Sukses

Profil PT Shimano Batam, Anak Perusahaan dari Shimano Singapore

Profil PT Shimano Batam, sejarah berdirinya PT Shimano Batam dan kebijakan kualitas, keselamatan, kesehatan dan lingkungan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Shimano Batam merupakan anak perusahaan dari Shimano Singapore yang bergerak dibidang perakitan komponen sepeda dan pabrik alat pancing. Didirikan pada 17 Juli 1991, PT Shimano Batam memiliki tujuan untuk dapat membantu orang lebih dekat dengan alam melalui aktivitas bersepeda yang paling mereka sukai.

PT Shimano Batam memiliki tim hebat yang  terdiri dari orang-orang di seluruh dunia, bekerja sama untuk mewujudkan impian di mana lebih banyak orang mengendarai sepeda, dan sepeda yang mereka kendarai bergeser lebih baik, mengerem lebih baik dan bekerja lebih baik secara keseluruhan. 

Ada banyak cara untuk menikmati bersepeda dan PT Shimano Batam ingin mencurahkan sumber daya mereka untuk memenuhi sebanyak mungkin kebutuhan bersepeda individu tersebut, menciptakan rangkaian komponen sepeda berkualitas tinggi untuk pasar Indonesia dan juga dunia.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Shimano Batam yang telah Liputan6.com rangkum dari laman shimamo.com pada Rabu (18/1/2023). Profil PT Shimano Batam, sejarah berdirinya PT Shimano Batam dan kebijakan kualitas, keselamatan, kesehatan dan lingkungan perusahaan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Shimano Batam

Profil PT Shimano Batam

Shimano Iron Works, pendahulu Shimano Inc., didirikan pada tahun 1921 oleh Shozaburo Shimano di kota Sakai, Osaka Jepang. Produksi pertamanya adalah freewheel sepeda tunggal, yang membutuhkan keterampilan teknis terbesar untuk memproduksinya. Pada tahun 1951, nama perusahaan berubah menjadi Shimano Industrial Co., LTD.

Didirikannya Shimano American Corporation (saat ini Shimano North America Holding, Inc.) sebagai kantor penjualan luar negeri pertama di tahun 1965, sementara di sisi lain Shimano Singapore Pte. Ltd sebagai basis manufaktur luar negeri pertama di tahun 1973. Pada tahun 1991, nama perusahaan diubah menjadi Shimano Inc. dan saat ini telah memperluas jaringannya di seluruh dunia yang dikonsolidasi dengan anak perusahaan.

Sejak berdirinya Shimano, Kantor Pusat tetap berada di Sakai, kota kelahiran Shimano. Shimano Inc. adalah kantor pusat dan memiliki berbagai fungsi, termasuk perencanaan, pengembangan, perancangan, pembuatan dan berbagai fungsi pendukung lainnya untuk memasok komponen sepeda, peralatan pancing dan peralatan dayung.

PT Shimano Batam melakukan berbagai kegiatan untuk menjaga kesehatan karyawan dan meningkatkan kepuasan karyawan, mengorganisir acara bersepeda dan memancing yang menyenangkan bagi para karyawan agar tidak hanya untuk merakit produk tetapi juga untuk menikmati olahraga ini, dan juga berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam memelihara lingkungan dan masyarakat setempat.

Misi : Untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan melalui kenikmatan alam dan dunia di sekitar.

Kebijakan Bisnis : 

1. PT Shimano Batam berusaha untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas yang andal dan dapat dipercaya.

2. PT Shimano Batam berjanji untuk terus meningkatkan nilai perusahaan kami dan untuk memastikan manajemen perusahaan layak atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

3. PT Shimano Batam berusaha keras untuk menyediakan lingkungan kerja yang adil dan bersemangat di mana semua dapat berbagi kesenangan dan kepuasan yang datang dengan pencapaian.

4. PT Shimano Batam berjanji untuk menjadi warga korporat yang baik, dengan melestarikan lingkungan dan berkontribusi pada kemakmuran komunitas.

