Sukses

An Nas Artinya Adalah Manusia, Pelajari Juga Dalil dan Keutamaannya

An Nas artinya adalah manusia. berikut ini pengertian, hadist dan juga manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta An Nas artinya adalah manusia. Menjadi surah ke 114 dan terakhir dari Al-Quran, surah An Nas terdiri dari 6 ayat dan masuk kedalam kelompok mu’awwidzatain. Dimana bersama dengan surat Al Falaq dan Al Ikhlas, Surat An Nas artinya adalah surat-surah yang digunakan Rasulullah SAW untuk meminta perlindungan dari Allah SWT dari sihir hitam.

Tidak hanya memberikan perlindungan dari sihir hitam, surah An Nas juga dikenal memiliki sejumlah keutamaan lainnya yang sangat bermanfaat bagi individu manusia. Salah satunya adalah dapat membebaskan diri dari sifat munafik. Hal ini berdasarkan riwayat at Tirmidzi dari Uqbah bin Amir.

Melafalkannya dengan rutin dan memahami makna serta keutamaan surat An Nas adalah satu cara untuk seorang muslim mendapat perlindungan dari Allah SWT, dan terhindar dari berbagai gangguan setan serta hal-hal buruk lainnya.  

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (22/12/2022). Tentang arti surah An Nas beserta dengan manfaatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surah An Nas Artinya Adalah

Surah An Nas Artinya Adalah

Surah naas (Arab: سوره ناس ) adalah Surah terakhir dalam Al-Qur'an dan memiliki enam ayat (Ayat) dalam Surah. Urutan pewahyuannya adalah yang ke 21 dan dalam Juz' 30. Surah An Nas merupakan surah yang berisi dimana Allah SWT mengarahkan pidatonya kepada nabi Muhammad, dan mengatakan bahwa umat manusia mencari perlindungan dari Tuhan manusia.

Surah An Nas 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ

qul a’ụżu birabbin-nās

Artinya: Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.

 

مَلِكِ ٱلنَّاسِ

malikin-nās

Artinya: Raja manusia.

 

إِلَٰهِ ٱلنَّاسِ

ilāhin-nās

Artinya: Sembahan manusia.

 

مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاسِ

min syarril-waswāsil-khannās

Artinya: Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

 

ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاسِ

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

Artinya:  yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

 

مِنَ ٱلْجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ

minal-jinnati wan-nās

Artinya:  dari (golongan) jin dan manusia.

3 dari 4 halaman

Hadits Terkait Surah An Nas

Nama Lain Surat An Nas

Kata Al-Nas artinya adalah umat manusia. Dalam tiga ayat pertama surah ini, kebesaran Allah Ta'ala dijelaskan. Dan pada tiga ayat berikutnya diperintahkan untuk berlindung kepada Allah dari makar jin dan setan berupa manusia.

Dalam Surah ini, tiga sifat Allah Ta'ala disebutkan sebagai Tuhan umat manusia, Tuhan umat manusia, Tuhan umat manusia. Di sisa tiga ayat dikatakan mencari perlindungan dari kejahatan setan.

 

Hadits Terkait Surah An Nas

1. Diriwayatkan atas otoritas Hazrat Aisyah (ra dengan dia) bahwa ketika Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) pergi tidur setiap malam, dia akan menyatukan kedua tangannya. Kemudian dia akan meniup dengan kedua tangan dan membaca Surah Ikhlas, Surah Falaq, Surah Nas. Kemudian dia akan menggerakkan tubuhnya sebanyak mungkin. Ia mulai dari bagian depan kepala, wajah, dan badan. Dia melakukan ini tiga kali. (Sahih Bukhari)

2. Membaca surat Ikhlas, surah Falaq, dan surat Nas tiga kali setelah shalat wajib Subuh dan Maghrib adalah sunnah. Ketiga Surat ini harus dibaca satu kali setelah melakukan shalat wajib lainnya. (Abu Dawud Ha)

3. Jika Surah Nas dibacakan, seseorang dapat dilindungi dari kejahatan dan sihir setan. Telah diriwayatkan dalam hadits, “Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas dan kedua surat ini (Surat Falaq dan Surat An-Nas) di pagi dan sore hari akan selamat dari segala bahaya.” (At Tirmidzi, Hadits)

4. Diriwayatkan atas otoritas Hazrat Uqbah Ibn Amer bahwa Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) berkata: Apakah Anda tidak tahu bahwa tidak ada ayat seperti yang diturunkan kepada saya malam ini yang pernah dilihat atau didengar? Dan itu adalah Qul Auju Bi Rabbil Falak dan Qul Auju Bi Rabbil Nas. (Sahih Muslim)

4 dari 4 halaman

Manfaat Surah An Nas

Manfaat Surah An Nas

Setelah mengetahui semua tentang surah An Nas, berikut ini adalah manfaat surah An Nas:

1. Surat An Nas melindungi kita dari bisikan setan

Bisikan setan berupa informasi, ide, dan perasaan negatif atau jahat yang menembus hati dan pikiran seseorang yang dapat menyebabkan Anda menyimpang dari jalan yang benar dan disebabkan oleh setan dan sumber luar (jin dan manusia).

Jika kita tidak mengganti pikiran buruk tersebut dengan pikiran baik, maka kejadian yang tidak diinginkan akan terjadi. Jika kita tidak sadar dan waspada, Setan dapat menangkap pikiran kita dengan pikiran negatif, jahat, tidak produktif, dan anti kehidupan.

Jika kita tidak dilindungi melalui mengingat Allah, bisikan negatif ini dapat menjadi ingatan permanen jangka panjang kita dan kita melihat perubahan negatif dalam kebiasaan, rutinitas, dan hasil kita. Dengan terus menerus mengamalkan Surah Nas, seseorang dapat membatasi kemampuan setan untuk merusak pikiran.

 

2. Melindungi kita dari ilmu hitam

Orang jahat menggunakan ilmu hitam sebagai alat untuk menghancurkan kehidupan korban

 

3. Melindungi dari mata jahat dan jin jahat

Mata jahat dan kejahatan dapat menghancurkan hidup kita dan memiliki efek yang lebih berbahaya dari yang kita bayangkan. Mereka dapat mempengaruhi kesehatan dan pikiran kita.

Mereka dapat menyebabkan kejadian buruk seperti kehilangan kesehatan manusia, kehilangan bisnis Anda, kegagalan hubungan seperti pernikahan dan masalah keluarga, dan banyak masalah lainnya.

Abu Said Al Khudri (RA) melaporkan: “Rasulullah (damai dan berkah besertanya) biasa mencari perlindungan terhadap kejahatan jin dan mata jahat sampai Surah Al Falaq dan Surah An Nas diturunkan. Setelah mereka terungkap, dia membawa mereka untuk mencari perlindungan Allah dan meninggalkan segalanya selain mereka.”

 

4. Melindungi kita dari orang yang cemburu

Kecemburuan dapat dimunculkan dari bisikan setan dan tidak hanya merugikan korbannya tetapi juga merugikan orang yang menjadi pencemburu sehingga kita harus menjauhi kecemburuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.