Sukses

Profil PT Petrosea, Perusahaan di Bidang Kontrak Pertambangan, Rekayasa dan Konstruksi

PT Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa, pengadaan & konstruksi serta jasa minyak & gas bumi.

Liputan6.com, Jakarta PT Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa, pengadaan & konstruksi serta jasa minyak & gas bumi. Berdirinya perusahaan ini, tentu memiliki tujuan yaitu menjadi salah satu perusahaan terkemuka, yang menyediakan jasa di sektor pertambangan, minyak dan gas serta infrastruktur di Asia Tenggara.

Perseroan ini memulai salah satu proyek operasional pada tahun 2011, dengan memberikan jasa pemindahan lapisan tanah penutup dan penambangan batubara, serta pekerjaan konstruksi, termasuk workshop, kantor dan akomodasi camp baru.

Pada tanggal 16 Maret 2018, PT Petrosea menandatangani amandemen kontrak dengan PT Kideco Jaya Agung untuk menambah ruang lingkup pekerjaan dengan jangka waktu 5 tahun. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972, yang kemudian berkomitmen untuk menjalankan segala prinsip-prinsip, serta tata kelola perusahaan dengan baik. 

Seluruh pencapaian PT Petrosea salah satunya adalah manifestasi nyata dari berbagai inovasi, untuk melakukan continuous improvement serta tumbuh secara berkelanjutan. Dengan implementasinya, kini Petrosea adalah perusahaan yang bertanggung jawab, independen serta transparan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Berikut ini informasi PT Petrosea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/1/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal PT Petrosea

PT Petrosea adalah perusahaan multi-disiplin yang bergerak di bidang kontrak pertambangan, rekayasa, pengadaan & konstruksi serta jasa minyak & gas bumi yang berkomitmen penuh untuk mengedepankan aspek ESG sebagai kontinuitas dari strategi keberlanjutan Perusahaan. Perseroan ini juga menyediakan jasa pertambangan terpadu pit-to-port, kemampuan rekayasa, pengadaan & konstruksi yang terintegrasi serta jasa logistik, dengan selalu berkomitmen penuh terhadap penerapan keselamatan, kesehatan kerja & lingkungan, manajemen mutu dan integritas bisnis.

Pada tahun 2019, PPetrosea diseleksi oleh World Economic Forum sebagai satu-satunya perusahaan tambang dan satu satunya perusahaan milik Indonesia, yang masuk ke dalam Global Lighthouse Network karena berhasil mengimplementasikan teknologi Industri 4.0.

PT Petrosea mencapai sebuah jejak langkah bersejarah, dengan menjadi perusahaan rekayasa & konstruksi pertama di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:PTRO) sejak tahun 1990. Perseroan ini juga didukung penuh oleh pemegang saham utamanya yaitu PT Caraka Reksa Optima, yang merupakan perusahaan Indonesia di bidang aktivitas keuangan dan asuransi, serta aktivitas professional, ilmiah dan teknis.

3 dari 4 halaman

Proyek PT Petrosea

1. Proyek PT Petrosea Terbaru

- Kideco Waste Removal & Coal ProductionPT Kideco Jaya Agung- Kalimantan Timur tahun 2011 - Saat ini

- KSM Project Management & ContractorPT Karya Bhumi Lestari - Kalimantan Timur tahun 2021 - Saat ini

- Levee Stockpile Extension Project

- PT Freeport Indonesia - Timika, Papua tahun 2018 - Saat ini

- Freeport Master Services Agreement

- PT Freeport Indonesia - Papua tahun 2017 - Saat ini

- Construction Services at Portside (Corrosion Remediation)

- PT Freeport Indonesia - Papua tahun 2019 - Saat ini

- Awak Mas Gold Mine Project

- PT Masmindo Dwi Area - Sulawesi Selatan tahun 2020 - Saat ini

- Supply Base ServicesShipping & Freight Forwarding

2. Proyek PT Petrosea Terdahulu 

- KPC Pit K Coal Mining ContractPT Kaltim Prima Coal – Kalimantan Timur (1991 – 1995)

Petrosea menandatangani kontrak pertambangan batubara ini pada tahun 1991, untuk pemindahan lebih dari 10 juta BCM lapisan tanah penutup, dan pengangkutan lebih dari 2,2 juta ton batubara ke conveyor yang dikelola klien. Kegiatan operasional tambang berjalan 24 jam sehari, dengan pencapaian sekitar 400.000 BCM overburden dan 100.000 ton batubara per bulan tercapai.

