Sukses

Taliban Pamerkan Supercar Pertama Afghanistan, Desainnya Curi Perhatian

Supercar buatan Afghanistan ini viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pada pertengahan Agustus 2021 lalu, Taliban menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan. Bahkan, karena kedudukannya, Taliban juga diketahui mengubah berbagai aturan yang ada.

Tak hanya itu saja, bahkan pemerintahan Afghanistan yang dipimpin oleh Taliban turut serta mengeluarkan berbagai gebrakan di beberapa bidang. Salah satunya ialah otomotif. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Selasa (17/1/2023) Taliban diketahui telah secara resmi meluncurkan supercar buatan dalam negeri pertama.

Supercar pertama dari Afghanistan ini pun diberi nama Mada 9. Melalui media sosial, supercar buatan Afghanistan ini pun berhasil mencuri perhatian banyak netizen. Meski begitu, diketahui pula jika supercar yang diluncurkan masih memiliki prototipe yang cukup rendah.

Supercar Mada 9 ini pun diketahui dikembangkan oleh sedikitnya 30 insiyur dari sebuah perusahaan bernama ENTOP serta Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI) Kabul. Pengerjaan Mada 9 sendiri membutuhkan waktu selama 5 tahun.

2 dari 3 halaman

Tampilan supercar

Dilansir Liputan6.com dari Odidty Central, Selasa (17/1/2023) Mada 9 memang memiliki tampilan seperti supercar pada umumnya. Namun rupanya, mobil tersebut justru memiliki mesin Toyota Corolla yang telah dimodifikasi.

Namun, dalam klaimnya, Mada 9 juga mampu memiliki kecapatan tinggi serta dapat menyesuaikan dengan mesin listrik. Tentu saja, hal ini juga tak lepas dari perhatian banyak netizen terutama pecinta otomotif.

Juru bicara resmi Taliban, Zabihullah Mujahid juga turut serta membagikan penampakan dari supercar Mada 9 di media sosial. Foto-foto dari supercar buatan Afghanistan ini pun langsung viral di media sosial. Akan tetapi, foto yang dibagikan tak menambahkan detail lebih mengenai spesifikasi mobil tersebut. Mulai dari bentuk interiornya, serta menjadi jenis mobil dengan mesin di depan, belakang atau tengah.

3 dari 3 halaman

Telah menerima permintaan meski produk belum jadi

CEO ENTOP sekaligus perancang Mada 9, Mohammad Riza Ahmadi menyebutkan jika harapannya ialah bisa menjadikan Mada 9 sebagai supercar pertama Afghanistan yang bisa bersaing di kancah internasional. Terutama bagi negara yang dilanda perang.

“Mobil ini akan menjadi duta dan akan melintasi Afghanistan serta menyampaikan nilai ilmu kepada masyarakat. Ini akan memulai perjalanannya di Afghanistan dan suatu hari mungkin akan go international.”ujarnya.

Dirinya juga turut menyebutkkan jika saat ini perusahaan telah menerima permintaan pemesanan Mada 9. Namun, hingga saat ini supercar tersebut belum dijual karena masih belum menjadi produk jadi.