Sukses

Profil PT Surya Multi Indopack, Perusahaan Flexible Packaging Di Indonesia

Profil PT Surya Multi Indopack, sejarah PT Surya Multi Indopack serta layanan dan produk PT Surya Multi Indopack.

Liputan6.com, Jakarta Surya Multi Indopack merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur flexible packaging. Berdiri sejak tahun 1983, PT Surya Multi Indopack menyediakan berbagai layanan pengemasan dan telah melayani ratusan brand besar yang mempercayakan percetakan packagingnya pada PT Surya Multi Indopack.

Berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. PT Surya Multi Indopack juga memiliki gudang yang terletak di Jl. Suriwongse no. 777, Karangbong-Gedangan, Sidoarjo. Selain memiliki infrastruktur yang memadai, PT Surya Multi Indopack juga telah memenuhi sertifikat ISO dan FSSC sebagai bukti pelayanan yang berkualitas.

Didukung oleh ratusan karyawannya, PT Surya Multi Indopack telah berhasil memproduksi berbagai jenis kemasan untuk berbagai produk seperti food and beverage, cosmetics, pharmacy dan juga toiletries. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Surya Multi Indopack yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi ptsmi.com pada Selasa (27/12/2022). Profil PT Surya Multi Indopack, sejarah PT Surya Multi Indopack serta layanan dan produk PT Surya Multi Indopack.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Profil PT Surya Multi Indopack

Profil PT Surya Multi Indopack

Dimulai dengan awal yang sederhana, PT Surya Multi Indopack (SMI) didirikan pada tahun 1983 ditandai dengan selesainya PT Surya Multi Indopack Rotogravure. Sejak saat itu PT Surya Multi Indopack telah memperluas dan menambah lini baru agar lebih siap dan mengakomodasi permintaan pasar. 

Dengan pengalaman lebih dari tiga dekade di bidang ini, SMI mengelola dua pabrik produksi, PT Surya Multi Indopack Rotogravure di Rungkut Industri dan SMI Flexography di Gedangan, memberikan produk terbaik dan layanan terbaik kepada pelanggannya dengan membangun kemitraan bersama untuk memasok kebutuhan kemasan fleksibel mereka.

PT Surya Multi Indopack adalah bagian dari komunitas global anggota Sedex, yang menunjukkan komitmen yang jelas untuk berbagi informasi dan memulai hubungan bisnis antar anggota. Menjadi anggota Sedex, PT Surya Multi Indopack bangga menjadi perusahaan yang mengikuti Standar Internasional dalam hubungan industrial dan selaras dengan peraturan pemerintah.

ISO

Pabrik produksi SMI (Rotogravure and Flexography) dibangun dan dirancang untuk memenuhi persyaratan standar produksi kemasan makanan sesuai sertifikasi ISO 22000:2005. Standar ini merupakan jaminan utama bagi setiap klien berlatar belakang industri makanan dan minuman bahwa SMI adalah mitra terpercaya yang memahami dan mampu mengidentifikasi Critical Control Points (CCP) kemasan keamanan pangan.

FSSC

Memastikan kepercayaan pelanggan dalam penyediaan kemasan keamanan pangan, PT SMI menjawab permintaan ini dengan meningkatkan sertifikasi keamanan pangannya dari ISO 22000 : 2005 menjadi FSSC 22000 versi 4.1 yang merupakan standar yang diakui skema GFSI (Global Food Safety Initiative).

 

Kantor Pusat : Jl. Rungkut Industri XIV no.4,Surabaya 60291, Indonesia

T.+62 31 843 6693

F.+62 31 843 9404

Pabrik Gedangan : Jl. Suriwongse no. 777, Karangbong-Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia

T.+62 31 801 0902

T.+62 31 9960 1000

F.+62 31 801 0903

3 dari 6 halaman

Sejarah PT Surya Multi Indopack

Sejarah PT Surya Multi Indopack

PT Surya Multi Indopack memasuki industri kemasan fleksibel pada tahun 1983 dengan pabrik produksi ono rotogravure. PT Surya Multi Indopack telah ditunjuk sebagai salah satu pemain utama dalam industri ini selama lebih dari tiga dekade dengan pengalaman dan pengakuan yang tak terhitung jumlahnya oleh perusahaan multinasional. 