Prinsip Panduan Tim Shimano : 

Untuk menginspirasi diri kita sendiri untuk berpikir kreatif dan berjuang untuk perbaikan diri terus menerus.

Untuk terus meningkatkan keterampilan teknis kami untuk memenuhi tantangan impian kami.

Untuk mencapai tujuan kami melalui inovasi dan daya tanggap terhadap tantangan yang kami hadapi.

Alamat : Head Office 3-77 Oimatsu-cho, Sakai-ku, Sakai City, Osaka 590-8577, Japan

TEL : +81-72-223-3210 

FAX : +81-72-223-3258

Website : www.shimano.com

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Shimano Batam

Sejarah PT Shimano Batam

PT Shimano Batam didirikan pada tanggal 17 Juli 1991 sebagai anak perusahaan dari Shimano Singapore. Kami memiliki dua pabrik, pabrik perakitan komponen sepeda (sejak 1991) dan pabrik alat pancing (sejak 1993), yang berlokasi di Mukakuning, Indonesia. Menuju Visi kami, Mempromosikan budaya bersepeda dan memancing yang baru melalui penawaran "Produk yang Menawan", PT Shimano Batam terus menciptakan nilai pada produk mereka.

Berdirinya PT Shimano Batam, tidak terlepas dari perkembangan dan pertumbuhan Shimano Inc., untuk lebih lengkapnya, berikut lini masa sejarah pertumbuhan dan perkembangan Shimano Inc.

1921

Shozaburo Shimano mendirikan Shimano Iron Works.

Pada Februari 1921, dia membuka Pabrik Besi Shimano di Higashi Minato di Kota Sakai saat dia berusia 26 tahun. Di lokasi pabrik seluloid yang dibongkar, dia menyewa area seluas hampir 40 meter persegi. Sewa bulanan adalah 5 yen. Saat itu, pendirian baru hanya memiliki satu mesin bubut berukuran panjang sekitar 1,8 meter. Dia meminjam mesin itu dari Sano Iron Works, memanfaatkan persahabatannya dengan pemiliknya.

 

1940

Nama diubah menjadi Shimano Iron Works Co., Ltd.

Pada tahun 1940, Shimano Iron Works, Ltd. didirikan dengan Shozaburo Shimano sebagai presiden pertamanya. Jumlah karyawan sekitar 300 orang.

Shozaburo Shimano menjadi presiden pertama.

Pada tanggal 15 Januari 1940, rapat organisasi pertama korporasi baru diadakan. Kemudian Shozaburo Shimano menjadi presiden pertama.

1951

Perusahaan berganti nama menjadi Shimano Industrial Co., Ltd.

Pada bulan Februari 1951, Shimano Iron Works menyerap Perusahaan Sepeda Shimano, dan nama Perusahaan diubah menjadi Perusahaan Industri Shimano.

 

1958

Shozaburo Shimano meninggal dunia.

Pada bulan September 1958, Shozaburo Shimano meninggal dunia dan Shozo Shimano menjadi presiden kedua.

 

1965

Shimano American Corporation didirikan di New York.

Karena keberadaan Shimano yang berkelanjutan di pasar AS tampaknya terjamin, perusahaan tersebut mendirikan Shimano American Corporation dengan kantor di New York City. Yoshizo Shimano menjadi presiden.

 

 

1973

Tim Balap Shimano diluncurkan.

Selain aktif mensponsori tim bersepeda di Eropa, Shimano membentuk tim bersepeda domestik sendiri, Tim balap Shimano, di Jepang.

Shimano (Singapura) Pte. Ltd. didirikan.

Didirikan sebagai pabrik luar negeri pertama yang berlokasi di Jurong Industrial Estate di Singapura.

Pencatatan saham naik ke Bursa Efek ke-2 Tokyo.

Pencatatan saham naik ke Bagian 1 Bursa Efek Tokyo dan Osaka.

