Sukses

Emfisema adalah Penyakit Paru, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh kerusakan dinding alveoli di paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta Emfisema adalah salah satu jenis penyakit paru-paru. Emfisema adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok, namun juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti polusi udara dan asap kimia. Emfisema memiliki gejala meliputi sesak napas, batuk, dan kelelahan.

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh kerusakan dinding alveoli di paru-paru. Kerusakan dinding alveoli ini menyebabkan penyumbatan sehingga terlalu banyak udara yang terperangkap di paru-paru, sehingga hanya sedikit udara yang masuk ke aliran darah.

Alveoli adalah kantung udara kecil, berdinding tipis, dan rapuh yang tersusun berkelompok di ujung tabung bronkial (saluran udara) jauh di dalam paru-paru Anda. Dalam paru-paru terdapat sekitar 300 juta alveoli. Saat Anda menghirup udara (tarik napas), udara bergerak melalui tabung bronkial hingga mencapai alveoli.

Begitu udara sampai di sana, alveoli meregang, menarik oksigen dan mengangkut oksigen ke aliran darah. Saat menghembuskan napas, alveoli menyusut dan memaksa karbon dioksida keluar dari tubuh.

Dari penjelasan singkat tersebut dapat dipahami bahwa emfisema adalah kondisi di mana paru-paru menyusut, sehingga udara sulit masuk dan keluar dari tubuh dalam proses pernapasan. Kondisi ini membuat seseorang menjadi sulit bernapas atau sesak napas.

Emfisema biasanya berkembang setelah bertahun-tahun merokok. Namun, emfisema memiliki penyebab lain, antara lain polusi udara, faktor genetik seperti defisiensi antitripsin alfa-1, dan infeksi pernapasan.

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang sering dianggap mirip dengan penyakit paru-paru lain seperti bronkitis dan penyakit paru obstruktif kronis. Untuk lebih memahami perbedaanya, berikut adalah penjelasan lebih lanjut, seperti yang telah dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perbedaan Emfisema dengan Bronkitis dan Penyakit Paru Obstruktif

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kerusakan alveoli sehingga menghambat aliran udara masuk dan keluar ketika bernapas. Emfisema bahkan sering disebut mirip dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) bahkan bronkitis.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah istilah umum yang mencakup berbagai penyakit paru progresif. Penyakit ini termasuk emfisema dan bronkitis kronis. Dengan kata lain, emfisema masuk dalam kategori PPOK, namun PPOK belum tentu emfisema.

Bronkitis kronis dan emfisema adalah dua jenis penyakit yang termasuk dalam kategori PPOK. Banyak orang yang menderita kedua penyakit tersebut sekaligus. Emfisema adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kerusakan alveoli di paru-paru. Gejala utama emfisema adalah sesak napas.

Sedangkan bronkitis kronis adalah kondisi paru-paru yang menghancurkan silia di saluran udara. Silia adalah bagian seperti rambut (organel) dari sel yang mengeluarkan kuman dan kotoran lain dari saluran udara. Gejala utama bronkitis kronis adalah produksi lendir, termasuk batuk berdahak yang menghasilkan lendir kental.

Emfisema memiliki lebih banyak gejala, termasuk sesak napas dan batuk. Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa perbedaan bronkitis dan emfisema adalah apa yang menjadi penyebab dan gejalanya.

3 dari 6 halaman

Tahap-Tahap Emfisema

Emfisema adalah penyebab PPOK, tetapi tidak semua pasien dengan emfisema menderita PPOK. Setidaknya ada empat tahap emfisema dari yang paling ringan sampai yang terparah. Adapun tahap emfisema adalah sebagai berikut:

Tahap 1. Ini adalah tahap paling ringan dari emfisema, di mana paru-paru masih memiliki fungsi setidaknya 80% dari paru-paru sehat berdasarkan usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.

Tahap 2. Ini adalah emfisema sedang, di mana paru-paru masih memiliki fungsi antara 50% dan 79% dari paru-paru sehat seseorang dengan usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.

Tahap 3. Ini adalah emfisema yang parah, di mana paru-paru masih memiliki fungsi antara 30% dan 49% dari sehat seseorang dengan usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.

Tahap 4. Ini adalah emfisema yang sangat parah, di mana paru-paru hanya memiliki fungsi kurang dari 30% paru-paru sehat seseorang dengan usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.

4 dari 6 halaman

Gejala dan Penyebab Emfisema

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh kerusakan dinding alveoli di paru-paru, sehingga seseorang akan sulit bernapas atau mengalami sesak napas. Bahkan emfisema adalah penyakit yang sering tidak disadari sampai penderitanya kehilangan fungsi paru-parunya hingga 50%.