PT Surya Multi Indopack terus mengembangkan perusahaan PT Surya Multi Indopack dengan teknologi terbaru untuk memenuhi permintaan pasar yang berkembang. SMI telah memperluas lebih banyak pabrik produksi dengan penambahan pabrik fleksografi di tahun 2015.

Berikut ini lini masa perkembangan dan pertumbuhan PT Surya Multi Indopack : 

1983 : SW Rotogravure didirikan

1986 : Memulai produksi komersial 85 Karyawan

1993 : Memulai penambahan mesin Status PMDN dengan 181 Karyawan

2006 : Memulai penambahan mesin lebih lanjut dengan 288 Karyawan

2011 : Memperbaharui 8 lini produksi baru yang ditambahkan pada tahun 2010 telah beroperasi secara komersial untuk mendukung permintaan klien akan kemasan fleksibel berkualitas tinggi dengan 574 Karyawan 

2014 : Peletakan batu pertama dan pembangunan fasilitas di SMI Rotogravure dan juga mendirikan fasilitas terintegrasi SMI Flex di situs Karangbong, yang kemudian disebut Pabrik Gedangan.

2015 : SMI Flexography dioperasikan secara komersial

2016 : Dengan total produksi dan gedung perkantoran 27.702 Pembaharuan Rotogravure terintegrasi. Konversi,dan Fasilitas pendukung di Pabrik Rungkut telah ditingkatkan dan dijalankan secara komersial dengan 634 karyawan.

4 dari 6 halaman

Layanan Produksi PT Surya Multi Indopack

Layanan Produksi PT Surya Multi Indopack

PT Surya Multi Indopack menghargai klien dengan memberikan layanan total yang mencakup semua proses produksi dari awal hingga akhir, dari proses pra produksi hingga pengiriman. Semua kegiatan dilakukan di bawah satu atap SMI, dimana klien dapat mengharapkan kerahasiaan detail produk mereka dan bantuan teknis yang siap menangani setiap peningkatan dan inovasi untuk berbagai dorongan pasar.

PT Surya Multi Indopack juga mengadopsi rantai suplai berbasis Material Requirement Planning (MRP). Layanan yang disesuaikan ini disesuaikan dengan mudah untuk kebutuhan dan persyaratan khusus klien kami untuk mengontrol dan mempertahankan tingkat stok yang aman. Secara garis besar, PT Surya Multi Indopack menyediakan tiga layanan yang terdiri dari : 

1. ROTOGRAVURE

Setiap pencetakan rotogravure di SMI dimulai dari pre-press hingga pengiriman semua dilakukan dalam satu lingkungan yang terkendali. PT Surya Multi Indopack melayani industri makanan dan minuman utama untuk pasar lokal dan luar negeri. 

Mampu menghasilkan desain kemasan yang rumit dalam skala industri, kami benar-benar mitra yang cocok untuk kebutuhan kemasan anda. Lini produksi ujung ke ujung kami juga akan memberi anda spesifikasi optimal dengan ukuran yang dapat dikontrol.

Rotogravure SMI yang dilengkapi dengan fasilitas in-house terintegrasi memungkinkan proses end-to-end seperti yang ditunjukkan dalam video singkat. Dengan demikian klien akan merasa nyaman dalam mengembangkan produk baru dan meluncurkan kembali produk dan menikmati manfaat dari standar kualitas tinggi yang dipertahankan dan kompatibilitas teknis untuk keseluruhan proyek pada garis waktu yang terukur.

