Sukses

10 Manfaat Sari Kacang Hijau yang Kaya Protein, Berikut Cara Membuatnya

Manfaat sari kacang hijau terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya, cara membuatnya pun relatif mudah.

Liputan6.com, Jakarta Sari kacang hijau adalah minuman yang dibuat dengan menghaluskan kacang hijau yang sudah direbus dan ditambahkan gula merah. Beberapa produsen sari kacang hijau menambahkan santan atau susu agar rasanya lebih nikmat. Manfaat sari kacang hijau terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya dan cara membuatnya yang relatif mudah.

Manfaat sari kacang hijau yang paling terkenal adalah sebagai sumber protein yang tinggi. Protein adalah zat yang penting bagi pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, serta membantu dalam pembentukan otot dan jaringan ikat. Sari kacang hijau  juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi protein.

Manfaat sari Kacang hijau juga banyak dimanfaatkan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folatnya. Berikut manfaat sari kacang hijau dan cara membuatnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kacang Hijau: Kandungan Nutrisi

Manfaat sari kacang hijau berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut nutrisi yang ada pada sari kacang hijau.

- Protein

- Vitamin B

- Kalsium

- Magnesium

- Fosfor

- Zinc

- Besi 

- Serat

- Antioksidan

- Asam lemak esensial

- Kalori

- Karbohidrat kompleks

- Lemak

- Asam amino

- Vitamin A

- Vitamin C

- Vitamin E

- Vitamin K

- Mangan

- Seng

- Tembaga

3 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kacang Hijau

1. Sumber Protein

Manfaat sari kacang hijau yang pertama adalah sebagai sumber protein yang tinggi. Protein yang ada pada kacang hijau penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein juga membantu dalam pembentukan otot dan jaringan ikat, sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan otot.

2. Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil

Sari kacang hijau mengandung asam folat atau vitamin B9. Asam folat adalah jenis vitamin B yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, terutama sel-sel darah dan sel-sel baru dalam sistem saraf. Asam folat juga penting bagi pembentukan DNA dan RNA, serta dalam proses sintesis protein. Asam folat juga diperlukan dalam proses pembelahan dan perkembangan sel, yang penting dalam tahap awal kehamilan untuk mencegah cacat lahir.

3. Sumber Vitamin B

Manfaat sari kacang hijau juga dapat menjaga kesehatan sistem syaraf. Sari kacang hijau mengandung vitamin B yang penting untuk metabolisme energi dan kesehatan saraf. Vitamin B juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan gigi

Sari kacang hijau mengandung mineral seperti kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan gigi.

5. Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat sari kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan serat yang tinggi. Serat dapat mengikat kolesterol dan mencegah penyerapan kolesterol oleh tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kacang Hijau

6. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Manfaat sari kacang hijau dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat merelaksasikan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Sari kacang hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori. Sari kacang hijau mengandung karbohidrat komplek dan tinggi serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama, hal ini  dapat membantu dalam mengontrol nafsu makan dan asupan kalori berlebih.

Serat yang ada pada sari kacang hijau juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

8. Menangkal Radikal Bebas

Sari kacang hijau dipercaya memiliki manfaat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

9. Mendukung Proses Regenerasi Sel

Asam amino esensial pada sari kacang hijau dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi protein yang diperlukan dalam proses regenerasi sel tubuh yang rusak. Ditambag kandungan vitamin B  dan mineral yang dapat memperbaiki struktur kulit dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

10 Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat sari kacang hijau juga dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat yang tinggi dan rendah kolesterol.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kacang Hijau

Manfaat sari kacang hijau dapat dirasakan jika dikonsumsi secara rutin. Meski saat ini sudah banyak produk sari kacang hijau yang di jual di pasaran, akan lebih baik membuatnya sendiri agar dapat mengontrol kualitas bahan yang digunakan. Berikut cara membuat sari kacang hijau sendiri.

Bahan:

- 1500 ml air (bisa diganti dengan 1000 mili air biasa ditambah 500 ml santan atau susu)

- 200 gram kacang hijau

- 800 ml air

-150 gram gula merah

- 3 sdm gula pasir (sesuai selera)

- 2 lembar daun pandan

- 1/2 sdt garam

- 1 cm jahe, geprek

 

Cara membuat:

- Cuci bersih dan rendam kacang hijau semalaman agar empuk. Bilas bersih setelahnya. 

- Rebus kacang hijau dengan 1000 ml air  hingga matang empuk. Matikan api lalu dinginkan.

- Haluskan kacang hijau dan air rebusannya dengan blender, lalu saring. Proses ini bisa diulang beberapa kali jika ampasnya dirasa masih terlalu banyak.

- Rebus gula, gula merah, pandan, dan jahe geprek dalam 500 ml air atau santan maupun susu hingga mendidih, lalu saring.

- Campurkan air gula dan sari kacang hijau yang sudah disaring. Rebus dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih.

- Sari kacang hijau siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.