Sukses

10 Poin Aliran Hakikinya Hakiki yang Ditetapkan Sesat Menurut MUI, Mengaku Bertemu Allah dan Nabi

Aliran bernama Hakikinya Hakiki dianggap sesat dan menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar menetapkan aliran bernama Hakikinya Hakiki adalah sesat dan menyesatkan. Ada sepuluh poin tentang Aliran Hakikinya Hakiki yang menurut MUI Kota Makassar dianggap berlawanan dengan syariat Islam.

Poin tersebut di antaranya adalah aliran Hakikinya Hakiki mengaku sudah bertemu dengan Allah SWT dan menyebut wujudnya manusia. Sementara itu, mereka mengaku sudah bertemu dengan Nabi dan malaikat Jibril.

Aliran Hakikinya Hakiki pun mengaku menyembah guru aliran ini dan bukan kepada Allah SWT. Akan tetapi, meski sesembahannya bukan Allah mereka tetap berdoa atau meminta kepada Allah SWT. Masih ada sejumlah poin aliran Hakikinya Hakiki yang dianggap sesat.

Hal inilah yang membuat MUI Kota Makassar meresponnya dengan merilis maklumat. Maklumat ini tertuang dalam Maklumat-01/MUI. MKS/XII/2022 tentang Ajaran Hakikinya Hakiki. Adanya maklumat ini diharapkan MUI, sebagai rekomendasi kepada yang berwenang untuk melakukan pembinaan hingga penindakan jika dibutuhkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sepuluh poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki menurut MUI, Jumat (6/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Poin Kesesatan Aliran Hakikinya Hakiki menurut MUI

Aliran Hakikinya Hakiki mulai diketahui muncul di Sulawesi Selatan, yang dipublikasikan pertama kali melalui akun Facebook Firdakull pada 9 Desember 2022 yang berdomisili di Makassar.

Dari kemunculan aliran Hakikinya Hakiki ini, MUI Kota Makassar langsung merilis maklumat yang menyatakannya sebagai aliran sesat. Maklumat ini tertuang dalam Maklumat-01/MUI. MKS/XII/2022 tentang Ajaran Hakikinya Hakiki.

Apa saja poin-poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki tersebut? Ini penjelasan dari MUI Sulsel dan sumber lainnya:

1. Mengakui Allah sebagai Manusia

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah mengakui bahwa Allah sebagai manusia. Salah satu pengikutnya mengatakan pernah bertemu langsung dengan Allah dan sebenarnya Allah itu manusia.

2. Mempercayai Rukun Islam Ada 13

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah mereka mempercayai bahwa rukun Islam yang sebenarnya ada tiga belas (13).

3. Melakukan Haji Tanpa ke Mekkah

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah salah satu pengikutnya mengaku sudah melakukan ibadah haji berkali-kali walaupun belum pernah berhaji ke Mekkah. Ini karena ibadah hajinya sudah dihajikan oleh gurunya secara hakiki.

4. Mengaku Bertemu dengan Sawerigading

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah ada yang mengaku sudah pernah bertemu dengan Sawerigading yang dikenal sebagai seorang putera raja Luwu dari Kerajaan Luwu Purba, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Akan tetapi, pengikut Hakikinya Hakiki yang mengaku pernah bertemu, mengucapkannya dengan salah, yakni Sarewigading.

5. Mengaku Bertemu Nabi Muhammad SAW Secara Langsung

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah menjamin surga bagi para pengikutnya setelah gurunya mengaku sudah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Pertemuan dengan Rasulullah ini pun tidak melalui mimpi tetapi secara langsung.

6. Menyembah Guru Tetapi Berdoa kepada Allah SWT

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah mereka menyembah guru aliran ini bukan kepada Allah. Akan tetapi, meski sesembahannya bukan Allah mereka tetap berdoa atau meminta kepada Allah SWT.

7. Menunaikan Sholat dengan Niat Berbeda

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah mereka mengaku menunaikan sholat dengan niat yang berbeda. Niat sholat berbeda seperti aliran ini menyalahi syariat Islam.

8. Mengaku Bertemu dengan Malaikat Jibril

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah mereka mengaku telah bertemu dengan malaikat Jibril yang membuat pengikutnya akan dijamin surga jika mengikuti ajarannya.

9. Mengobati Orang Sakit dengan Kain Kafan

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah pengikutnya mengaku belajar Hakiki untuk menjadi suci. Adanya kesucian ini, dipercaya bisa membuat mereka mampu menyembuhkan atau mengobati orang sakit dengan media atau wadah kain kafan.

10. Masuk Surga dengan Mahar Emas 5 Gram

Poin kesesatan aliran Hakikinya Hakiki adalah ada ajaran yang mengatakan bahwa syarat masuk surga yang lain harus dengan mahar emas 5 gram.

3 dari 3 halaman

Isi Maklumat MUI Kota Makassar dan Penjelasannya

MUI Kota Makassar merilis maklumat yang berisikan 10 poin bagi suatu ideologi yang dianggap merusak orisinilitas agama Islam. Ia mengaku 10 poin maklumat MUI Makassar tersebut sudah sesuai dengan Rakernas MUI Tahun 2007.

"MUI Makassar mencermati aliran Hakikinya Hakiki sudah meresahkan umat Islam di Kota Makassar. MUI Makassar melihat ada beberapa poin kesesatan pada ajaran aliran Hakikinya Hakiki," ujar Sekretaris MUI Sulawesi Selatan, KH Muammar Bakry melalui keterangan tertulisnya, Minggu (1/1/2023).

Ia memaparkan kesesatan ajaran aliran Hakikinya Hakiki yakni menjamin kepada pengikutnya masuk surga oleh Karaengnya. Selain itu, aliran Hakikinya Hakiki menyalahi rukun iman yang ditetapkan Al-Qur’an dalam surah An-nisa ayat 59.

"Maklumat ini sifatnya rekomendasi kepada yang berwenang untuk melakukan pembinaan hingga penindakan jika dibutuhkan. Selain itu, dengan maklumat ini diharapkan ada pencegahan yang maksimal agar warga tidak mudah terpengaruh dengan ajaran yang merusak Akidah Islam," ujarnya.

Tak hanya itu, niat sholat aliran Hakikinya Hakiki bertentangan ajaran Islam yang disepakati oleh jumhur ulama. Dalam maklumat tersebut juga diharapkan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk melakukan pembinaan.

"Berdasarkan poin-poin yang disebutkan di atas, MUI Kota Makassar menyatakan kesesatan aliran Hakikinya Hakiki," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.