ALIRAN PRODUKSI ROTOGRAVURE

a. PRA-TEKAN : Operator pra-tekan internal kami mengubah karya seni, menyesuaikan grafik warna untuk menghasilkan bukti data digital yang mewakili keluaran kemasan cetak akhir.

b. MANAJEMEN WARNA : Proses manajemen warna merupakan rangkaian kegiatan yang dilengkapi dengan perangkat lunak untuk menghasilkan komposisi tinta yang memungkinkan kualitas cetak yang presisi dan konsistensi warna pada hasil cetak.

c. PEMBUATAN SILINDER DI RUMAH : SMI memahami kerahasiaan adalah kunci ketika klien sedang mengembangkan produk, oleh karena itu fasilitas pra-tekan dan pembuatan silinder internal kami akan memenuhi kebutuhan dengan aman.

d. PENCETAKAN ROTOGRAVURE : Konsultasikan dengan tim penjualan teknis kami untuk membahas secara detail tentang desain Anda untuk mendapatkan hasil terbaik dengan fasilitas pencetakan kami.

e. LAMINASI / EKSTRUSI : Proses konversi yang bertujuan untuk menambah lapisan barrier dan/atau sealant baru pada produk akhir atau menambahkan lapisan adhesi dan/atau sealant pada produk akhir.

f. SLITTING : Proses slitting mengubah gulungan jumbo menjadi konfigurasi dan ukuran lebar yang diminta, dan juga panjang per gulungan pada variasi baris tunggal hingga multi baris yang praktis pada skala industri.

g. FASILITAS PENUNJANG : Klien dapat memanfaatkan fasilitas pendukung kami untuk mengatur hasil akhir dalam bentuk individual, seperti sachet, tas dalam berbagai jenis label dan juga bentuk tas gawang

h. PENGIRIMAN : Diskusikan persyaratan pengiriman khusus Anda dengan staf penjualan kami untuk mendapatkan pengaturan pengiriman yang paling sesuai untuk mengamankan tingkat stok Anda.

 

5 dari 6 halaman

Layanan Produksi PT Surya Multi Indopack

2. FLEXOGRAPHY

Didirikan pada April 2015, SMI Flexography telah berperan sebagai alternatif produksi kemasan fleksibel sejak saat itu. Dengan fasilitas pencetakan flexography ini, SMI memberikan pilihan kemasan yang lebih luas kepada klien, mengenai variasi bahan dan juga kuantitas pesanan yang lebih kecil.

SMI Flexography yang dilengkapi dengan fasilitas in-house terintegrasi memungkinkan proses end-to-end seperti yang ditunjukkan dalam video singkat. Dengan demikian klien akan merasa nyaman dalam mengembangkan produk baru dan meluncurkan kembali produk dan menikmati manfaat dari standar kualitas tinggi yang dipertahankan dan kompatibilitas teknis untuk keseluruhan proyek pada garis waktu yang terukur. Lapisan tunggal dan kemampuan untuk mencetak pada bahan memanjang yang mudah dicetak

ALIRAN PRODUKSI FLEKSOGRAFI

a. PRATEKAN : Operator pratekan internal SMI mengubah karya seni, menyesuaikan grafik warna untuk menghasilkan bukti data digital yang mewakili keluaran kemasan cetak akhir.

b. MANAJEMEN WARNA : Proses manajemen warna SMI merupakan rangkaian kegiatan yang dilengkapi dengan perangkat lunak untuk menghasilkan komposisi warna yang memungkinkan kualitas cetak yang presisi dan konsistensi warna pada hasil cetak.

c. PEMBUATAN PIRING DI RUMAH : SMI dilengkapi dengan aman dengan fasilitas pembuatan pelat in-house yang ringkas untuk memungkinkan klien merasa nyaman dalam mengembangkan produk baru dan meluncurkan kembali produk dalam hal kerahasiaan yang terlibat dalam waktu yang cepat.

