Sukses

Profil PT Garena Indonesia, Perusahaan yang Bergerak di Bidang Hiburan

PT Garena Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2009.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garena Indonesia adalah penyedia platform terkemuka untuk personal computer atau PC online dan mobile konten digital sejak tahun 2009. PT Garena Indonesia pun telah berhasil meluncurkan banyak permainan atau game online yang populer.

Dalam jurnal penelitian berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Game Online PT. Garena Indonesia dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen di Kota Pekanbaru oleh Yusman Mahyudi, dijelaskan PT Garena Indonesia adalah satu dari sekian banyak publisher game online yang ada di Indonesia selain Lyto, Gemschool, dan Megaxus.

Permainan yang diciptakan PT Garena Indonesia adalah AOV (Arena of Valor), Mobile Call of Duty, Garena Contra Returns, FAIRY TAIL: Forces Unite!, Garena Free Fire, dan Garena Speed Drifters. Di antara enam permainan tersebut, Garena Free Fire masuk kategori game online yang paling banyak diunduh pengguna di seluruh dunia.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Garena Indonesia, sejarah berdiri, dan kegiatan usahanya, Rabu (11/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Garena Indonesia adalah Perusahaan yang Bergerak di Bidang Hiburan

PT Garena Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan. Kegiatan usaha PT Garena Indonesia adalah penyedia platform terkemuka untuk personal computer atau PC online dan mobile konten digital. PT Garena Indonesia sudah menjalankan kegiatan usahanya sejak tahun 2009.

Melansir dari situs website resminya, PT Garena Indonesia saat ini memiliki 10 karyawan dan pusatnya di Jakarta Barat. Sementara itu, kantor pusat utama Garena ada di Singapura. PT Garena Indonesia pun telah berhasil meluncurkan banyak permainan atau game online yang populer.

Permainan yang diciptakan PT Garena Indonesia adalah AOV (Arena of Valor), Mobile Call of Duty, Garena Contra Returns, FAIRY TAIL: Forces Unite!, Garena Free Fire, dan Garena Speed Drifters. Di antara enam permainan tersebut, Garena Free Fire masuk kategori game online yang paling banyak diunduh pengguna di seluruh dunia.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li dan teman-temannya yang pada saat itu begitu bersemangat berwirausaha mengembangkan perusahaan besar. Nama "Garena" ini plesetan dari kata "arena global" yang mengacu pada cita-citanya yang lebih luas untuk menghubungkan orang melalui Internet.

Kemudian, pada tahun 2010, PT Garena Indonesia meluncurkan produk pertama yang disebut Garena +, sebuah platform online bagi orang untuk bertemu, chatting, dan bermain game dengan satu sama lain. Permainan ini bekerja dengan menggabungkan alat komunikasi dengan konten digital yang menarik.

Dalam jurnal penelitian berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Game Online PT. Garena Indonesia dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen di Kota Pekanbaru oleh Yusman Mahyudi, dijelaskan PT Garena Indonesia adalah satu dari sekian banyak publisher game online yang ada di Indonesia selain Lyto, Gemschool, dan Megaxus.

Sejak pendiriannya, Garena telah berkembang pesat dan tumbuh menjadi sebuah penyedia platform yang terkemuka untuk hiburan dan komunikasi online dan mobile di seluruh penjuru AsiaTengara, Taiwan, dan Hong Kong, yang melayani jutaan pengguna.

PT Garena Indonesia saat ini menyediakan khususnya tiga layanan utama. Ada "Esports" sebagai perintis dan penyelenggara turnamen esports sebagai wadah kompetitif untuk menyalurkan minat dan bakat para gamers mulai dari amatir hingga profesional.

Lalu, menciptakan "Game" yang merupakan penyedia platform hiburan digital berupa berbagai game mobile dan PC terkemuka yang dapat dimainkan secara gratis. Terakhir, ada "Komunitas" sebagai penyedia wadah komunikasi untuk komunitas gamers di seluruh dunia, siapa pun dan di mana pun mereka berada.

