Sukses

Profil PT Orang Tua, Perusahaan yang Memproduksi Produk Kebutuhan Sehari-hari

PT Orang Tua dikenal pula dengan sebutan Orang Tua Group (OT)

Liputan6.com, Jakarta - PT Orang Tua (OT) adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai produk kebutuhan sehari-hari. PT Orang Tua ini sudah menjalankan kegiatan usaha sejak tahun 1948 dan tercatat terus melakukan inovasi sampai sekarang. Perusahaan ini dikenal pula dengan sebutan Orang Tua Group.

Melansir dari situs website resminya, ada beragam produk PT Orang Tua mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri yang telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antara merek produk PT Orang Tua yang populer adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti.

Produk PT Orang Tua pun telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara. PT Orang Tua mengungkap, telah meluncurkan produk-produk unggulan dan berhasil meraih banyak penghargaan melalui lembaga survey yang diakui secara nasional maupun internasional.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Orang Tua, sejarah berdiri, dan produknya, Senin (16/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Orang Tua adalah Memproduksi Produk Kebutuhan Sehari-hari

PT Orang Tua adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. PT Orang Tua menjuluki dirinya sebagai perusahaan consumer goods. Awal berdirinya, PT Orang Tua adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman kemasan saja.

Melansir dari situs website resminya, PT Orang Tua menjalankan kegiatan usaha berawal dari minuman kesehatan tradisional dengan bahan dan proses terstandar berkualitas tinggi, PT Orang Tua telah berkembang semakin modern tanpa meninggalkan nilai-nilai positif dan luhur yang dicetuskan oleh pendiri perusahaan.

Beragam produk PT Orang Tua mulai dari makanan, minuman, hingga produk perawatan diri telah lama menjadi bagian dari kehidupan konsumen Indonesia. Beberapa di antara merek produk PT Orang Tua yang populer adalah Formula, Tango, Teh Gelas, MintZ, Blaster, Oops, dan Kiranti.

Dijelaskan, karena kualitasnya, produk PT Orang Tua pun telah hadir di pasar internasional dan dapat dinikmati oleh konsumen mancanegara. Komitmen terus melakukan inovasi, PT Orang Tua telah meluncurkan produk-produk unggulan dan berhasil meraih banyak penghargaan melalui lembaga survey yang diakui secara nasional maupun internasional.

Penghargaan yang berhasil dimenangkan secara rutin setiap tahun oleh PT Orang Tua adalah Top Brand Award yang diberikan kepada merek-merek terbaik pilihan konsumen. Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) yang diberikan kepada produk dengan tingkat kepuasan konsumen tertinggi.

Kemudian, penghargaan Superior Taste Award yang diberikan oleh International Taste and Quality Institute (iTQi) Belgium kepada produk dengan kualitas rasa, tekstur, dan komposisi bahan terbaik.

Dinas Ketenagakerjaan Palembang (Dinasker Palembang) menjelaskan PT Arta Boga Cemerlang adalah distributor tunggal dari PT Orang Tua dengan FMCG (Fast Moving Consumer Goods). PT Arta Boga Cemerlang sudah diakui sebagai perusahaan distributor terbaik dan terbesar di Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah Berdiri PT Orang Tua dari Tahun ke Tahun

PT Orang Tua adalah perusahaan yang sudah bertransformasi dari perusahaan yang hanya memproduksi minuman kesehatan tradisional, menjadi perusahaan besar yang menghadirkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Melansir dari situs website resminya, PT Orang Tua ini sudah menjalankan kegiatan usaha sejak tahun 1948 dan tercatat terus melakukan inovasi sampai sekarang.

Begini sejarah PT Orang Tua dari tahun ke tahun yang dimaksudkan:

1. Perjalanan Tahun 1948

PT Orang Tua memulai perjalanannya di Indonesia melalui produk minuman kesehatan tradisional. Saat itu, penerimaan masyarakat terhadap produk ini sangat baik dan semakin meluas. Oleh karena itu, setelah memiliki pabrik pertama di Semarang, PT Orang Tua membangun pabrik keduanya di Jakarta.

2. Perjalanan Tahun 1984

Seiring perkembangan kebutuhan konsumen akan produk sehari-hari, PT Orang Tua memutuskan untuk masuk ke bisnis consumer goods dengan berinvestasi pada pembangunan berbagai fasilitas produksi serta unit usaha baru.

Pasta dan sikat gigi dengan merek FORMULA menjadi produk pertama yang diproduksi. Satu tahun kemudian, PT Orang Tua membentuk holding company dengan nama ADA, yang merupakan singkatan dari Attention, Direction, and Action. Di bawah bendera ADA, pengembangan usaha, diversifikasi produk, dan peningkatan kapasitas produksi terus menjadi target yang berhasil dijalankan.

Di tahun ini pula, PT Orang Tua menunjuk PT. Arta Boga Cemerlang sebagai distributor tunggal yang dipercaya untuk menangani dan menguasai jalur distribusi produk PT Orang Tua di seluruh Indonesia.

