Sukses

Nerd Defense, Strategi Pakai Kacamata Selama Persidangan yang Dilakukan Terdakwa

Pengertian nerd defense dan bagaimana nerd defense dapat mempengaruhi suatu persidangan.

Liputan6.com, Jakarta Nerd defense adalah istilah dari teknik atau strategi yang digunakan seseorang untuk membela diri dengan menampilkan pribadi yang tidak berbahaya seperti kutu buku atau nerd. Nerd defense biasa digunakan oleh terdakwa di persidangan.

Banyak studi yang juga telah dilakukan, untuk mengetahui efek kacamata yang digunakan oleh para terdakwa dalam persidangan mereka. Dimana ditemukan bahwa strategi ini dapat membuat mereka terlihat seperti orang yang tidak berbahaya, yang kemudian disebut dengan istilah nerd defense.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (11/1/2023) pengertian nerd defense dan bagaimana nerd defense dapat mempengaruhi suatu persidangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Nerd Defense

Dilansir dari herrethlaw.com, umumnya sebuah kasus sudah bisa dikatakan buruk jika jaksa mendapat kesan yang salah tentang pelaku yang sedang mereka sidang. Sehingga umumnya pengacara akan dengan hati-hati menginstruksikan kliennya untuk tetap terlibat selama proses persidangan yang panjang. 

Mereka umumnya akan menyarankan agar terdakwa mencorat-coret sesuatu di notepad sehingga terlihat seperti sedang mencatat. Hal ini karena selama persidangan, penampilan menjadi salah satu hal yang penting dan diperhatikan. Terkadang, hal itu sama pentingnya dengan bukti atau argumen hukum dalam kasus tersebut. 

Di situlah Nerd Defense berperan. Dimana ada bukti ilmiah bahwa jaksa dan hakim memiliki pendapat yang lebih baik terhadap terdakwa yang memakai kacamata. Nerd defense dapat dimasukan kedalam kategori taktik kamuflase yang membuat terdakwa terlihat tidak terlalu berbahaya selama persidangan.

Jadi Nerd defense adalah istilah dari teknik atau strategi yang digunakan oleh seseorang yang menjadi terdakwa dalam suatu kasus, dengan menampilkan pribadi yang tidak berbahaya seperti kutu buku atau nerd, dengan tujuan untuk membela dirinya.

3 dari 3 halaman

Apakah Nerd Defense Benar-Benar Bekerja?

Dalam beberapa situasi, efek Nerd Defense agak minim. Kacamata tidak membuat banyak perbedaan dalam kasus kriminal kerah putih. Itu mungkin karena jaksa dan hakim sudah mengharapkan para terdakwa ini untuk terlihat seperti kutu buku. Tetapi dalam kasus lain, Nerd Defense bisa memberi efek yang bagus.

Dalam banyak hal, Nerd Defense adalah perpanjangan dari taktik kamuflase dimana terdakwa akan berpenampilan untuk terlihat sebagai orang yang lebih baik atau tidak berbahaya. Penampilan adalah hal yang penting. Jadi biasanya para terdakwa akan diinstruksikan untuk berpakaian ke pengadilan seperti mereka akan berpakaian ke tempat ibadah. 

Dilansir dari Dailymail.com, nyatanya banyak juga hakim yang telah mengecam penggunaan kacamata selama persidangan. Hal tersebut karena pada beberapa kasus, penggunaan kacamata dengan bingkai tebal untuk tampil di pengadilan sudah menjadi tren di kalangan terdakwa agar terlihat tidak berbahaya dan cerdas.

Salah satu kasus yang dikenal adalah kasus yang terjadi pada pada lima pria di Washington DC. Dimana mereka merupakan terdakwa dalam kasus pembunuhan tingkat pertama pada Maret 2010 lalu. Kelima orang ini dengan kompak menggunakan kacamata berbingkai besar, padahal diketahui bahwa kelimanya tidak memiliki masalah penglihatan sama sekali.

Studi lain juga membuktikan bahwa penampilan dapat membuat seseorang tidak terlihat seperti penjahat. Para peneliti dalam studi tersebut menyatakan bahwa terdakwa yang memakai kacamata akan dianggap lebih cerdas, lebih jujur dan tidak terlalu mengancam daripada mereka yang tidak menggunakan kacamata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.