3 dari 3 halaman

Daftar Permainan PT Garena Indonesia dan Penjelasannya

Permainan yang diciptakan PT Garena Indonesia melansir dari situs website resminya, berupa AOV (Arena of Valor), Mobile Call of Duty, Garena Contra Returns, FAIRY TAIL: Forces Unite!, Garena Free Fire, dan Garena Speed Drifters. Di antara enam permainan tersebut, Garena Free Fire masuk kategori game online yang paling banyak diundur pengguna di seluruh dunia. 

Ini daftar permainan PT Garena Indonesia yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. AOV (Arena of Valor)

Permainan PT Garena Indonesia yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini sempat dipertandingkan di Asian Games 2018. Arena of Valor sendiri mengusung permainan tim dengan anggota lima player per tim. Tantangan tiap tim adalah menghancurkan markas lawan dengan terlebih dulu menyerang bagian menara pertahanannya.

Pemain bisa memilih karakter dengan berbagai macam kekuatan. Ada lebih dari 50 hero yang bisa dipilih, dari Superman hingga hero asli Indonesia seperti Wiro Sableng. Setiap hero punya keunikan tersendiri dalam perannya di tim yang dibangun.

Misalnya, hero seperti Maloch dan Wiro Sableng, cocok sebagai seorang tanker yang menjadi tameng tim. Kemampuan mengombinasikan berbagai kekuatan hero tersebut bakal menentukan hasil pertempuran para pemain.

2. Mobile Call of Duty

Beberapa modus favorit di Call of Duty: Mobile saat meluncur nanti adalah Team Deathmatch, Search and Destroy, dan Free-For-All. Semua modus tersebut akan bisa dimainkan di peta populer seperti Nuketown, Crash, Hijacked.

Pemain yang berhasil tampil dengan baik dalam pertandingan multiplayer akan berkesempatan untuk membuka karakter klasik Call of Duty seperti John "Soap" MacTavish dan Simon "Ghost" Riley dari seri Modern Warfare, dan Alex Mason dari seri Black Ops.

Seperti gim Battle Royale lain, Call of Duty: Mobile akan bisa mengakomodasi hingga seratus pemain. Mereka akan berjuang untuk hidup di kawasan yang didesain eksklusif menampilkan lokasi dari seluruh franchise Call of Duty dalam solo, tim duo, atau four-person.

3. Garena Contra Returns

Garena Contra Returns adalah game bergenre action yang dapat diunduh secara gratis di Android maupun iOS. Game ini pertama kali rilis pada September 2018.

Ini jenis game yang membutuhkan refleks cepat dan kesabaran baja untuk mengalahkan para musuh, menguji batas kemampuan lari dan menembak para pemain. Tanpa menghilangkan gaya classicnya, model permainan side-scroller tetap akan dihadirkan.

Petualangan para karakter juga dilengkapi dengan skill-skill unik dan lebih dari 100 item senjata  tersedia yang dapat pemain modifikasi dan gunakan di dalam permainan.

4. FAIRY TAIL: Forces Unite!

Pemain FAIRY TAIL: Forces Unite! bisa secara langsung menjadi bagian dari petualangan Natsu, Lucy, dan kawan-kawan yang diadaptasi langsung dari komik populer FAIRY TAIL dan Anime aslinya.

5. Garena Free Fire

Garena Free Fire atau FF masuk kategori game Battle Royale yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio. Game ini diterbitkan oleh Garena untuk platform mobile Android dan iOS. Pemain game bebas memilih dari mana ingin memulai permainan, meningkatkan peluang bertahan hidup dengan membunuh orang lain, hingga memilih kendaraan.

6. Garena Speed Drifters

Ini sebuah game balapan yang dimainkan dengan drift melawan pemain lain secara online dengan Item mode, Speed Mode, dan Ranked Mode. Speed Drifters memiliki tampilan grafis 3D yang keren. Medan permainan Speed Drifters tampil menawan dengan boost dan jump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.