Sukses

6 Potret Kebersamaan Pandawara Group, 5 Sekawan Peduli Kebersihan Sungai

5 anak muda di balik Pandawara Group yang gemar bikin konten bersih-bersih sungai.

Liputan6.com, Jakarta Sambut tahun baru dengan bersih-bersih sungai, Pandawara Group kembali viral di media sosial. Pandawara group yang terdiri dari 5 sekawan ini memang dikenal gemar bikin konten bersih-bersih sungai. Aksi mulianya banjir pujian dan disebut bisa menjadi inspirasi untuk anak muda lainnya.

Sekolompok pemuda yang bernama Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan dan Raflyi ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Tidak diketahui kapan tepatnya gerakan tersebut bermula, namun Pandawara Group mulai aktif bikin konten bersih-bersih sungai yang menginspirasi sejak bulan Agustus 2022.

Bukan hanya sekadar pertemanan, visi yang sama menyatukan 5 pemuda yang sudah berteman sejak SMA ini. Belum genap setahun aktif bikin konten bersih-bersih sungai, Pandawara Group sudah sangat dikenal masyarakat hingga publik figur bahkan dinobatkan sebagai salah satu TikTok Local Heroes dalam Year on TikTok 2022.

Tidak hanya bagikan momen saat bersih-bersih sungai, Pandawara Group juga sesekali mengingatkan masyarakat untuk lebih menjadi kebersihan lingkungan. Selalu kompak, Pandawara diharapkan bisa konsisten untuk lakukan aksi mulia bersih-bersih sungai.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Pandawara Group, Selasa (3/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Berawal dari punya visi yang sama dan prihatin akan kondisi sungai di Indonesia yang penuh sampah, Pandawara Group terbentuk dan kini jadi inspirasi banyak orang.

3 dari 7 halaman

2. Melihat kekompakan Pandawara Group, tak sedikit netizen yang ingin bergabung dan turut serta bersihkan sungai dengan lima pemuda ini.

4 dari 7 halaman

3. Sepanjang tahun 2022, Pandawara Group ungkap sudah membersihkan 78 sungai, termasuk sungai besar, kecil dan septic tank.

5 dari 7 halaman

4. Bersihkan 78 sungai, total sampah yang telah dikumpulkan Pandawara Group adalah 27 ribu kilogram di dalam 4 ribu trashbag.

6 dari 7 halaman

5. Tidak hanya masyarakat, Pandawara Group sendiri berharap jika mereka bisa konsisten untuk menjalankan aksi mulia bersih-bersih sungai ini.

7 dari 7 halaman

6. Tidak hanya kompak saat bersih-bersih sungai, begini kebersamaan 5 pemuda Pandawara Group di luar aktivitasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.