantu penyerbukan tanaman. Dengan bantuan hewan-hewan tersebut, tumbuhan dapat berkembangbiak dengan lebih baik.

6. Menjaga kualitas tanah

Hewan pengurai seperti cacing berguna untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang mudah diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Cacing akan membuat sarang di dalam tanah yang akan memudahkan oksigen masuk ke dalam tanah. Dengan demikian tanah akan semakin subur dan sangat berpotensi baik jika ditanami tumbuhan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitarnya

7. Primata penjaga hutan hujan tropis

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah untuk penjaga hutan hujan tropis. Primata penting secara ekologis dan iklim tropis dan subtropis. Mereka menyebarkan biji dan serbuk sari ketika makan, buang air besar, dan aktivitas lainnya. Selain itu, mereka juga membantu menjaga hutan hujan tetap sehat dan berkembang. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting sebab hutan hujan tropis bisa mempengaruhi pola curah hujan secara global.

8. Produsen oksigen

Plankton merupakan organisme mikroskopis yang bisa Anda temukan di laut. Hewan ini sebetulnya bisa diklasifikasikan sebagai tanaman dan juga hewan. Plankton ini menyerap energi dari matahari dan nutrisi dari air.

Hewan yang satu ini memproduksi sekitar setengah dari produksi oksigen dunia lewat proses fotosintesis. Sementara itu, setengah lainnya berasal dari rumput laut darat, kehidupan tanaman, dan pohon. Plankton mungkin akan terancam dalam jangka panjang bila lautan dunia terus memanas. Bila plankton berkurang, maka pasokan oksigen makhluk hidup untuk bernafas akan terancam di masa depan.

9. Sahabat manusia

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai sahabat manusia. Dalam hal ini yakni hewan peliharaan seperti anjing maupun kucing. Anjing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat setia dengan manusia. Terdapat beberapa jenis anjing yang memiliki tugas di berbagai institusi pelayanan jasa, misalnya sebagai anjing pelacak bom, anjing penyelamat, dan lain sebagainya. Selain itu, anjing yang dilatih bisa untuk membantu orang-orang disabilitas.

5 dari 5 halaman

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitarnya

10. Penyebar benih tanaman

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah penyebar benih tanaman. Dalam hal ini contoh hewannya adalah kelelawar. Hewan kelelawar merupakan salah satu konsumen serangga terbesar. Hewan ini membantu lingkungan sekitar dalam mengendalikan populasi serangga. Hewan serangga sendiri mempunyai kemampuan untuk memusnahkan tanaman dan kehidupan tanaman bila tak dikendalikan, khususnya serangga jenis hama.

Kelelawar juga bisa membantu mengendalikan populasi nyamuk di daerah di mana penyakit malaria dan penyakit maupun virus yang ditularkan nyamuk lainnya mungkin saja menjadi masalah. Kotoran kelelawar ini juga bisa membantu proses penyebaran benih dan membantu tanaman berkembang biak dengan baik.

11. Penyeimbang ekosistem

Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah sebagai penyeimbang ekosistem. Terdapat hewan herbivora dan karnivora. Di mana, hewan karnivora memakan makanan daging hewan yang lainnya. Sedangkan, hewan herbivora adalah pemakan rumput atau tumbuhan, seperti rumput liar, dedaunan pohon, dan lain sebagainya. Sehingga kedua jenis hewan dapat saling menguntungkan dalam menjaga lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.