Sukses

Jawaban Fii Amanillah untuk Laki-Laki dan Perempuan, Ini Bagian dari Sunnah

Jawaban fii amanillah adalah ma’assalaamah, artinya semoga keselamatan juga selalu menyeratimu.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jawaban fii amanillah yang benar? Fii amanillah adalah istilah dalam bahasa Arab yang biasa digunakan untuk mendoakan sesama muslim, yang akan menempuh perjalanan, mengerjakan sesuatu yang membahayakan, hingga mendengar kabar duka.

Dalam buku berjudul Sifat Shalat Nabi SAW oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, dkk, jawaban fii amanillah adalah ma’assalaamah yang artinya semoga keselamatan selalu menyeratimu. Jika ditulis dalam bahasa Arab, jawaban fii amanillah adalah مَعَ السَّلاَمَة.

Bentuk jawaban fii amanillah untuk laki-laki dan peremuan adalah sama, ini berupa doa untuk kebaikannya juga. Memberikan ucapan doa fii amanillah dan jawaban fii amanillah ini sunnah Rasulullah SAW. Keduanya memiliki makna saling mendoakan keselamatan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang jawaban fii amanillah, tujuan mengucapkan fii amanillah, dan waktu tepat mengucapkan fii amanillah, Rabu (25/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawaban Fii Amanillah untuk Laki-Laki dan Perempuan

Fii amanillah adalah istilah dalam bahasa Arab yang biasa digunakan untuk mendoakan sesama muslim, yang akan menempuh perjalanan, mengerjakan sesuatu yang membahayakan, hingga mendengar kabar duka.

Dalam buku berjudul Ikhlas Beramal untuk Hidup Berkualitas oleh Ibnu Muhajir, fii amanillah baiknya diucapkan saat:

1. Fii amanillah untuk seseorang sedang terkena musibah atau mengalami masa-masa yang sulit.

2. Fii amanillah untuk seseorang akan melaksanakan suatu amanah, tanggung jawab, atau menduduki jabatan tertentu pada suatu hal.

3. Fii amanillah untuk sesama Muslim akan mengakhiri percakapan.

4. Fii amanillah untuk seseorang dalam kondisi mengkhawatirkan.

5. Fii amanillah untuk teman atau saudara melakukan pekerjaan yang berbahaya atau penuh risiko.

Apa jawaban fii amanillah yang benar? Jawaban fii amanillah adalah berupa doa baik juga.

Dalam buku berjudul Kamus Saku Bahasa Arab-Indonesia oleh Alma’arif dan Umi Robiatin Musyafa’ah, fii amanillah artinya semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT. Tulisan Arab fii amanillah adalah فِيْ اَمَانِ الله.

Agar lebih bisa memaknai jawaban fii amanillah untuk laki-laki dan perempuan, ketahui tujuan dari mengucapkan fii amanillah itu sendiri. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, tujuan mengucapkan fii amanillah adalah:

1. Mendoakan Keselamatan Saudara Muslim

Tujuan dari mengucapkan fii amanillah adalah mendoakan keselamatan kepada saudara sesama muslim. Ini permintaan perlindungan kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam.

2. Menunjukkan Rasa Kepedulian kepada Sesama Muslim

Tujuan dari mengucapkan fii amanillah adalah menjadi doa untuk memperkuat kepedulian terutama sesama umat muslim.

3. Mewujudkan Perasaan Kasih Sayang kepada Saudara

Tujuan dari mengucapkan fii amanillah adalah mewujudkan perasaan kasih sayang kepada saudara sesama muslim. Ini seperti keinginan bahwa kita tidak menginginkan saudara kita ditimpa musibah atau kemalangan.

Jika sudah mengetahui arti fii amanillah dan tujuan mengucapkannya, maka selanjutnya mengetahui jawaban fii amanillah. Bentuk jawaban fii amanillah untuk laki-laki dan peremuan adalah sama, ini berupa doa untuk kebaikannya juga.

Dalam buku berjudul Sifat Shalat Nabi SAW oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, dkk, jawaban fii amanillah adalah ma’assalaamah yang artinya semoga keselamatan selalu menyeratimu. Jika ditulis dalam bahasa Arab, jawaban fii amanillah adalah مَعَ السَّلاَمَة.

Memberikan ucapan doa fii amanillah dan jawaban fii amanillah ini bagian dari sunnah Rasulullah SAW. Keduanya memiliki makna saling mendoakan keselamatan yang diridai Allah SWT. Selain itu, Allah SWT pun menegaskan tentang perkara ini dalam Al-Qur’an surat an-Nisa ayat 86 yang artinya:

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).”

3 dari 3 halaman

Ucapan Doa dalam Bahasa Arab Lainnya

Apabila sudah mengetahui arti fii amanillah dan jawaban fii amanillah adalah bermakna saling mendoakan keselamatan, kemudian ketahui ucapan doa dalam bahasa Arab lainnya. Ini ucapan doa dalam bahasa Arab lainnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Barakallah Fiikum

Barakallah berarti berkah Allah. Arti Barakallah juga bisa disamakan dengan berkah dari Allah. Kata Fiik memiliki 3 kata yang berbeda, yang ditujukan untuk orang yang berbeda.

Kata Fiikum ditujukan untuk kalian atau banyak orang, kata Fiika ditujukan untuk kaum lelaki, dan untuk kata Fiiki ditujukan untuk kaum perempuan.

2. Syafakallah

Syafakallah berarti Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu. Kata ini memiliki beberapa jenis arti sesuai dengan penerimanya. Syafakallah berarti untuk laki-laki, Syafakillah berarti untuk perempuan.

Syafakumullah berarti kepada kalian (laki-laki), Syafahullah berarti kepadanya laki-laki, Syafahallah berarti kepadanya perempuan, Syafahumullah berarti mereka laki-laki, dan Syafahunnallah berarti mereka perempuan.

3. Syukron

Syukron secara harfiah adalah "terima kasih". Kata ini merupakan bahasa Arab dari syakaro - yaskuru - syukron. Sesuai dengan artinya, syukron kerap digunakan sebagai salah satu kata untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih selain sebagai balasan terhadap budi baik seseorang, juga bisa menjadi pengingat manusia untuk senantiasa bersyukur.

4. Jazakallah Khair

Arti jazakallah khair adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih. Jazakallah artinya "semoga Allah membalasmu." Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Sehingga arti jazakallah Khair dalah "semoga Allah membalas kebaikanmu".

Jika mendapat ucapan jazakallah khair, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Maka bisa membalas dengan kalimat Wajazakallahu Khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

5. Tabarakallah

Arti Tabarakallah merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti Tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi.

Arti masyaallah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, maka itulah yang terjadi. Lalu ketika dilanjutkan dengan tabarakallah, akan menjadi ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT secara lengkap. Jadi, itulah arti masyaallah tabarakallah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.