- KPC Diesel Fuel LinePT Kaltim Prima Coal – Kalimantan Timur (1997 – 1998)

Pada proyek ini, Petrosea mengerjakan complete electrical design and procurement, construction, testing serta commissioning terkait otomasi saluran pipa bahan bakar di Kalimantan Timur. Saluran pipa tersebut memindahkan bahan bakal solar dari fasilitas pelabuhan di Tanjung Bara ke tangki penampungan solar di operasional run-of-mine (ROM) Sangatta Diesel Storage Yard, yang berjarak kurang lebih 16km. Seluruh pekerjaan disain dan instalasi diselesaikan berdasarkan standar Australia.

4 dari 4 halaman

Keahlian PT Petrosea

1. Kontrak Pertambangan

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, PT Petrosea memiliki pengetahuan mendalam mengenai evolusi industri pertambangan di Indonesia, dimana Perseroan ini telah mengimplementasi teknologi Industri 4.0 melalui Minerva digital platform yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan operasional demi memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan. Petrosea menyediakan jasa kontrak pertambangan yang berbeda dari kompetitor, yaitu melalui penyediaan solusi pertambangan yang dapat disesuaikan dengan keperluan setiap proyek serta dilengkapi dengan layanan jasa rekayasa dan konstruksi yang komprehensif.

Petrosea menyediakan jasa proyek pertambangan dari pit-to-port, meliputi:

- Jasa kontrak pertambangan tambang terbuka

- Konstruksi sipil dan infrastruktur, termasuk jalan, bendungan tailing dan fasilitas site

- Layanan manajemen proyek pertambangan, termasuk peralatan dan operator pemilik tambang serta subkontraktor

- Layanan konsultasi teknis dan studi kelayakan

- Layanan perencanaan dan optimalisasi tambang

- Solusi Minerva digital platform yang dapat diterapkan di operasi tambang

2. Rekayasa, Pengadaan & Konstruksi

PT Petrosea menerapkan metodologi proyek yang mengacu pada standar internasional, guna mewujudkan pencapaian yang memuaskan bagi seluruh pelanggan. Perusahaan ini juga menyediakan solusi komprehensif mulai dari konsep awal, rekayasa serta dukungan bagi pelanggan hingga tahap execution, commissioning dan handover. Petrosea memiliki pengalaman yang luas di seluruh Indonesia, termasuk hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan utama seperti pemerintah, masyarakat dan konsultan. 

Untuk industri mineral dan infrastruktur, Petrosea menyediakan jasa rekayasa, pengadaan, konstruksi dan operasional, termasuk:

- Technical due diligence

- Conceptual to full bankable feasibility studies

- Front end engineering design

- Detail engineering design

- Project Management

- Plant and equipment hire

- Procurement and logistics

- Operation and maintenance services

- Construction

- Commissioning

3. Jasa Minyak & Gas Bumi

Segmen bisnis yang dikenal dengan nama Petrosea Logistics & Support Services (PLSS) ini meliputi manajemen pangkalan logistik, Pusat Logistik Berikat (PLB) serta layanan logistik & pengiriman barang. PT Petrosea menyediakan jasa untuk industri minyak & gas bumi di Indonesia melalui Petrosea Offshore Supply Base (POSB) yang berlokasi di Sorong, Papua Barat, yang secara konsisten memberikan jasa berstandar internasional dan cost effective kepada seluruh klien.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.