Rangkaian komponen road racing DURA-ACE dirilis.

 

1985

Shimano Eropa dipindahkan ke Hilden, Jerman Barat.

Seri gulungan paduan baru Titanos ada di pasaran. Titanos menggunakan konstruksi komposit canggih yang menggabungkan serat titanium, serat karbon, dan bahan resin.

1989

Pusat Distribusi Shimano Rinkai didirikan.

Shimano Benelux BV dan Shimano Europe Fishing Holding BV didirikan.

Konsep STI (Shimano Total Integration) Rapid fire Tuas persneling jarak jauh untuk sepeda offroad dilepaskan.

Sistem api cepat yang merupakan IMS pertama memungkinkan pengendara sepeda untuk memindahkan gigi, mengoperasikan rem, dan menyetir tanpa pernah melepaskan tangan dari setang.

Nexus dirilis sebagai alat tangkap merek baru.

Shimano memulai alat tangkap Nexus untuk lebih berkoordinasi dengan alat pancing dan pakaian Shimano untuk menikmati memancing.

1991

Nama perusahaan diubah dari Shimano Industrial Co., Ltd. menjadi Shimano Inc.

PT Shimano Batam didirikan.

Seri XTR komponen balap sepeda gunung ada di pasaran.

XTR adalah lini pertama komponen sepeda gunung untuk pembalap profesional.

SHIMANO RE-EX CROSS COUNTRY pertama diadakan.

Dalam rangka ulang tahun ke-70, "Lebih Dekat dengan Alam, Lebih Dekat dengan Manusia" dipilih sebagai pesan resmi perusahaan Shimano.

1992

Keizo Shimano menjadi presiden ketiga.

Pusat sepeda (Museum Sepeda) dibuka.

Dengan kerjasama kota Sakai di mana Shimano Inc. berada, didirikan di area di sebelah Taman Daisen.

Shimano (Kunshan) Sepeda Komponen Co, Ltd didirikan.

Model pertama STELLA diluncurkan. Shimano Balance Lock (SBL) dilepaskan.

Shimano Australia Pty.Ltd. didirikan.

 

2001

Yozo Shimano menjadi presiden kelima.

Model STELLA 2001 dirilis.

Shimano mengembangkan lebih lanjut Sistem Osilasi Super Lambat yang digunakan dalam Edisi Milenium. Tim pengembangan juga mengidentifikasi efek pukulan berliku pada perasaan pemancing. Variasi susunan yang luas memungkinkan pengguna untuk memilih spul dengan diameter yang paling sesuai untuk setiap batang.

Shimano (Shanghai) Sepeda Komponen Co, Ltd didirikan.

Shimano Czech Republic sro didirikan.

Shimano France Composants Cycles SAS didirikan.

2002

Shimano (Taiwan) Co., Ltd. didirikan.

2003

Shimano (Kunshan) Fishing Tackle Co., Ltd. didirikan.

Shimano (Tianjin) Sepeda Komponen Co, Ltd didirikan.

 

2005

"Shimano Nordic Cycle AB", "Shimano Nordic Cycle OY" dan "Shimano Nordic Cycle AS" didirikan di Semenanjung Skandinavia.

2006

Shimano (Lianyungang) Industrial Co., Ltd. didirikan.

ACCU-3D, pakaian bersepeda yang sangat fungsional, ada di pasaran.

2007

Shimano Amerika Latin Representacao Comercial Ltda didirikan.

R&P Group Sp. Z oo didirikan.

Model STELLA 2007 ada di pasaran.

Model baru menampilkan spool AR-C, yang dirancang untuk meningkatkan jarak pengecoran dengan mengontrol resistensi pelepasan spool. Selain itu, mekanisme ini efektif dalam menyelamatkan masalah garis pada saat pengecoran. Untuk mencegah korosi pada bearing terutama oleh air asin, model baru ini juga menampilkan Anti-Rust Bearing (S A-RB).

