Sukses

PT Musim Mas, Perusahaan Pengelola Perkebunan Sawit Besar di Dunia

PT Musim Mas adalah salah satu grup usaha perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta PT Musim Mas adalah salah satu grup usaha perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki jaringan operasi yang mencakup seluruh rantai nilai dan terletak di 13 negara di dunia termasuk Amerika, Eropa, dan Asia. Jaringan global yang dimiliki terus melakukan pengembangan yang inovatif dan berkelanjutan di seluruh spektrum rantai suplai minyak sawit untuk memastikan kualitas produk, keamanan, dan efisiensi berjalan seiring dengan perkembangan industri.

Sejak Tahun 1972, PT Musim Mas telah membangun hubungan jaringan bisnis yang kuat dengan para pelanggan dan pemangku kepentingan di seluruh dunia. Berikut ulasan Liputan6.com tentang perjalanan usaha PT Musim Mas yang dilansir dari laman resmi perusahaan, Jumat (23/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Musim Mas Pemain Utama Industri Kelapa Sawit

Sebagai salah satu pemain utama di industri kelapa sawit, PT Musim Mas berupaya untuk bertanggung jawab serta mendorong era baru yang berkelanjutan di industri ini dengan inovasi di seluruh dunia. Musim MAs adalah grup kelapa sawit besar pertama yang 100% disertifikasi oleh Roundtable for Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk semua perkebunan kami di Indonesia pada tahun 2012, dan perusahaan kelapa sawit pertama yang diverifikasi oleh Palm Oil Innovation Group (POIG) pada tahun 2019.

Tim profesional global PT Musim Mas yang tersebar di seluruh rantai suplai minyak kelapa sawit bekerja sama dengan para pemangku kepentingan nasional dan internasional. Kerjasama yang dijalin bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan layak secara ekonomi, bertanggung jawab secara sosial, dan sesuai dengan kepentingan lingkungan.

Dari perkebunan, pabrik pengolahan, kilang, pabrik penggilingan inti sawit, oleokimia, dan pabrik specialty fats, PT Musim Mas memproduksi minyak sawit dan produk turunannya yang bernilai tambah sebelum mengekspornya ke pelanggan melalui armada ekstensif kapal tangki dan tongkang kami. Saat ini, Musim Mas adalah pengekspor minyak sawit terbesar di Indonesia.

Aktivitas pemasaran global dijalankan oleh Inter-Continental Oils and Fats (ICOF), bagian dari Musim Mas group. Musim Mas Group  menjadi bisnis kelapa sawit terintegrasi vertikal yang menawarkan portofolio produk hilir yang luas. Dengan memanfaatkan keunggulan rantai pasokan yang dimiliki, perusahaan dapat memahami lanskap konsumen yang berubah dengan cepat. Dengan demikian Musim Mas dapat memberi nilai tambah pada bisnis Mitra yang menjalin kerjasama dengannya dengan menawarkan solusi berikut untuk aplikasi yang dinginkan.

3 dari 3 halaman

Perjalanan PT Musim Mas

PT Musim Mas memulai bisnis di Medan, Indonesia sebagai Pabrik Sabun Nam Cheong pada 1932. Perusahaan memproduksi dan mendistribusikan produk sabun berkualitas ke pasar-pasar lokal dan internasional. Awal bisnis yang sederhana adalah tanda penghargaan atas kerja keras yang telah membuahkan hasil selama beberapa dekade oleh tenaga kerja kami yang berdedikasi. 

PT Musim Mas selalu bangga dengan nilai-nilai kerja keras, kebulatan tekad, dan kegigihan untuk membuat hal apa pun menjadi mungkin. Sabun sederhana telah membawa perusahaan ke posisi global yang kami miliki saat ini.

PT Musim Mas berhasil memasuki industri minyak kelapa sawit dengan adanya investasi di pengilangan minyak kelapa sawit, perkebunan, pabrik penggilingan inti sawit dan pabrik pengolahan kelapa sawit pada 1970-2004. Selama periode tersebut, PT Musim Mas mulai berkembang dan dianugerahi Penghargaan Primaniyarta sebagai salah satu pengekspor non-minyak dengan kinerja tertinggi oleh Kementerian Perdagangan Indonesia.

Salah satu momen paling membanggakan terjadi pada tahun 2004 ketika PT Musim Mas menjadi perusahaan Indonesia pertama yang menjadi anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Chairman Musim Mas bertugas sebagai Dewan Eksekutif RSPO pertama.

Musim Mas mulai membangun berbagai operasi di lintas dunia termasuk di Eropa dan Amerika Utara. Dengan akar yang kokoh tertanam, segala hal menjadi lebih mungkin untuk diraih dan bisnis kami tersebar di India, Cina, Vietnam, Belanda, Spanyol, Italia, dan Brasil. Saat ini, Musim Mas telah menjadi eksportir kelapa sawit terbesar di Indonesia kepada konsumen di seluruh dunia.

Grup Musim Mas menjadi kelompok besar pertama yang mencapai 100% sertifikasi RSPO P&C untuk semua pabrik pengolahan serta perkebunan yang dimiliki. PT Musim Mas adalah perusahaan pertama yang menerima sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). Grup Musim Mas juga menjadi perusahaan pertama di Asia Tenggara yang memperoleh verifikasi Palm Oil Innovation Group (POIG) pada tahun 2019.

Visi

PT Musim Mas mengharapkan untuk  terus berkembang untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Dedikasi ini telah mewujudkan visi menjadi nyata, dan kami telah menjadi salah satu perusahaan yang paling terkenal di dunia dalam industri kelapa sawit saat ini.

Misi

Didorong oleh semangat untuk memberikan yang terbaik dan komitmen terhadap perbaikan yang berkelanjutan, PT Musim Mas berusaha untuk menjadi pemimpin dalam industri minyak kelapa sawit, memproduksi semua produk kelapa sawit dengan cara yang layak secara ekonomi, bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan, dengan mematuhi semua persyaratan hukum yang relevan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.