d. PENCETAKAN FLEXOGRAFI : Konsultasikan dengan tim penjualan teknis kSMI untuk membahas secara detail tentang desain anda untuk mendapatkan hasil terbaik dengan fasilitas pencetakan kami. Diskusikan desain anda dengan technical sales SMI untuk mendapatkan keistimewaan pencetakan dengan Flexography Printing.

e. LAMINASI/ EKSTRUSI : Proses konversi yang bertujuan untuk menambah lapisan barrier dan/atau sealant baru pada produk akhir atau menambahkan lapisan adhesi dan/atau sealant pada produk akhir.

f. SLITTING : Proses memangkas gulungan cetak besar menjadi konfigurasi ukuran gulungan tertentu.

g. FASILITAS PENDUKUNG : Fasilitas pendukung kami membantu membentuk gulungan cetakan menjadi berbagai format kemasan. Untuk menyebutkan beberapa lini pendukung kami adalah fasilitas pembuatan tas dan wicketed bag, seaming dan cutting untuk keperluan label.

h. PENGIRIMAN : Diskusikan persyaratan pengiriman khusus anda dengan staf penjualan kami untuk mendapatkan pengaturan pengiriman yang paling sesuai untuk mengamankan tingkat stok anda.

 

6 dari 6 halaman

Layanan Produksi PT Surya Multi Indopack

3. SUPPORTING AND CONVERTING LINE

SMIi menyediakan jalur produksi khusus yang diawasi oleh para ahli. Surya Multi Indopack memiliki semua faktor yang diperlukan untuk menghasilkan kemasan berkualitas terbaik untuk anda. Setiap proses produksi dilakukan di bawah satu atap memberi anda lebih banyak kontrol terhadap durasi dan kualitas.

CONVERT 

a. BLOWN FILM : SMI memproduksi film kelas cetak, film berpigmen warna, film collation shrink, sealant penghalang, sealant kinerja ikatan yang sangat baik dan banyak lagi aplikasi untuk memenuhi kebutuhan yang selalu berubah.

b. LAMINATION : Laminasi adalah proses konversi tambahan yang bertujuan untuk menambahkan lapisan penghalang dan/atau sealant baru ke produk akhir. Dalam beberapa kasus proses laminating juga bertujuan untuk melebur dua bahan yang berbeda menjadi satu bahan yang kompak.

c. EKSTRUSI : Garis ekstrusi menambahkan lapisan adhesi dan/atau sealant pada produk akhir. Fasilitas ekstrusi SMI dilengkapi dengan kontrol ketebalan otomatis untuk menjaga kerapatan dan konsistensi laminasi/perlapisan.

d. METALISASI : Fasilitas metalizing SMI menghasilkan lapisan penghalang dengan menghasilkan lapisan aluminium evaporasi di bagian dalam lapisan penyegelan untuk menambah faktor perlindungan pada produk akhir yang dikemas.

e. SLITTING : Proses slitting mengubah gulungan jumbo menjadi konfigurasi dan ukuran lebar yang diminta, serta panjang per gulungan pada variasi panjang tunggal yang praktis hingga multi-panjang pada skala industri.

 

SUPPORT : 

a. PEMBUATAN TAS : Pembuatan tas adalah lini produksi pendukung yang bertanggung jawab untuk memodifikasi kemasan dasar menjadi bentuk tas siap pakai yang bervariasi dalam berbagai ukuran yang sesuai tergantung pada kebutuhan klien, seperti segel tengah, segel 3 sisi, tas stabilo (segel 4 sisi), gusset, sachet dan tas gawang.

b. TAS ANYAMAN : Fasilitas ini telah menambah SMI berbagai tas gawang. Kantong las samping dengan bibir sempit dan lubang pelubang untuk memudahkan dan mempercepat pengeluaran kantong tumpukan selama proses pengepakan untuk produk makanan atau non-makanan.

c. SEAMING + CUTTING : Fasilitas ini mampu menghasilkan label berkelim yang disediakan dalam bentuk nyata atau potongan untuk berbagai ukuran dan fitur tambahan: perforasi, tab tarik, dan stik lem tembak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.