Sukses

PT Kobe Boga Utama, Produsen Tepung Bumbu Ternama Asli Indonesia

PT Kobe Boga Utama merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bahan makanan siap pakai yang berawal dari industri rumahan di Semarang.

Liputan6.com, Jakarta Banyak perusahaan yang bergerak di bidang kuliner bermula dari industri rumahan. PT Kobe Boga Utama merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bahan makanan siap pakai yang berawal dari industri rumahan di Semarang. Salah satu produknya yang terkenal adalah tepung bumbu. Saat ini produk Kobe dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat perbelanjaan mulai dari pasar tradisional hingga pasar online.

Meski bukan satu-satunya perusahaan yang menjadi produsen bahan makanan, PT Kobe Boga Utama membuktikan dirinya mampu bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Bahkan produk Kobe mampu bersaing dengan produk dari luar negeri.

Bagi PT Kobe Boga Utama, makanan adalah sumber semangat perusahaan. Inovasi menjadi pilar bisnis yang dijalankan dan kualitas menjadi landasan dalam kegiatan produksi. Tujuan utama dari kegiatan bisnis PT Kobe Boga Utama adalah kepuasan konsumennya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang bisnis PT Kobe Boga Utama yang dilansir dari laman resmi perusahaan. Kamis (12/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan PT Kobe Boga Utama

PT Kobe Boga Utama didirikan pasangan suami istri Hestia Utomo dan Sarwo Utomo pada tahun 1979. Kobe memulai perjalanan usahanya sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertama yang diluncurkan adalah Tepung Bumbu yang menjadi tepung bumbu siap pakai pertama di Indonesia. 

Setelah mengawali eksistensinya sebagai pelopor tepung bumbu siap pakai, prusahaan melakukan berbagai inovasi untuk mengembangakan bisnis yang dikerjakan. Dengan berfokus pada hasil kualitas produk yang terbaik untuk konsumen ritel Indonesia, usaha PT Kobe Boga Utama berhasil berkembang dengan cepat.

Pada tahun 1995, pabrik Kobe dipindahkan ke kawasan industri di Tangerang sebagai upaya pengembangan bisnis. Pada tahun yang sama diluncurkan merek khusus ekspor bernama Bali Kitchen, yang merupakan serangkaian produk lengkap dengan konsep kuliner tradisional Indonesia. Produk Bali Kitchen meliputi aneka rempah, bumbu, saus, mie, acar dan makanan pelengkap khas Indonesia lainnya.

Pada tahun 2006, Kobe meluncurkan divisi Food Service untuk melayani para pelanggan industri yang bergerak dalam bidang makanan dan retail. Kobe menawarkan solusi produk maupun kebutuhan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Pelanggan industri Kobe saat ini meliputi beberapa pemain multinasional dalam industri makanan dan ritel.

Perusahaan terus melakukan diversifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini juga turut meningkatkan eksistensi merek KOBE dalam kancah ritel Indonesia. Konsep yang kuat dan kualitas produk yang terbaik mengantarkan produk menjadi pemimpin pasar di berbagai kategori. 

Kobe meluncurkan salah satu produk sambal tabur pertama di Indonesia pada 2012. Produk ini mendapat sambutan pasar yang luar biasa karena menghadirkan inovasi yang belum pernah dilakukan produsen makanan lain. Produk BonCabe Sambal Tabur merupakan penambah rasa pedas pada makanan yang aman dikonsumsi karena terbuat dari cabe asli pilihan.

Kobe terus berinovasi dengan mengembangkan varian rasa baru dan berbagai level kepedasan pada produk BonCabe Sambal Tabur untuk memenuhi permintaan konsumen, antara lain BonCabe Bumbu Rujak Buah Level 10, BonCabe rasa Nori level 2, BonCabe Original level 50 Max End, BonCabe Original level 30, BonCabe Ikan Roa level 15, BonCabe Bawang Goreng level 10, BonCabe Teri level 3, dan BonCabe Ebi Kriuk level 2. 

Sambutan pasar pada produk BonCabe yang sangat baik memicu perusahaan untuk mengembangkan produk BonCabe secara lebih luas lagi. Kini Merek dagang BonCabe juga meliputi produk mie instan dan cemilan.

3 dari 3 halaman

Bisnis Inti PT Kobe Boga Utama

Seperti sudah disinggung sebelumnya PT Kobe Boga Utama memulai bisnis sebagai produsen tepung bumbu siap pakai untuk konsumen. Saat ini Kobe memiliki 4 sektor bisnis utama yang meliputi produsen makanan dan minuman untuk ritel, ekspor dan food service, serta bisnis kerjasama manufaktur.

RitelMerek dagang unggul yang dimiliki PT Kobe Boga Utama, seperti Kobe, BonCabe, dan Selera Saus Tiram mampu memimpin pasar ritel Indonesia. Varian produk yang dihasilkan mencakup berbagai kategori, antara lain beraneka jenis tepung bumbu, saus, bumbu, dan sambal tabur. Jaringan distribusi perusahaan telah menjangkau seluruh jaringan penjualan secara nasional, baik di pasar tradisional maupun modern.

Food ServiceDivisi Food Service Kobe diluncurkan pada tahun 2006 untuk melayani pelanggan industri di bidang makanan dan minuman. Sebagai mitra kemain utama di industri makanan, Kobe menawarkan solusi produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan industrial. 

Produk yang ditawarkan meliputi mie, tepung pelapis, makanan pencuci mulut, minuman, dan saus untuk aneka jenis aplikasi khusus seperti marinasi, pasta, dan pizza. Pelanggan Kobe Food Service saat ini meliputi beberapa perusahaan multinasional dalam industri makanan dan ritel.

EksporDivisi Ekspor Kobe didirikan pada 1995 saat produk Bali Kitchen diluncurkan. Selain mengekspor merek ritel Indonesia, Kobe juga mendistribusikan merek khusus ekspornya, yaitu Bali Kitchen ke seluruh dunia. Negara tujuan ekspor, diantaranya kawasan Asia-Pasifik seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Kuwait, Arab Saudi, Australia, Selandia Baru, Kaledonia Baru, India, dan Republik Maldives. Kobe juga melakukan ekspor ke Benua Eropa dan Amerika. 

Kerjasama ManufakturPT Kobe Boga Utama menyediakan layanan manufaktur kepada para pelaku industri makanan dan pemilik brand. Mitra PT Kobe Boga Utama saat ini meliputi pemain utama di industri ritel dan makanan. Layanan Contract Manufacturing Kobe menggunakan fasilitas yang berkualitas tinggi dan standar keamanan pangan terbaik.

Fasilitas yang disediakan, meliputi pengemasan, ekstrusi, dry mixing, mie, bumbu dan saus. Infrastruktur yang disediakan juga berupa bangunan baru dengan standar keamanan dan kebersihan makanan tertinggi. Infrastruktur Ini termasuk uang dekontaminasi, area proses dengan panel kamar yang bersih, pelapis epoxy, curved corners, dan tempered windows.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.