 

2011

Shimano (Kamboja) Co., Ltd. didirikan.

Pembukaan Konsulat Jenderal Republik Singapura di Osaka, Jepang di lantai dua gedung kantor pusat SIC.

2013

Shimano (Philippines) Inc. didirikan.

2014

SHIMANO Cycling World dibuka di Singapura.

Dunia bersepeda pengalaman dan interaktif pertama di Singapura. Dinamakan Shimano Cycling World, pusat seluas 650 meter persegi ini juga merupakan galeri bersepeda pertama di dunia. Terletak di sebelah Singapore Sports Museum di Singapore Sports Hub yang telah dibuka.

 

2017

SHIMANO SQUARE dibuka di GRAND FRONT OSAKA

SHIMANO SQUARE dibuka di Grand Front Osaka (Kita-ku, Kota Osaka) dengan tujuan mengkomunikasikan daya tarik produknya serta menciptakan dan menawarkan gaya hidup olahraga urban baru melalui bersepeda dan memancing.

 

2019

SHIMANO EXPERIENCE CENTER dibuka di Valkenburg, Belanda

Fasilitas pameran berbasis pengalaman yang berfokus pada tema bersepeda, memancing, dan mendayung, dan di mana teknologi terbaru Shimano dapat disentuh secara fisik telah dibuka di dalam fasilitas komersial “PAR' COURSE”.

Komponen Sepeda Jalan Kerikil pertama Shimano, SHIMANO GRX diluncurkan

Komponen untuk perjalanan berkerikil panjang di sepanjang jalan tak beraspal. Sebanyak 4 set grup, termasuk 3 grade berdasarkan cara seseorang mengendarai serta seri pemasangan Di2, diperkenalkan. Mencakup fitur yang khusus ditujukan untuk berkendara di jalan tak beraspal.

2020

Pusat Inovasi Teknologi di kantor pusat sudah selesai.

SHIMANO IBERIA, SL didirikan.

4 dari 4 halaman

Kebijakan Kualitas, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan

Kebijakan Kualitas, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan

A. Standar Kualitas PT Shimano Batam

Team Shimano menawarkan layanan dan produk yang memuaskan pelanggan.

 

B. Kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Industri PT Shimano Batam

Berdasarkan konsep bahwa “keselamatan dan kesehatan lebih diutamakan daripada segala sesuatu” yang berasal dari prinsip dasar penghormatan terhadap manusia, Perseroan menyadari bahwa pengamanan keselamatan dan kesehatan kerja adalah dasar dari kegiatan korporasi yang sehat dan tidak dapat digantikan. oleh apa pun, dan mempromosikan kegiatan keselamatan dan kesehatan industri untuk menciptakan lingkungan tempat kerja yang aman melalui kerja sama semua karyawan.

Kebijakan Tindakan Keselamatan dan Kesehatan Industri

1. Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan

Perusahaan dan seluruh karyawan harus mematuhi peraturan perundang-undangan dan persyaratan lain yang diterima oleh Perusahaan terkait keselamatan dan kesehatan industri.

2. Penetapan target pengurangan risiko keselamatan dan kesehatan industri serta auditnya

Perusahaan harus menetapkan target pengurangan, melakukan audit atas target tersebut, meninjau target seperlunya dan meningkatkan target secara terus menerus.

3. Pengurangan risiko keselamatan dan kesehatan industri

Perusahaan akan melaksanakan kegiatan keselamatan dan kesehatan industri berikut ini dengan mempertimbangkan sepenuhnya risiko keselamatan dan kesehatan industri Perusahaan yang timbul dari kegiatan usahanya sebagai berikut:

(1) Pengurangan risiko sehubungan dengan pengoperasian, pemeliharaan dan pemeriksaan mesin;

(2) Pengurangan risiko sehubungan dengan lingkungan kerja;

(3) Pengurangan risiko sehubungan dengan aktivitas kerja;

(4) Pengurangan risiko sehubungan dengan pekerjaan logistik;

(5) Pengurangan risiko sehubungan dengan pekerjaan uji produk;

(6) Pengurangan risiko sehubungan dengan pekerjaan VDT;

(7) Pengurangan risiko sehubungan dengan kecelakaan lalu lintas.

