Sukses

Profil PT Sansan Saudaratex Jaya, Perusahaan Tekstil dan Garmen di Indonesia

PT Sansan Saudaratex Jaya menjalankan kegiatan usaha sudah sejak tahun 1960-an.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sansan Saudaratex Jaya adalah perusahaan asal Indonesia yang bergerak di bidang industri tekstil dan garmen. PT Sansan Saudaratex Jaya sudah memproduksi berbagai macam pakaian dan mengekspornya ke lebih dari 20 negara di dunia.

Melansir dari situs website resminya, PT Sansan Saudaratex Jaya bisa memproduksi berbagai pakaian mulai dari seragam militer, seragam kantor, celana chino, seragam kesehatan, maskapai, hingga seragam sekolah. Diungkap, PT Sansan Saudaratex Jaya mampu menghasilkan kain pakaian hingga mencapai lebih dari 2 juta meter per bulannya.

PT Sansan Saudaratex Jaya adalah perusahaan tekstil yang sudah mengantongi sertifikat kualitas standard yang ditetapkan oleh AATC, ISO, dan Oeko-Tex. Maka dari itu, perusahaan ini telah lulus uji atas bahan-bahan tekstil yang aman secara ekologis.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Sansan Saudaratex Jaya, sejarah berdiri, dan kegiatan usahanya, Rabu (4/1/2023).

2 dari 3 halaman

PT Sansan Saudaratex Jaya adalah Perusahaan Tekstil dan Garmen Indonesia

PT Sansan Saudaratex Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi tekstil dan penyedia jasa garmen. PT Sansan Saudaratex Jaya menjalankan kegiatan usaha sudah sejak tahun 1960-an. Kini, PT Sansan Saudaratex Jaya sudah berkembang pesat dengan memproduksi banyak pakaian dengan berbagai macam model.

Melansir dari website resminya, PT Sansan Saudaratex Jaya telah memproduksi garmen berkualitas tinggi untuk Pasar Global, dengan harga yang sangat kompetitif. PT Sansan Saudaratex Jaya menjalankan kegiatan usaha dengan memproduksi berbagai macam pakaian dalam berbagai model, diantaranya adalah pakaian pria, wanita, anak-anak dan bayi, dengan total kapasitas mencapai 2.550.000 potong per bulan.

PT Sansan Saudaratex Jaya sudah mengantongi sertifikat kualitas standard yang ditetapkan oleh AATC, ISO, dan Oeko-Tex. Maka dari itu, perusahaan ini telah lulus uji atas bahan-bahan tekstil yang aman secara ekologis. Ini yang menjamin bahan-bahan tekstil yang tersedia bebas bahan kimia berbahaya seperti formaldehida, logam berat, hingga pestisida.

Selain itu, PT Sansan Saudaratex Jaya telah melalui lulus uji laboratorium yang memenuhi standar laboratorium ITS, MTL, hingga ITT. Perusahaan ini telah mengekspor produk ke 20 lebih negara.

Dalam menjalankan kegiatan produksinya, PT Sansan Saudaratex Jaya juga menyediakan bahan yang sangat beragam dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, di antaranya Katun Twill, Katun Satin, Poplin, Polyester, Oxford Chambray higga Spandex. 

Prinsip yang dipegang PT Sansan Saudaratex Jaya adalah integritas, konsistensi, kerjasama dengan sejumlah mitra, mengedepankan kualitas, serta sumber daya manusia yang memadai. Menghimpun data dari sumber yang sama, saat ini jumlah pegawai PT Sansan Saudaratex Jaya mencapai 10.000 orang dan mampu menghasilkan kain pakaian hingga mencapai lebih dari 2 juta meter per bulannya.

 

 

3 dari 3 halaman

Sejarah PT Sansan Saudaratex Jaya dari Tahun ke Tahun

PT Sansan Saudaratex Jaya adalah perusahaan tekstil yang sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Melansir dari situs website resminya, begini sejarah PT Sansan Saudaratex Jaya dari tahun ke tahun:

1. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2019

Ekspansi dilakukan dan didirikanlah unit Produksi Sansan 8 yang berlokasi di Purwokerto. Sansan 8 berdiri di Eks Pabrik Gula Kalibagor.  

2. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2017

Sansan 12 PT.Sansan Saudaratex Jaya melakukan ekspansi kembali dengan membuka unit Produksi baru. Sansan 12 terletak di kota Salatiga. 

3. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2014

Sansan 9 Sansan melakukan expansi dengan membuka Sansan 9 di daerah Tasikmalaya  

4. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2013

Washing Unit Sansan melakukan expansi dengan membuka Washing unit. 

5. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2012

Sansan 6 Sansan melakukan expansi dengan membuka Sansan 6 berdiri di daerah Pesantren-Cimahi.  

6. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2007

Embroidery Unit Sansan melakukan expansi dengan membuka Embroidery unit, karena dinilai dapat membantu Produksi. 

7. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 2006

Sansan 5 SS5 berdiri secara resmi, sebelumnya adalah Sandang Mas  

8. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1998

Sansan 2 Sansan berkerjasama dengan Pihak Chori-Jepang, dengan membuka Sansan 2 beroperasi di Cibereum-Cimahi. Sering disebut juga Sansan Chori. 

9. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1997

Sansan 3 Sansan melakukan expansi dengan membuka Sansan 3 di Semarang.  

10. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1987

Sansan 1 Pada tahun 1987 didirikan pabrik Garment yang terpisah dari pabrik tekstil. Pabrik ini secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 14 juli 1987. Diresmikan oleh Bapak Menteri Perindustrian Ir. Hartarto. Disebut juga dengan Sansan 1.

Tujuan pendirian pabrik garment ini adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan, menyerap hasil produksi tekstil dari pabrik sendiri, dan juga membantu perusahaan dalam menanggulangi dampak negative dari adanya devaluasi. 

11. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1985

PT Sansan Saudaratex Jaya Tahun 1985, dihadapan Notaris Lin Tanudirdja, SH. Perusahaan keluarga ini dijadikan perusahaan yang berbentuk Perseroaan Terbatas berdasarkan akte notaris No. 105/25 Maret 1985 dengan nama PT. Sansan Saudaratex Jaya.  

12. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1967

Awal Mula Di Cibaligo Pada tahun 1967 terjadi pemecahan dalam partnership dan pemindahan lokasi pabrik. Lokasi yang baru ada di jalan cibaligo no 151. 

13. Perjalanan PT Sansan Saudaratex Jaya tahun 1960

Sansan Pada awalnya PT Sansan Saudaratex Jaya adalah sebuah perusahaan yang berbentuk firma (partnership) dan hanya bergerak di bidang industry tekstil. Perusahaan mulai beroperasai pada tahun 1960 dengan didirikan pabrik tekstil di jalan Cijerah. Hanya memiliki divisi tenun saja. Kain putih hasil tenun yg biasanya disebut grey ini langsung dijual kepasaran tanpa dicelup dan disempurnakan.