3. Perjalanan Tahun 1995

Pada tahun ini, ADA berganti nama menjadi ORANG TUA. Merek ORANG TUA yang kaya akan nilai historis ternyata telah mengakar pada masyarakat Indonesia sehingga hal ini menjadi satu keuntungan bagi perusahaan.

Setelah berganti nama, bisnis berkembang dengan pesat. Untuk itu, di tahun ini pula ORANG TUA memutuskan untuk melakukan perubahan logo.

4. Perjalanan Tahun 2004

Logo PT Orang Tua (OT) kembali diperbaharui agar lebih mencerminkan PT Orang Tua sebagai perusahaan consumer goods yang dinamis, penuh semangat, berjiwa muda, dan menjadi kebanggaan bagi karyawannya.

Kini, bisnis PT Orang Tua semakin berkembang dengan penambahan unit usaha dan produk baru, yaitu:

- Makanan (wafer, biskuit, cokelat, permen, kacang, dan makanan penutup).

- Minuman (teh siap minum dan minuman kesehatan).

- Perawatan Diri (perawatan gigi dan mulut, rambut, dan pisau cukur).

5. Perjalanan Tahun 2011

PT CASA VERDE INDONESIA (CVI) didirikan sebagai awal PT Orang Tua masuk dalam bisnis sanitasi dan kebersihan. Produk-produk PT CVI melayani kebutuhan internal perusahaan (kantor dan pabrik) serta eksternal (hPT Orang Tuael, restoran, rumah sakit, dll).

6. Perjalanan Tahun 2016

Dengan merek Crystalline, PT Orang Tua melebarkan sayapnya ke bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Crystalline pertama kali diluncurkan dalam kemasan bPT Orang Tuaol plastik PET. Lini produk Crystalline terus berkembang, dengan mengeluarkan produk kemasan cup, dan galon.

7. Perjalanan Tahun 2019

PT Orang Tua masuk pasar susu dengan merek Tango. Dengan menggunakan teknologi aseptic dan UHT, Susu Tango tersedia dalam kemasan bPT Orang Tuaol plastik PET dan kemasan kPT Orang Tuaak (tetra). Hari ini PT Orang Tua sudah memiliki 2 merek di kategori susu: Susu Tango dan Milk-Ido.

8. Perjalanan Tahun 2020

Pandemi Covid-19 membuka peluang bagi PT Orang Tua. PT CASA VERDE INDONESIA (CVI), memasarkan produk-produk sanitasi dan kebersihannya ke konsumen dengan merek PRIMA PRPT ORANG TUAECT+, di mulai dengan produk hand sanitizer cair.

CVI terus menambah lini produknya seperti hand sanitizer gel, masker, hand soap, tisu basah (wet wipes) dan sabun kesehatan (bar soap), sehingga CVI semakin dikenal luas dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Produk-Produk PT Orang Tua dan Penjelasannya

Sejarah mencatat PT Orang Tua menunjuk PT Arta Boga Cemerlang sebagai distributor tunggal pada tahun 1984. PT Arta Boga Cemerlang dipercaya untuk menangani dan menguasai jalur distribusi produk PT Orang Tua di seluruh Indonesia.

Ini daftar produk PT Orang Tua melansir dari situs website resmi OT Beyond:

1. Produk PT Orang Tua adalah Wafer

- Chizmill

- Tango

- Tango Waffle

- Tango Walut

- Fullo

2. Produk PT Orang Tua adalah Biskuit

- Cookiez

- Klop Saluto

- Klop Krakers

- Oops Star

- Fugu

- Fugu and Friends

3. Produk PT Orang Tua adalah Cokelat

- Blastoz

- Cannon Ball

4. Produk PT Orang Tua adalah Permen

- MintZ

- Blaster

- Blaster Pop

5. Produk PT Orang Tua adalah Teh

- Garantea

- Teh Gelas

6. Produk PT Orang Tua adalah Jelly

- Vita Jelly Drink

- Vita Pudding

7. Produk PT Orang Tua adalah Air Mineral

- Crystalin

8. Produk PT Orang Tua adalah Minuman Kesehatan

- Jagak

- Kiranti

9. Produk PT Orang Tua adalah Minuman Susu

- Susu Milk-Ido

- Susu Tango

10. Produk PT Orang Tua adalah Minuman Cincau

- Adem Sejuk

11. Produk PT Orang Tua adalah Minuman Kopi

- Kopi Seruput

12. Produk PT Orang Tua adalah Pasta Gigi

- Pasta Gigi Formula

- ABC Dent

13. Produk PT Orang Tua adalah Sikat Gigi

- Sikat Gigi Formula

14. Produk PT Orang Tua adalah Moutwash

- Formula Mouthwash

15. Produk PT Orang Tua adalah Kebersihan

- Prima Protect+ Wet Wipes

- Prima Protect+ Hand Soap

- Prima Protect+ Bar Soap

16. Produk PT Orang Tua adalah Sanitasi

- Prima Protect+ Hand Sanitizer Liquid

- Prima Protect+ Hand Sanitizer Gel

17. Produk PT Orang Tua adalah Masker Medis

- Masker Medis

- Masker KF94

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.