Sukses

Profil PT Citramulia Arwana Tbk, Sejarah Berdiri dan Kebijakan Perusahaan

Profil PT Citramulia Arwana Tbk, sejarah PT Citramulia Arwana Tbk dan kebijakan perusahaan PT Citramulia Arwana Tbk.

Liputan6.com, Jakarta PT Citramulia Arwana Tbk merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang usaha industri keramik serta porselen lantai dan dinding. Telah berdiri lebih dari 20 tahun, PT Citramulia Arwana Tbk telah Go Publik dan masuk kedalam Bursa Efek Indonesia dengan kode ARNA.

Terus berkembang, PT Citramulia Arwana Tbk kini telah memiliki setidaknya lima pabrik yang terletak di kota Tangerang, Gresik, Ogan Ilir, Mojokerto dan Serang. Dengan infrastruktur yang cukup, berdasarkan pada laporan terakhir pada tahun 2022, kapasitas PT Citramulia Arwana Tbk mencapai 65 juta meter persegi per tahun. 

Tidak hanya fokus kepada kualitas dan performa, PT Citramulia Arwana Tbk juga menunjukan kepeduliannya kepada kesejahteraan lingkungan dan pekerjanya, dengan menerapkan berbagai kebijakan yang diperuntukkan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesejahteraan pegawainya. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Citramulia Arwana Tbk yang Liputan6.com rangkum dari arwanacitra.com pada Rabu (28/12/2022). Profil PT Citramulia Arwana Tbk, sejarah PT Citramulia Arwana Tbk dan kebijakan perusahaan PT Citramulia Arwana Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Citramulia Arwana Tbk

PT Citramulia Arwana Tbk merupakan industri yang telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun. Perusahaan ini berlokasi di daerah Wringinanom, Gresik ini memiliki karyawan sebanyak 745 orang. Perusahaan ini bergerak di bidang Industri manufaktur produksi Keramik dengan berbagai kriteria desain melambangkan ciri khas corak batik indonesia. 

PT Citramulia Arwana Tbk adalah perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham "ARNA", peringkat ke-14 produsen ubin keramik teratas tahun 2017 versi Ceramic World Review. Kami memproduksi ubin keramik dengan dua merek berbeda, "ARWANA" untuk melayani segmen pasar menengah ke bawah, "UNO" untuk merebut segmen pasar menengah ke atas. 

Berkantor pusat di Jakarta, Indonesia, PT Citramulia Arwana Tbk mengoperasikan lima pabrik yang terletak di Tangerang, Serang, Gresik, Ogan Ilir, dan Mojokerto, dengan total kapasitas terpasang 57.370.000 m2 pada tahun 2017. Ubin keramik PT Citramulia Arwana Tbk dipasarkan melalui PT Primagraha Keramindo yang terhubung dengan jaringan luas 46 sub-distributor dengan lebih dari 25.700 gerai ritel di seluruh Indonesia.

PT Citramulia Arwana Tbk adalah perusahaan publik yang digerakkan oleh dampak dan ramah lingkungan yang memproduksi ubin keramik dan porselen berlapis kaca bersertifikat hijau. Komitmen PT Citramulia Arwana Tbk terhadap visi telah membuat perusahaan mendapat pengakuan nasional dan internasional yang meliputi Penghargaan Industri Hijau berturut-turut dari tahun 2011 hingga sekarang, Best Under a Billion dari Forbes Asia dan Best of the Best dari Forbes Indonesia.

Sesuai dengan visi PT Citramulia Arwana Tbk, perusahaan menjalankan operasi manufaktur yang berupaya selaras dengan  kelestarian alam dan kehidupan manusia yang berkualitas. Komitmen tersebut ditandai  dengan perumusan strategi pertumbuhan bisnis yang memiliki lima  pendekatan berbeda, yaitu lingkungan, energi, produk, teknologi dan sumber daya manusia.

Visi : 

Menjadi perusahaan terbaik dalam industri ubin keramik, penuh kreativitas dan inovasi, serta mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan negara dan masyarakat.

Misi :

- Menerapkan proses produksi yang dinamis, kreatif dan inovatif

- Menciptakan iklim usaha yang mendorong penyerapan tenaga kerja lokal dan pengembangan usaha menengah terkait.

- Mengutamakan kualitas produk dan layanan kami dengan menerapkan prinsip efisiensi secara konsisten sehingga mampu menghasilkan ubin keramik berkualitas tinggi yang terjangkau oleh pelanggan.

