Sukses

Otodidak adalah Mendapatkan Keahlian dengan Belajar Sendiri, Pahami Caranya

Otodidak adalah orang yang pandai dengan belajar sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Otodidak adalah istilah yang mungkin sudah sering kamu dengarkan. Namun, sebagian orang masih belum memahami makna dari kata ini. Otodidak adalah istilah yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dan caranya belajar.

Otodidak adalah orang yang pandai dengan belajar sendiri. Seseorang yang otodidak berarti dia belajar sendiri tentang suatu keahlian atau kemampuan dalam suatu bidang. Dia belajar tanpa bantuan dari guru ataupun mentor.

Otodidak biasanya terjadi pada orang-orang yang berada di dunia seni, seperti musik, tari, melukis, seni rupa, dan lain-lain. Sementara itu, pembelajaran secara otodidak juga kerap kali terjadi pada orang-orang yang berfokus di bidang sastra.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/1/2023) tentang otodidak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode Pembelajaran

Sebelum memahami otodidak adalah salah satu metode pembelajaran, kamu perlu mengenali apa saja metode belajar yang bisa diterapkan. Ilmu pengetahuan dapat dipelajari melalui berbagai cara atau metode. Inti dari mempelajari ilmu pengetahuan adalah untuk mengetahui sesuatu yang belum jelas menjadi paham. Inti dari belajar adalah mempelajari hal-hal yang buruk menjadi baik. Melatih yang belum dapat dikerjakan menjadi terampil. Sementara itu, jalan yang paling banyak ditempuh untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah melalui pendidikan formal.

Dunia pendidikan formal telah mempunyai sistem pembelajaran yang terstruktur. Hal itu berarti bahwa untuk mempelajari ilmu pengetahuan seseorang diarahkan melalui suatu sistem pendidikan yang telah ditentukan. Pendidikan formal dibagi dalam beberapa jenjang pendidikan antara lain pendidikan dasar, menengah, dan tingkat sarjana. Selain secara formal, ilmu pengetahuan dan keterampilan dapat juga dipelajari secara non formal.

Salah satu cara mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan non formal adalah belajar sendiri atau sering disebut otodidak. Otodidak adalah pendidikan bagi diri sendiri atau belajar sendiri. Seorang otodidak adalah orang yang mempunyai antusiasme untuk belajar sendiri dan biasanya mempunyai motivasi yang tinggi, kadang-kadang harus mencari pokok persoalan melebihi subjek utamanya dalam pendidikan konvensional. Otodidak menekankan perwujudan pendidikan yang sangat tidak biasa, karena peserta didik harus mengembangkan keterampilan tanpa dorongan dari luar. Belajar secara otodidak berarti tanpa dorongan atau bimbingan dari luar, sehingga penguasaan dari hal-hal yang dipelajari harus dilakukan sendiri.

3 dari 4 halaman

Otodidak adalah

Otodidak adalah belajar sendiri tanpa bantuan orang lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), otodidak adalah bentuk tidak baku dari autodidak, yaitu orang yang mendapat keahlian dengan belajar sendiri. Otodidak adalah orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Otodidak adalah orang yang mendapatkan pengetahuan dengan belajar sendiri.

Otodidak adalah seseorang yang biasanya menggeluti bidang tertentu, seperti bidang seni, sastra, kerajinan tangan, hingga arsitektur. Hal ini juga bisa terjadi kepada orang-orang yang tertarik kepada suatu bidang yang spesifik, sehingga pendidikan yang sesungguhnya tidak ada.

Otodidak adalah proses bagi orang yang belajar dengan menggunakan cara-caranya sendiri. Oto (auto) berarti sendiri, didak (didaktik) berarti belajar. Istilah lain dari otodidak adalah self-taught atau mengajar diri sendiri. Dengan demikian makna otodidak adalah belajar sendiri tanpa bimbingan guru.

Dalam perspektif belajar sendiri, bisa dipastikan segala daya upaya digunakan untuk dapat mengetahui hal yang ingin dipelajari. Dengan segala daya upaya inilah orang akan menggali atau mengeksplorasi segala kemungkinan dan potensi diri dalam rangka memecahkan persoalan atau masalah-masalah yang dihadapinya.

4 dari 4 halaman

Cara Belajar Otodidak

Fokus pada Satu Bidang

Cara belajar otodidak adalah dengan fokus pada satu bidang saja. Dengan fokus terhadap satu bidang, kamu akan lebih bersemangat dalam belajat. Kamu dapat memilih bidang yang paling kamu sukai.

Buat Strategi Belajar

Setelah menentukan fokus, cara belajar otodidak adalah dengan membuat strategi belajar. Pertama-tama kamu harus melakukan riset terlebih dahulu tentang pengalaman orang-orang yang pernah mengambil jalan yang sedang kamu tekuni. Kemudian, buat strategi dan susun rencana jangka panhang untuk belajar secara otodidak.

Buat Jadwal Belajar

Setelah membuat strategi, kamu tentunya juga perlu membuat jadwal agar pembelajaran secara otodidak tidak sia-sia. Membuat jadwal dapat membuat rencanamu berjalan lancar dan efektif. Kamu bisa membuat jadwal harian, mingguan, hingga bulanan. Dengan begitu waktumu akan dimanfaakan dengan efektif.

Belajar dari Berbagai Sumber

Otodidak adalah belajar sendiri, sehingga kamu membutuhkan beragam sumber dalam mempelajari sesuatu. Kamu bisa belajar dari internet, buku, seminar, hingga komunitas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan sumber yang kamu gunakan agar tetap relevan dengan keinginan.

Membuat Catatan

Membuat catatan juga sangat penting dalam pembelajaran otodidak. Hal ini tentunya dilakukan untuk memaksimalkan hasil pembelajaran kamu. Kamu bisa mencatat segala hal yang penting dalam sebuah buku khusus pembelajaran dari referensi yang kamu baca.

Praktikkan Ilmu

Otodidak adalah pembelajaran yang memerlukan praktik secara langsung. Jadi, kamu tidak hanya belajar dari referensi buku saja, namun juga memperluas pengalaman dengan mempraktikkannya. Misalnya, jika kamu belajar tentang cara bermain gitar, kamu harus menerapkan langlah-langkah yang ada para referensi. Misalnya kamu mencoba memainkan sebuah lagu dengan kunci yang baru saja kamu pelajari.

Memperluas Pengetahuan

Cara belajar otodidak adalah dengan selalu memperluas pengetahuan. Kamu bisa memperluas pembelajaran dengan belajar hal-hal baru yang masih berkaitan dengan bidang yang sedang kamu tekuni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.