4. Komunikasi

Perusahaan harus mengakui bahwa pengamanan yang tepat atas keselamatan dan kesehatan industri diwujudkan melalui komunikasi yang baik dan, dengan demikian, berkonsultasi dengan karyawan secara penuh dan dengan itikad baik.

Selain itu, Perusahaan dan seluruh karyawan harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan administrasi dan sosial di daerah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan kontak di luar Perusahaan.

5. Pendidikan dan Peningkatan Kesadaran

Perusahaan harus memastikan bahwa semua karyawan benar-benar memahami kebijakan keselamatan dan kesehatan industri, pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk kegiatan keselamatan dan kesehatan industri dan efektivitas kegiatan keselamatan dan kesehatan industri.

Selain itu, Perusahaan akan berbagi dan bertukar informasi yang diperlukan untuk kegiatan keselamatan dan kesehatan industri dengan fasilitas koperasi terkait di dalam lokasi.

 

C. Kebijakan Lingkungan PT Shimano Batam

“Untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan melalui kenikmatan alam dan dunia di sekitar kita.” Dengan menjunjung moto ini, dan berdasarkan pengakuan bersama kita bahwa melestarikan lingkungan lokal dan global adalah prioritas utama kita, semua anggota Tim Shimano berkomitmen pada aktivitas pelestarian lingkungan sesuai dengan Pedoman Tindakan Lingkungan kita.

Pedoman Aksi Lingkungan

1. Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku

Shimano Inc. akan dengan setia mematuhi peraturan dan kode lingkungan internasional di seluruh dunia; undang-undang, peraturan, dan tata cara yang relevan dari negara dan kota yang bersangkutan; dan persyaratan lainnya.

2. Penetapan sistem manajemen lingkungan dan perbaikan berkelanjutannya

Shimano Inc. akan membangun sistem manajemen lingkungan, menetapkan target untuk mengurangi dampak lingkungan, memantau kemajuan langkah-langkah lingkungan kami, serta meninjau dan merevisi sistem ini kapanpun diperlukan.

3. Pengurangan dampak lingkungan dan pencegahan pencemaran

Dengan mempertimbangkan secara seksama dampak lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan bisnis kami, kami akan mengambil langkah-langkah berikut:

(1) Melibatkan seluruh karyawan dalam kampanye hemat energi.

(2) Mengurangi emisi CO2.

(3) Mencegah polusi udara, air, tanah dan lainnya.

(4) Mencegah polusi suara dan getaran

(5) Mempromosikan pengelolaan sampah yang tepat.

(6) Mengembangkan produk dan teknologi ramah lingkungan.

(7) Memperkuat kontrol bahan kimia menurut Rencana Ramah Lingkungan Shimano.

4. Kemitraan dengan masyarakat

Sebagai warga korporat dari komunitas global dan lokal, kami akan mendukung kampanye lingkungan oleh komunitas terkait, dan mendorong karyawan kami untuk berpartisipasi dalam kampanye tersebut.

5. Kegiatan pendidikan dan kehumasan

Shimano Inc. akan mempromosikan Kebijakan Lingkungan Shimano kepada semua karyawan Shimano dan karyawan pemasok kami serta perusahaan terkait lainnya. Selain itu, kami akan mengungkapkan aktivitas kami dan hasilnya kepada pemegang saham, pelanggan, komunitas, dan masyarakat internasional.

6. Program-di luar Jepang

Shimano Inc. akan memastikan bahwa semua aktivitas kami di luar Jepang akan mematuhi undang-undang dan peraturan lingkungan di negara yang bersangkutan, dan bekerja untuk melindungi lingkungan di masing-masing negara tersebut.