 

Kantor Pusat

Sentra Niaga Puri Indah Blok T2 No. 24, Kembangan Selatan Jakarta 11610

+62-21-58302363

+62-21-58302361

investor@arwanacitra.com

 

Kantor Pemasaran

Sentra Niaga Puri Indah Blok T5 No.16 - 17, Kembangan Selatan Jakarta 11610

021-58358118

info@pgk.arwanacitra.com

 

Showroom Keramik Arwana

Puri Lingkar Dalam Blok T-8 PIFT, RT.1/RW.2 Blok T2 No. 24, Kembangan Selatan Jakarta 

021-58358118

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Arwana Citramulia Tbk

PT Arwana Citramulia Tbk didirikan pertama kali pada tanggal 22 Februari 1993 oleh Tandean Rustandy bersama dengan Syamsulhuda Kusetiobudi, Syarif Said, dan Loek Henky Setiawan di Jakarta, Indonesia. Saat ini, Tandean Rustandy adalah Direktur Utama dan pemegang saham terbesar.

PT Arwana Citramulia Tbk mulai beroperasi sejak tahun 1995, PT Arwana Citramulia Tbk setia dalam bisnis intinya untuk menghasilkan produk berkualitas dengan desain kreatif. Berbagai macam produk ditawarkan termasuk embossed, marmer , plain color, granity, strata, rustic, fancy wood dan francy dekorasi. 

PT Citramulia Arwana Tbk resmi menjadi perusahaan terbuka setelah melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham ARNA pada tanggal 17 Juli 2001. Pada tanggal 8 November 2004, saham ARNA mulai diperdagangkan di papan utama bursa.

Berkomitmen untuk mewujudkan visi dan misinya, PT Arwana Citramulia Tbk menjadi Perusahaan Pertama di Indonesia yang memperoleh ISO 144001 untuk sistem manajemen lingkungan, yang diikuti dengan memperoleh “Industri Hijau Award“ pada tahun 2011 yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. 

Berikut lini masa sejarah berdiri dan berkembangnya PT Arwana Citramulia Tbk :

1993

22 Februari : PT Arwana Citramulia Tbk didirikan

1995

27 Februari : PT Primagraha Keramindo didirikan

23 Juni : Perayaan produksi pertama di Pabrik I

7 November : PT Arwana Nuansakeramik didirikan

1997

19 Mei 19: Peresmian dan produksi perdana di Pabrik II

20 Mei 20: PT Sinar Karya Duta Abadi didirikan

2001

17 Juli: IPO saham Arwana Ceramics, kode saham ARNA

2002

3 April: Produksi perdana di Pabrik III

2011

19 Oktober : PT Arwana Anugerah Keramik didirikan

2013

17 September: Produksi perdana di Pabrik IV

2016

8 Januari: Produksi perdana di Pabrik V

2019

Juli: Pabrik 4B mulai beroperasi

2021

April: Pabrik 5B mulai beroperasi

4 dari 5 halaman

Kebijakan Perusahaan PT Arwana Citramulia Tbk

PT Arwana Citramulia Tbk menerapkan sejumlah kebijakan dan aturan yang disusun untuk kesejahteraan karyawan dan perusahaan secara menyeluruh. Dimulai dengan kebijakan kode etik yang harus diikuti hingga kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR).

1. Kebijakan Kode Etik Perusahaan

Kepatuhan 

Setiap karyawan Perusahaan harus mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku. Standar etika perusahaan juga dibangun di atas prinsip ini.

Konflik kepentingan

Setiap karyawan Perusahaan harus mengakui bahwa kepentingan Perusahaan adalah yang utama. Oleh karena itu, setiap perbuatan, baik yang bersifat pribadi, atas nama Perusahaan, maupun yang berhubungan dengan pihak lain, tidak boleh berkompromi atau membahayakan kepentingan Perusahaan.

Perdagangan Orang Dalam dan Eksploitasi Peluang

Setiap karyawan Perusahaan yang karena kebetulan atau wewenang memperoleh akses ke informasi rahasia dilarang menggunakan atau mendistribusikan informasi tersebut untuk mendapatkan keuntungan finansial melalui perdagangan saham atau jenis kegiatan lainnya. Selain itu, karyawan Perusahaan dilarang menggunakan aset, informasi, atau posisi seseorang di Perusahaan untuk keuntungan pribadi yang tidak semestinya, atau bersaing dengan Perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Persaingan Sehat dan Hubungan Kerja

Setiap karyawan Perseroan harus bersaing secara adil dan berkomitmen untuk mengembangkan hubungan yang adil dengan semua pihak.

