Sukses

Kompetisi adalah Memiliki Makna Persaingan, Ketahui 46 Sinonimnya

Kompetisi adalah seperti alat penyeleksi.

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui arti kata kompetisi akan memahamkan cara menggunakannya. Kompetisi adalah memiliki makna persaingan. Para ahli menyebut kompetisi adalah seperti alat penyeleksi.

Pustaka Digital Indonesia atau Tesaurus Bahasa Indonesia, menjelaskan sinonim kata kompetisi adalah turnamen, invitasi, kejuaraan, pertarungan, dan laga.

Paling populer dari arti kompetisi adalah pertandingan untuk merebut kejuaraan. Dalam sebuah kompetisi adalah ada pihak yang kalah dan ada pihak yang menang. Ini yang membuat kompetisi bisa memberikan dampak positif dan bisa memberikan dampak negatif.

Kompetisi harus dilakukan dengan cara yang sehat. Itu artinya, kompetisi menjadi persaingan yang tidak disertai dengan kecurangan tetapi keadilan. Tidak menempuh cara-cara yang instan dan merugikan lawan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kompetisi dan sinonimnya, Sabtu (31/12/2022).

2 dari 4 halaman

Kompetisi adalah Memiliki Makna Persaingan

Kompetisi adalah wujud persaingan, pertandingan, hingga perlombaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kompetisi memiliki tiga makna. Kompetisi adalah persaingan. Kompetisi adalah pertandingan untuk merebut kejuaraan. Kompetisi adalah sistem pertandingan olahraga yang mengharuskan semua pihak saling bertanding (berhadapan).

Kompetisi sama dengan kegiatan seleksi secara sosial. Kompetisi adalah alat penyeleksi. Kompetisi adalah persaingan yang sejatinya tidak hanya dipraktikkan di bidang olahraga atau sains atau pendididikan, melainkan di berbagai lini kehidupan dan bidang.

Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) menjelaskan kompetisi adalah kata kerja intransitive yang berarti tidak membutuhkan objek sebagai korban kecuali ditambah dengan pasangan kata lain seperti against (melawan), over (atas), atau with (dengan). Sebuah kompetisi adalah bisa memberi dampak positif dan dampak negatif.

Kompetisi adalah persaingan yang umumnya ditujukan untuk menentukan pemenang. Ini tentang siapa yang paling kuat dan siapa yang kalah atau paling lemah. Kompetisi harus dilakukan dengan cara yang sehat, yang artinya persaingan tidak disertai dengan kecurangan atau cara-cara yang instan dan merugikan lawan serta tidak mengambil keuntungan sendiri.

Masih melansir dari sumber yang sama, ini pengertian kompetisi menurut para ahli:

1. Pengertian Kompetisi Menurut Deaux, Dane, & Wrightsman (1993)

Pengertian kompetisi adalah aktivitas yang dipekerjakan mencapai tujuan dengan metode mengalahkan orang lain atau kelompok. Individu atau kelompok memilih untuk bekerja sama atau berkompetisi tergantung dari yang dibangun reward dalam suatu situasi.

2. Pengertian Kompetisi Menurut Chaplin (1999)

Pengertian kompetisi adalah saling mengatasi dan berjuang selang dua individu, atau selang beberapa kelompok untuk memperebutkan objek yang sama.

3 dari 4 halaman

Sinonim Kompetisi yang Memiliki Makna Persaingan

Pustaka Digital Indonesia atau Tesaurus Bahasa Indonesia, menjelaskan sinonim kata kompetisi adalah turnamen, invitasi, kejuaraan, pertarungan, dan laga. Ini daftar 46 sinonim kompetisi lainnya:

- Sinonim kata kompetisi adalah Turnamen

- Sinonim kata kompetisi adalah Invitasi

- Sinonim kata kompetisi adalah Kejuaraan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pertarungan

- Sinonim kata kompetisi adalah Laga

- Sinonim kata kompetisi adalah Peperangan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pergelutan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pergulatan

- Sinonim kata kompetisi adalah Perjuangan

- Sinonim kata kompetisi adalah Perkelahian

- Sinonim kata kompetisi adalah Perlagaan

- Sinonim kata kompetisi adalah Perlawanan

- Sinonim kata kompetisi adalah Perlombaan

- Sinonim kata kompetisi adalah Permusuhan

- Sinonim kata kompetisi adalah Persabungan

- Sinonim kata kompetisi adalah Persaingan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pertandingan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pertempuran

