Sukses

Profil PT Pulau Sambu, Produsen Produk Kelapa Terbesar di Dunia

PT Pulau Sambu sudah menjalankan kegiatan usaha sejak tahun 1967.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pulau Sambu adalah produsen produk kelapa terbesar dan paling terintegrasi di dunia. PT Pulau Sambu menjadi bagian dari SAMBU GROUP, yang terdiri dari PT Pulau Sambu (KUALA ENOK) dan PT Pulau Sambu (GUNTUNG).

PT Pulau Sambu sudah menjalankan kegiatan usaha sejak tahun 1967 dengan memproduksi minyak kelapa, krim santan, dan lainnya. Kini, PT Pulau Sambu telah memproduksi krim santan kelapa dengan kualitas nomor satu.

PT Pulau Sambu didorong oleh keberhasilan krim santan Kara, kemudian memperluas jalur produksinya untuk memproduksi nata de coco, minyak kelapa murni untuk industri farmasi, arang dari tempurung kelapa, air kelapa, dan air minum dengan merek Kara Ases. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Pulau Sambu, sejarah berdiri, visi dan misi, serta kegiatan produksinya, Selasa (3/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Pulau Sambu adalah Produsen Produk Kelapa Terbesar di Dunia

PT Pulau Sambu adalah perusahaan yang awalnya bergerak di bidang pengolahan kelapa, seperti membuat minyak kelapa, krim santan, dan lainnya. PT Pulau Sambu pertama kali didirikan pada tahun 1967 di Guntung, Provinsi Riau. Produk utama PT Pulau Sambu adalah krim santan kelapa dan kelapa parut kering.

Melansir dari situs website resminya, PT Pulau Sambu populer disebut sebagai pemasok kelapa parut untuk industri gula dan cokelat ternama di Eropa, Amerika Utara, Australia, Timur Tengah, dan Tiongkok. Krim santan kelapa dengan merek Kara milik PT Pulau Sambu, kini populer di berbagai pasar di Asia, Australia, dan Eropa.

Produksinya dilakukan dengan menggunakan teknologi Ultra-High Temperature (UHT), krim santan kelapa dalam kemasan dipasarkan dengan merek Kara. Pada waktu itu, krim santan kelapa dalam kemasan merupakan hal yang baru, dan KARA menjadi kebanggaan PT Pulau Sambu sebagai jenis produk yang baru di dunia.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, sebelum produksi, kelapa terbaik disaring, dan dipilih untuk menghasilkan krim santan kelapa bermutu tinggi. Ini sekaligus memproduksi kelapa parut kering dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi. Salah satu kunci mutu terbaik produk kelapa parut PT Pulau Sambu adalah pengering tiga tahap Proctor and Schwartz, yang dibuat secara khusus.

Kini, PT Pulau Sambu telah memproduksi krim santan kelapa dengan kualitas nomor satu. Didorong oleh keberhasilan krim santan Kara, PT Pulau Sambu memperluas jalur produksinya untuk memproduksi nata de coco, minyak kelapa murni untuk industri farmasi, arang dari tempurung kelapa, air kelapa, dan air minum dengan merek Kara Ases.

Pada tahun 2001, PT Pulau Sambu mulai memproduksi Bubuk Krim Santan Kelapa kering secara komersial. Inovasi terus dilakukan, ini yang membuat PT Pulau Sambu menjadi produsen produk kelapa terbesar dan paling terintegrasi di seluruh dunia. 

 

3 dari 3 halaman

Visi, Misi, dan Nilai-Nilai PT Pulau Sambu

PT Pulau Sambu dalam menjalankan kegiatan usahanya, memegang visi dan misi khusus. Perusahaan ini pun memegang teguh nilai-nilai yang menjadikannyaprodusen produk kelapa terbesar dan paling terintegrasi di seluruh dunia. Ini penjelasan visi, misi, dan nilai-nilai PT Pulau Sambu melansir dari situs website resminya:

Visi PT Pulau Sambu

PT Pulau Sambu berkomitmen untuk mempertahankan dan melindungi kepemimpinan pasar dalam industri kelapa dunia melalui inovasi yang didorong oleh pasar dan keunggulan produk yang diproduksi. Sekaligus mengoptimalkan manfaat yang seimbang dan berkelanjutan dari semua pemangku kepentingan yang terlibat, berkomitmen untuk mengembangkan masyarakat di berbagai tempat operasi bisnis.

Misi PT Pulau Sambu

1. PT Pulau Sambu terlibat dalam inovasi yang didorong oleh pasar secara terus menerus, di mana pun dan kapan pun peluang tersebut muncul, baik di lingkungan internal maupun eksternal.

2. PT Pulau Sambu memastikan keunggulan produk melalui jaminan standar mutu produk yang tertinggi.

3. PT Pulau Sambu mengembangkan komunitas dan masyarakat di tempat perusahaan beroperasi, demi memastikan manfaat dan kolaborasi jangka panjang dengan SAMBU GROUP.

4. PT Pulau Sambu memastikan pencapaian yang lebih baik dari semua pemangku kepentingan secara berimbang dan berkelanjutan.

Nilai-Nilai PT Pulau Sambu

1. Integritas

PT Pulau Sambu percaya bahwa integritas dan etika individu dan organisasi tidak dapat dinegosiasikan dalam upaya profesional kami.

2. Kepeloporan

PT Pulau Sambu percaya menjadi pelopor dan tolak ukur industri kelapa. Karya PT Pulau Sambu menjadi teladan bagi para pemain industri kelapa dunia lainnya.

3. Dorongan Pasar

PT Pulau Sambu percaya akan dorongan pasar bagi inovasi, filosofi pelaksanaan, dan upaya perbaikan berkelanjutan.

4. Inovasi

Inovasi secara terus menerus ada di dalam DNA PT Pulau Sambu. PT Pulau Sambu percaya bahwa inilah satu-satunya cara untuk mempertahankan kepemimpinan pasar.

5. Keberlanjutan

PT Pulau Sambu percaya pada pendekatan yang berkelanjutan dan seimbang untuk mendukung visi dan tujuan perusahaan. PT Pulau Sambu percaya pada keberlanjutan lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi dalam mewujudkan visi dan tujuan perusahaan.

6. Keterlibatan Sosial

PT Pulau Sambu percaya pada filosofi keterlibatan dan pendekatan sosial dalam menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan seimbang. Perusahaan percaya bahwa kemajuan perusahaan tidak bisa terjadi tanpa adanya kemajuan masyarakat di sekitar. PT Pulau Sambu percaya akan panduan semangat dan sikap penatagunaan masyarakat demi memastikan keberlanjutan sosial dalam mewujudkan visi dan tujuan perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.