Meski demikian, emfisema adalah penyakit paru-paru yang dapat dilihat dari tanda-tanda dan gejalanya. Adapun tanda-tanda dan gejala emfisema adalah batuk, mengi, sesak napas terutama ketika aktivitas fisik berat, sesak napas, peningkatan produksi lendir, warna lendir tidak normal (kuning atau hijau), sering merasa lelah, sulit tidur, kecemasan, depresi, dan penurunan berat badan.

Seseorang yang menderita emfisema biasanya memiliki peningkatan risiko pneumonia, bronkitis, dan infeksi paru-paru lainnya.

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang tidak menular. Penyebab utama penyakit ini adalah kebiasaan buruk, terutama konsumsi rokok. Dilansir dari Cleveland Clinic, merokok adalah penyebab utama emfisema.

Asap rokok merusak jaringan paru-paru, dan juga mengiritasi saluran udara. Asap rokok menyebabkan peradangan dan merusak silia. Iritasi dan silia yang rusak menyebabkan saluran udara bengkak, produksi lendir dan kesulitan membersihkan saluran udara. Semua perubahan ini dapat menyebabkan sesak napas.

Meskipun merokok adalah penyebab utama emfisema, ada penyebab lain. Selain rokok, penyebab emfisema adalah ganja, vape dan rokok elektrik, asap cerutu, polusi udara, debu, serta asap kimia.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Emfisema

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kerusakan alveoli, sehingga membuat seseorang sesak napas dan kesulitan untuk bernapas. Jika seseorang sudah menderita emfisema, maka dia tidak bisa pulih secara total. Meski demikian ada sejumlah cara untuk dapat mengatasi kondisi tersebut, setidaknya untuk tidak membuat fungsi paru-paru berkurang semakin parah.

Emfisema dapat memburuk dari waktu ke waktu, jadi pengobatan berfokus pada memperlambat emfisema dan memaksimalkan fungsi paru-paru Anda yang masih sehat. Jenis pengobatan tergantung pada tingkat keparahan emfisema Anda. Adapun cara mengatasi emfisema adalah sebagai berikut:

1. Berhenti merokok. Jika Anda merokok, cara terbaik untuk memperlambat emfisema adalah dengan berhenti. Ini adalah langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk melindungi paru-paru Anda. Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda dapat bekerja sama untuk menemukan metode terbaik dan paling efektif untuk berhenti merokok.

2. Bronkodilator. Obat-obatan ini mengendurkan otot-otot di sekitar saluran udara Anda. Saat otot-otot ini rileks, lebih banyak udara masuk dan keluar dari paru-paru Anda. Cara ini lebih cepat dan lebih efektif daripada obat oral. Bronkodilator juga membantu mengobati asma dan kondisi paru-paru lainnya.

3. Kortikosteroid inhalasi. Kortikosteroid inhalasi dapat mengurangi pembengkakan di saluran udara dan produksi lendir. Anda mungkin harus mengonsumsi kortikosteroid inhalasi setiap hari untuk membantu mencegah gejala emfisema.

4. Kortikosteroid oral. Penyedia sering meresepkan kursus singkat kortikosteroid oral ketika Anda mengalami eksaserbasi atau "flare" emfisema Anda.

5. Antibiotik. Antibiotik membantu mengobati infeksi bakteri, termasuk pneumonia, bronkitis, dan infeksi paru-paru lainnya.Obat anti inflamasi. Anti-inflamasi mengurangi peradangan di saluran udara Anda.

6. Terapi oksigen. Jika paru-paru Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk darah Anda (hipoksemia), terapi oksigen dapat membantu. Sebuah mesin akan memberikan lebih banyak oksigen kepada Anda melalui kateter hidung atau sungkup muka. Kateter hidung (nasal cannula) adalah tabung fleksibel yang akan dijepit oleh penyedia layanan kesehatan Anda ke hidung Anda.

7. Operasi. Operasi dilakukan untuk mengangkat sebagian jaringan paru-paru Anda yang sakit dan menggabungkan jaringan yang tersisa menjadi satu. Menghapus jaringan yang rusak dapat mengurangi tekanan pada otot pernapasan Anda dan membantu meningkatkan kemampuan paru-paru Anda untuk meregang.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Emfisema

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini juga berlaku untuk emfisema. Apalagi emfisema adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan seratus persen. Dengan kata lain, langkah pencegahan jauh lebih penting untuk menghindari emfisema. Adapun langkah yang dapat mencegah emfisema adalah menghindari merokok.

Berhenti merokok memang sulit dilakukan. Mungkin perlu beberapa kali percobaan untuk berhenti dengan sukses. Saat Anda siap untuk berhenti merokok, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rencana untuk berhenti merokok.

Cara lain untuk membantu mengurangi risiko emfisema adalah hindari asap rokok, polusi udara, asap kimia, debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan. Kenakan masker saat Anda bekerja dengan bahan kimia atau di area yang sangat tercemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.