Sukses

Komposisi Simetris adalah Sisi Kanan dan Kiri Sama, Ketahui Tujuan dan Fungsinya

Komposisi simetris adalah sebuah komposisi, di mana elemen visual di kedua sisi garis tengah pada gambar, mencerminkan satu dengan yang lain.

Liputan6.com, Jakarta Komposisi simetris adalah sebuah komposisi, di mana elemen visual di kedua sisi garis tengah pada gambar, mencerminkan satu dengan yang lain. Komposisi simetris adalah jenis komposisi yang cukup banyak digunakan dalam berbagai macam karya seni.

Mulai dari arsitektur, lukisan, fotografi, hingga film, komposisi simetris adalah jenis komposisi yang cukup sering digunakan oleh banyak seniman dari berbagai jenis aliran dan jenis kesenian. Tentu ada banyak alasan mengapa komposisi simetris adalah jenis komposisi yang cukup populer.

Komposisi simetris adalah suatu komposisi dalam karya seni ketika elemen visual disusun di kedua sisi garis tengah dengan bobot yang sama. Selain itu dapat dipahami pula bahwa komposisi simetris adalah komposisi yang dapat dianggap sebagai bayangan cermin dari separuh karya seni di separuh lainnya.

Untuk menentukan apakah sebuah karya seni menggunakan keseimbangan simetris, tarik garis melalui tengahnya dan bandingkan setiap sisinya. Jika bobot dan posisi ruang positif dan negatif sama di kedua sisi, makan karya seni tersebut telah menerapkan komposisi simetris.

Untuk memahami lebih dalam mengenai komposisi simetris, berikut adalah ulasan lengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (1/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komposisi

Setiap karya seni, baik itu seni rupa, seni musik, seni arsitektur, dan seni lainnya, selalu melibatkan komposisi di dalamnya. Komposisi ini yang akan memengaruhi apakah sebuah karya seni dapat dikatakan indah atau tidak. Lalu apa yang dimaksud dengan komposisi?

Istilah komposisi bahkan memiliki definisi tersendiri dalam seni musik dan seni rupa. Pengertian komposisi berbeda tergantung dengan konteks yang dibicarakan. Meskipun begitu, secara garis besar, komposisi adalah susunan atau tata susun.

Dalam seni rupa, komposisi erat kaitannya dengan pembentukan unsur-unsur visual. Hal ini bertujuan untuk memperindah karya seni rupa. Hal ini tentunya sangatlah penting dalam seni rupa dalam rangka membuat karya yang bagus dan bernilai estetik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian komposisi dalam seni rupa adalah susunan atau tata susun. Secara umum, pengertian komposisi adalah penempatan atau aransemen unsur-unsur visual atau 'bahan' dalam karya seni yang berbeda dari subyek.

Dalam seni rupa, komposisi adalah prinsip menyusun unsur-unsur rupa kesenian dengan mengatur dan mengorganisasikannya menjadi sebuah susunan yang bagus, teratur, dan serasi. Komposisi ini juga akan memberikan susunan berbagai unsur yang akan membuat keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam karya seni rupa.

Dikutip dari Sumber Belajar Kemdikbud, komposisi adalah  tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa. Suatu gambar bisa disebut sebagai gambar yang baik jika memiliki komposisi yang memiliki proporsi, keseimbangan, dan kesatuan.

a. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar yang dapat diamati.

b. Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

c. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antar objek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.

3 dari 5 halaman

Komposisi Simetris

Komposisi simertis adalah salah satu jenis komposisi yang umum diterapkan dalam berbagai jenis karya seni. Komposisi simetris adalah jenis komposisi, di mana elemen visual di sisi kanan dan sisi kiri, yang dipisahkan oleh garis tengah, memiliki mencerminkan satu dengan yang lain.

Komposisi simetris adalah suatu komposisi dalam karya seni ketika elemen visual disusun di kedua sisi garis tengah dengan bobot yang sama. Selain itu dapat dipahami pula bahwa komposisi simetris adalah komposisi yang dapat dianggap sebagai bayangan cermin dari separuh karya seni di separuh lainnya.

Komposisi simetris adalah jenis komposisi yang sulit dicapai secara tidak sengaja. Ketika seniman mencoba menerapkan komposisi simetris ke dalam karya mereka, hal itu dilakukan secara sengaja dan telah direncanakan dengan baik.

4 dari 5 halaman

Tujuan Komposisi Simetris

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, komposisi simetris merupakan jenis komposisi yang cukup populer digunakan seniman ke dalam karya seninya. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa komposisi simetris, di antara nya adalah menciptakan titik fokus, struktur, dan menciptakan dampak emosional.

Menciptakan Titik Fokus

Meskipun komposisi simetris dapat menghilangkan naturalisme atau realisme suatu komposisi, namun komposisi simteris adalah komposisi yang dapat menjadi alat yang efektif untuk mengarahkan mata audiens ke titik fokus tertentu.

Bobo yang seimbang di kedua sisi garis tengah akan lebih sering mengarahkan mata pemirsa ke bagian tengah bingkai, terutama ketika seniman menggunakan garis depan untuk menciptakan keseimbangan simetris.

Struktur

Komposisi simetris adalah jenis komposisi yang perlu diciptakan dengan sengaja dan tepat dalam komposisi. Ketepatan dalam keseimbangan ini dapat menciptakan rasa struktur dan rasa keteraturan. Struktur dan keteraturan ini menjadi alasan utama banyak arsitek mendesain bangunan dengan komposisi simetris.

Efek Emosional

Komposisi simetris tidak hanya diterapkan dalam karya seni rupa atau arsitektur saja, melainkan juga sering diterapkan dalam film. Pada film, komposisi simetris adalah sesuatu yang digunakan untuk membangkitkan emosi tertentu pada penonton.

Aspek kesengajaan dalam komposisi simetris juga dapat mereduksi naturalisme dan realisme dalam sinema. Ini karena komposisi simetris yang sempurna sangat jarang sekali ditemukan di alam.

5 dari 5 halaman

Komposisi Asimetris

Selain komposisi simetris, ada pula komposisi asimetris. Komposisi asimetris merupakan komposisi yang memiliki sifat yang sebaliknya dari komposisi simetris. Jika komposisi simetris adalah komposisi di mana sisi kanan dan kiri yang dipisahkan garis tengah memiliki bobot yang sama, komposisi asimetris memiliki sisi kanan dan kiri yang berbeda.

Komposisi asimetris adalah komposisi yang menunjukan jika objek di kanan, tidak sama dengan objek di sebelah kiri dalam bidang gambar, tetapi akan terlihat seimbang.

Seperti dikutip dari Studiobinder, komposisi asimetris adalah teknik menggunakan elemen visual yang berbeda dengan bobot yang tidak sama di kedua sisi komposisi untuk mencapai rasa keseimbangan.

Rasa keseimbangan dari elemen visual yang berbeda dapat dicapai melalui keputusan yang dibuat oleh seorang seniman seperti di mana mereka memposisikan ruang positif dan negatif, warna yang mereka gunakan di kedua sisi, gaya pencahayaan, atau bahkan tekstur yang mereka buat.

Pada komposisi asimetris, benda diletakkan dalam posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya namun demikian masih tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antarbenda atau objek gambar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.