Sukses

Arti Thoriq dalam Islam, Nama Favorit untuk Anak Laki-Laki

Arti nama Thoriq dan rekomendasi nama-nama baik lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Nama Thoriq mungkin menjadi salah satu nama yang banyak kita dengar. Nama Thoriq sendiri terbilang umum dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam sebagai nama anaknya. Thoriq menjadi salah satu nama yang sangat populer untuk diberikan kepada anak laki-laki di Indonesia.

Memberi nama kepada anak bisa menjadi suatu pekerjaan yang sulit bagi sebagian besar orang tua, pasalnya setiap orang tua pasti ingin nama anaknya memiliki arti dan makna yang dalam dan baik. Apalagi mengingat bahwa nama yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya akan disandang seumur hidup oleh anak tersebut.

Nama Thoriq sendiri memiliki makna yang baik, selain itu nama Thoriq juga dapat anda jumpai dalam Al Quran, yang membuat nama Thoriq ini menjadi lebih berkesan dan bermakna. Apalagi dalam Islam diajarkan untuk memilih nama yang baik untuk anak, karena juga merupakan doa untuk anak tersebut.

Lantas apa arti nama Thoriq? Untuk menjawabnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (26/1/2023). Arti nama Thoriq dan rekomendasi nama-nama baik lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Nama Thoriq

Arti Nama Thoriq 

Thoriq merupakan nama yang populer digunakan di Indonesia untuk menamai anak laki-laki, terutama pada keluarga Islam. Hal ini karena Thoriq memiliki arti dan makna yang dalam. Thoriq merupakan kata yang terdapat dalam Al Quran pada Surat Taha Ayat 77. Arti nama Thoriq berasal dari bahasa arab yaitu طَرِيْق yang artinya Jalan. 

Nama Thoriq merupakan nama yang bagus dan indah untuk anak bayi laki-laki islam. Selain itu nama ini juga unik karena nama Thoriq memiliki 3 makna baik yaitu (1) Yang datang waktu malam (2) yang mengetuk (3) nama pahlawan Islam terkenal. 

Memberikan nama Thoriq kepada anak dengan ketiga makna diatas, dapat juga diartikan sebagai cara untuk memberikan doa agar anak laki laki yang menyandang nama tersebut menjadi laki laki yang beriman,berguna bagi keluarganya, taat pada agama dan menjadi pemimpin.

Nama Thoriq juga bagus karena bisa dikombinasikan atau digabungkan dengan nama-nama lainnya, untuk dapat membentuk kesatuan atau rangkaian nama anak yang tetap Islami namun tidak ketinggalan jaman dan modern. Peletakan nama Thoriq juga fleksibel, dapat diletakan di depan, tengah atau belakang.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Memberi Nama Pada Anak Dalam Islam

Cara Memberi Nama Pada Anak Dalam Islam

Pemberian nama merupakan salah satu persoalan terpenting dalam kehidupan masyarakat. Nama seseorang adalah gelar yang mengatakan sesuatu tentang dirinya, dan sangat penting untuk berkomunikasi dengannya. Nama adalah perhiasan dan simbol bagi orang yang dengannya dia dipanggil di dunia dan di akhirat. 

Terdapat prinsip dasar dalam cara memberi nama anak dalam islam dimana semua nama diperbolehkan untuk diberikan, namun ada beberapa hal yang dilarang menurut syariat dan harus dihindari saat memilih nama. yaitu: 

1. Perbudakan atau penyembahan kepada selain Allah, termasuk para nabi dan malaikat. Tidak diperbolehkan memperbudak atau menyembah siapa pun atau apa pun selain Allah sama sekali. Di antara nama-nama yang menyatakan perbudakan atau penyembahan selain Allah adalah 'Abd al-Rasul ("budak Rasul"), 'Abd al-Nabi ("budak Nabi") dan 'Abd al-Amier (budak). pangeran) dan nama-nama lain yang menyiratkan pemujaan atau ketundukan kepada selain Allah. 

2. Nama-nama Allah yang hanya pantas untuk-Nya, seperti al-Khaliq (Pencipta), al-Raziq (Pemberi Rezeki), al-Rabb (Tuhan), al-Rahman (Maha Penyayang), dll yang merupakan nama-nama yang hanya pantas untuk Allah, nama-nama yang menggambarkan sifat-sifat yang benar hanya milik Allah, seperti Malik al-Mulk (Raja segala raja), al-Qahir (Penakluk), dll. 

3. Nama-nama yang hanya milik orang-orang kafir dan tidak digunakan oleh orang lain, seperti 'Abd al-Masih ("budak Mesias"), Butrous (Peter), Jurjus (George), dan nama lain yang menunjukkan agama lain. 

4. Nama-nama berhala dan tuhan-tuhan palsu yang disembah selain Allah, hal ini seperti menamai seseorang dengan nama setan dan sebagainya. Tidak boleh memanggil orang dengan nama yang disebutkan di atas; memang, melakukannya adalah haram dan siapa pun yang memiliki nama seperti itu wajib mengubahnya.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Nama Islam Lainnya

Rekomendasi Nama Islam Lainnya

Selain nama Thoriq, terdapat nama-nama lain yang memiliki makna yang baik dalam Islam, yang dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk diberikan kepada anak. Nama-nama yang baik dalam Islam ini juga sebagai doa agar kebaikan selalu hadir bagi sang anak, dan juga anak tersebut dapat tumbuh menjadi sosok baik yang sesuai dengan namanya. 

Arham (ارحام) : Belas kasihan, Kasih sayang, Kebaikan

Ayan (آیان) : Hadiah, Berkah dari Tuhan

Ayaan (آیان) : Karunia Tuhan, Pahala, Kemurahan Hati

Aryan (آریان) : Prajurit, orang-orang pikiran invasif, terkait dengan orang-orang Arya

Zayn (زیان) : Tampan, Ramah, Anggun

Anas (انس) : Kasih Sayang, Cinta, Persahabatan yang Menyenangkan

Rehan (ریحان) : Beraroma, Wewangian, Tanaman Harum

Huzaifa (حذیفہ) : Manusia Bijaksana, Intelektual, Memiliki Kemampuan Mencermati, Sebutan Sahabat Nabi

Azlan (ازلان) : Singa, Pemberani, Pemberani

Junaid (جنید) : Seorang Suci Sufi, Spiritual, Pejuang Muda, Pejuang

Irfan (عرفان) : Rasa syukur. Pengetahuan. Kebijaksanaan.

Sufian (سفیان) : Bergerak Cepat, Ringan, Gesit, Sahabat Nabi

Adnan (عدنان) : Pemukim, Seseorang yang Menetap Untuk Waktu Yang Lama Di Suatu Tempat, Surga

Asif (آصف) : Pengampunan, Kuat, Kuat, Sengit

Rohaan (روحان) : Sebagai Jiwa Murni, Spiritual, Baik hati, Pengasih

Salman (سلمان) : Sahabat, Terutama Nabi Muhammad

Taimoor (تیمور) : Buatan Sendiri, (terbuat dari) Baja, Kuat

Rizwan (رضوان) : Penerimaan, Niat Baik, Nama Penjaga Gerbang Surga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.