Sukses

12 Manfaat Asparagus yang Kaya Nutrisi Baik untuk Kesehatan, Berikut Ide Olahannya

Manfaat asparagus yang kaya nutrisi sudah dikenal sejak zaman kuno oleh bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi.

Liputan6.com, Jakarta Asparagus atau asparagus officinalis merupakan tanaman sayuran yang berasal dari daerah Mediterania dan Asia, saat ini asparagus dapat ditemukan di seluruh dunia. Manfaat asparagus yang kaya nutrisi sudah dikenal sejak zaman kuno oleh bangsa Mesir, Yunani, dan Romawi. Pada zaman itu, asparagus dianggap sebagai simbol kemewahan dan digunakan sebagai obat untuk masalah kesehatan seperti sakit kepala dan masalah pencernaan.

Asparagus juga dikenal sebagai tanaman yang dipuja oleh bangsa Romawi. Mereka menganggap manfaat asparagus memiliki kekuatan ajaib dan digunakan sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Pada abad ke-16, asparagus mulai dibudidayakan di Eropa dan kemudian menyebar ke Amerika Utara.

Asparagus merupakan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Asparagus dapat menjadi pilihan sayuran menyehatkan dengan rasa yang enak untuk menu makanan sehari-hari. Berikut manfaat asparagus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Asparagus: Kandungan Nutrisi

Asparagus merupakan sayuran kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, berikut kandungan nutrisi yang membuat manfaat asparagus baik bagi kesehatan.

- Vitamin K

- Vitamin C

- Vitamin E

- Vitamin B

- Mineral

- Serat

- Antioksidan

- Asparagina

- Inositol

3 dari 5 halaman

Manfaat Asparagus

1. Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas

Manfaat asparagus yang pertama adalah membantu mencegah dampak negatif radikal bebas. Kandungan antioksidan seperti glutathione yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas

2. Menurunkan Tekanan Darah

Asparagus mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Menjaga kesehatan tulang

Seperti sudah diketahui, vitamin K yang ada di dalam asparagus dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Asparagus mengandung vitamin C cukup tinggi, dengan kandungan ini manfaat asparagus yang dapat membantu meningkatkan daya tahan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat asparagus dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker payudara. Kandungan antioksidan, vitamin, serta mineral yang ada pada asparagus memang mendukung penurunan risiko kanker jikadikonsumsi secara rutin dan diimbangi gaya hidup yang sehat.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Asparagus mengandung serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Asparagus

7. Mengatasi Masalah Kulit

Vitamin E yang ada pada asparagus memang dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Manfaat asparagus dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti keriput dan kerusakan akibat sinar matahari.

9. Mencegah Diabetes

Kandungan inositol yang ada pada asparagus terbukti efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi asparagus dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga mencegah terjadinya diabetes.

10. Memperbaiki Kualitas Sperma

Manfaat asparagus berikutnya adalah sebagai afrodisiak atau bahan alami yang dapat meningkatkan gairah seksual. Asparagus dapat memperbaiki kualitas sperma dengan meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

11. Meningkatkan Fungsi Hati

Kandungan senyawa asparagina dalam asparagus dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mencegah kerusakan hati. Didukung kandungan vitamin dan mineral lain manfaat asparagus bagi kesehatan organ hati menjadi lebih signifikan.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asparagus mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

13. Meningkatkan Fungsi Otak

Asparagus mengandung folat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah kerusakan otak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Asparagus: Ide Olahan

Meskipun manfaat asparagus sangat baik bagi kesehatan, di Indonesia sayur ini belum seterkenal sayur lainnya. Masyarakat Indonesia kurang familiar dengan jenis sayuran ini. Berikut ide olahan asparagus yang dapat ditiru sebagai menu makan sehari-hari yang mudah dibuat.

1. Asparagus Rebus

Olahan asparagus yang sering paling mudah adalah asparagus rebus. Caranya, asparagus direbus selama beberapa menit, kemudian ditambahkan dengan garam, lada dan mentega atau minyak untuk memberikan rasa.

2. Asparagus Tumis

Asparagus juga dapat diolah dengan cara ditumis. Caranya, tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukan asparagus dan tambahkan dengan bumbu sesuai selera.

3. Asparagus Panggang

Asparagus dapat diolah dengan cara dipanggang, kemudian ditambahkan dengan bumbu sesuai selera.

4. Sup Asparagus

Asparagus dapat ditambahkan dalam sup sebagai tambahan sayuran, bisa diolah dengan sup krim, sup jamur, atau sup ayam.

5. Salad Asparagus

Asparagus dapat ditambahkan sebagai tambahan sayuran pada berbagai jenis salad. Sebelum dijadikan campuran salad, biasanya asparagus dimasak terlebih dahulu. Asparagus dapat di rebus, tumis, atau dibakar. 

6. Pasta

Asparagus dapat ditambahkan dalam pasta sebagai tambahan sayuran, bisa diolah dengan saus tomat, saus carbonara, atau saus alfredo.

7. Risotto

Asparagus dapat ditambahkan dalam risotto sebagai tambahan sayuran, bisa diolah dengan rasa keju, jamur, atau saus seafood.

8. Omelette

Asparagus dapat ditambahkan dalam omelette sebagai tambahan sayuran, bisa diolah dengan telur, keju, atau daging

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.