Diskriminasi dan Pelecehan

Setiap karyawan Perseroan dilarang melakukan perlakuan diskriminatif terhadap siapa pun atau pihak lain atas dasar suku, agama, ras, dan golongan sosial. Perusahaan juga tidak menoleransi kekerasan fisik atau psikis dalam bentuk apapun di dalam Perusahaan.

Kesehatan dan keselamatan

Setiap karyawan Perseroan memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan kerja yang aman dan sehat. Tanggung jawab ini dipenuhi dengan secara konsisten mematuhi semua peraturan dan standar kesehatan dan keselamatan yang berlaku sesuai dengan peraturan internal maupun hukum yang berlaku.

Penggunaan Praktik Akuntansi yang Benar

Perseroan mensyaratkan agar seluruh aktivitas pencatatan dan pelaporan data dilakukan secara tepat dan akurat guna mendukung proses pengambilan keputusan bisnis yang handal. Praktik ini mencakup penerapan standar etika bagi karyawan, praktik akuntansi yang benar, dan penyusunan laporan secara akurat, tepat waktu, dan dapat dipahami.

Rahasia Dagang dan Kerahasiaan

Setiap karyawan Perseroan dilarang mengungkapkan, menggandakan, menyimpan atau menggunakan informasi rahasia mengenai Perseroan untuk keuntungan pribadi atau untuk kepentingan pihak lain selain Perseroan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Perseroan. Informasi tersebut dapat berupa formula, desain, gambar, cetak biru, spesifikasi, proses, peralatan, penelitian, atau bentuk informasi lainnya. Selain itu, karyawan juga dilarang mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan produk Perusahaan, keadaan keuangan, atau informasi lainnya, kecuali jika dianggap perlu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

 

5 dari 5 halaman

CSR PT Arwana Citramulia Tbk

2. Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR)

Program kerja CSR disusun, sistematis, dan berkesinambungan. Sebagai landasan berpikir, program melihat konsep pembangunan manusia secara holistik yang meliputi pengetahuan, wawasan, mental, spiritual, kompetensi, dan kesempatan yang sama. 

Selanjutnya, Perseroan berupaya untuk memperkuat peran corporate citizen. Oleh karena itu, Perseroan juga menjalankan program pengembangan masyarakat setempat sebagai bagian dari kegiatan CSR. Sasaran penerima khususnya adalah keluarga dan masyarakat yang tergolong kurang mampu, sehingga dapat berdaya dan mampu membantu dirinya sendiri.

Program CSR Perseroan dibagi menjadi beberapa kategori:

A. Sosial

Kategori sosial meliputi subkategori pendidikan, kesehatan dan agama. Bentuk kegiatan CSR pada sub kategori pendidikan antara lain program beasiswa, bantuan perlengkapan sekolah, pembangunan dan renovasi sarana pendidikan seperti gedung sekolah, dan menyelenggarakan sendiri kegiatan pendidikan seperti program pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak di pabrik. 

Sedangkan program CSR pada sub kategori kesehatan memiliki kegiatan rutin seperti pengobatan gratis (klinik), dan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu, program Arwana Peduli juga menyelenggarakan kegiatan di panti sosial (panti asuhan, panti jompo, panti rehabilitasi kejiwaan, dan lain-lain). Pada sub kategori religi kegiatan meliputi pembangunan dan renovasi rumah ibadah, mudik gratis, sumbangan hewan kurban, dan lain-lain.

Perseroan juga mendonasikan ubin keramik dalam jumlah yang semakin besar dari tahun ke tahun kepada berbagai lembaga untuk kepentingan sosial, dan bekerja sama dengan lembaga seperti TNI dan LSM dalam melakukan renovasi rumah tidak layak huni milik keluarga kurang mampu. 

Pada tanggal 19 Oktober 2017, Perseroan mendirikan Klub Tenis Meja Arwana Jaya (Persatuan Tenis Meja Arwana Jaya) dengan tujuan untuk ikut serta dalam perkembangan olahraga di Indonesia khususnya olahraga tenis meja. Inisiatif ini diikuti dengan pendirian pusat pelatihan dan asrama yang diresmikan pada 21 Januari 2019.

B. Ekonomi

Perusahaan secara langsung berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi masyarakat setempat melalui pendirian pabrik-pabrik di lokasi-lokasi yang umumnya tertinggal. Kontribusi tersebut meliputi pembangunan atau perbaikan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, serta pembukaan lapangan kerja. 

Kehadiran Perseroan juga mendukung munculnya kegiatan usaha di sekitar pabrik. Selain itu, Perseroan juga berkontribusi dalam pemberdayaan kewirausahaan masyarakat melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah, serta menyumbangkan hasil produksi yang tidak terpakai untuk diolah kembali dan dijual secara kreatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.