- Sinonim kata kompetisi adalah Pertentangan

- Sinonim kata kompetisi adalah Rivalitas

- Sinonim kata kompetisi adalah Festival

- Sinonim kata kompetisi adalah Kontes

- Sinonim kata kompetisi adalah Musabaqah

- Sinonim kata kompetisi adalah Peraduan

- Sinonim kata kompetisi adalah Perbandingan

- Sinonim kata kompetisi adalah Sayembara

- Sinonim kata kompetisi adalah Pacuan

- Sinonim kata kompetisi adalah Hajatan

- Sinonim kata kompetisi adalah Kegiatan

- Sinonim kata kompetisi adalah Keramaian

- Sinonim kata kompetisi adalah Pameran

- Sinonim kata kompetisi adalah Parade

- Sinonim kata kompetisi adalah Pekan Raya

- Sinonim kata kompetisi adalah Perayaan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pergelaran

- Sinonim kata kompetisi adalah Pertunjukan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pesta

- Sinonim kata kompetisi adalah Ajang

- Sinonim kata kompetisi adalah Konkurs

- Sinonim kata kompetisi adalah Lomba

- Sinonim kata kompetisi adalah Aduan

- Sinonim kata kompetisi adalah Sabungan

- Sinonim kata kompetisi adalah Komplain

- Sinonim kata kompetisi adalah Tuntutan

- Sinonim kata kompetisi adalah Laporan

- Sinonim kata kompetisi adalah Pengaduan

4 dari 4 halaman

Kata dalam Bahasa Indonesia yang Jarang Digunakan

Ini daftar kata dalam bahasa Indonesia yang jarang digunakan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Arunika

Tak hanya terdengar indah, arti dari kata ini juga sama indahnya. 'Arunika' memiliki arti cahaya matahari ketika pagi dimulai, yang sepertinya sama dengan syafak, fajar shadiq, atau sunrise.

2. Buhul

Kata ini mungkin terdengar unik. Namun, ternyata 'buhul' masuk dalam kata baku dengan arti ikatan atau simpul yang biasa dilakukan pada seutas tali.

3. Candala

Meskipun 'candala' terkesan memiliki kesamaan dengan kata 'canda', tetapi maknanya jauh berbeda. 'Candala' memiliki arti rasa rendah diri.

4. Candramawa

'Candramawa' memiliki arti hitam bercampur putih yang berkaitan dengan warna bulu kucing. Kata ini bisa dijadikan inspirasi untuk memberi nama kucing yang memiliki warna bulu hitam dan putih.

5. Dirgantara

Kita cukup sering mendengar dan menemukan kata ini, terutama pada nama seseorang. Kata ini memiliki arti segala sesuatu yang ada di atas bumi, meliputi langit dalam atmosfer sampai luar angkasa.

6. Genta

Kata 'genta' biasanya ditemukan dalam buku-buku karya sastra klasik. Dalam KBBI, 'genta' memiliki arti lonceng besar yang biasanya dipasang di menara gereja.

7. Jenggala

Sekilas, pengucapan kata ini mirip dengan benggala, dari nama benggal (bengal), di India yang terkenal dengan sapinya. Namun, keduanya memiliki arti berbeda, 'jenggala' memiliki arti hutan.

8. Kenes

'Kenes' memiliki dua makna, salah satunya bermakna genit. Selain itu, 'kenes' adalah kata cakapan yang menggambarkan karakter lincah.

Lincah yang dimaksud di sini adalah sebuah karakter yang membuat seseorang senang melihatnya karena aktif secara fisik. Kata ini biasanya mengacu pada anak kecil.

9. Klandestin

Indah dan unik adalah dua kata yang cocok untuk mendeskripsikan kata ini. Menurut KBBI, ‘klandestin’ merupakan kata kerja yang memiliki makna secara rahasia, secara gela, atau secara diam-diam.

10. Nirmala

Jika dulu suka membaca malajah Bobo, mungkin sudah tidak asing dengan kata ini. Dalam Cerita dari Negeri Dongeng, Nirmala adalah nama seorang peri cantik yang baik hati.

Ternyata kata ‘nirmala’ adalah sebuah kosakata dalam bahasa Indonesia yang berarti tanpa cacat cela, bersih, suci, tidak bernoda. Sesuai dengan karakter peri Nirmala.