Sukses

16 Kumpulan Lagu Religi Islami Paling Populer, Liriknya Menyejukkan Hati

Indonesia memiliki banyak lagu religi islami yang mengandung makna menyentuh dan menyejukkan hati.

Liputan6.com, Jakarta Lagu religi Islami merupakan lagu yang terikat ajaran-ajaran agama di mana lagu tersebut mengandung karisma tersendiri bagi pendengarnya. Lagu religi Islami bukan hanya populer di Arab Saudi, namun juga di Indonesia.

Lagu religi ini bisa menjadi media dakwah untuk mengajarkan agama Islam dengan cara yang menyenangkan. Kandungan lirik yang terdapat pada lagu religi sangat menyentuh dan menyejukkan hati.

Pada umumnya, lagu religi Islami banyak dirilis pada bula Ramadhan. Sebab bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa, selain itu juga untuk mengingat Allah SWT dan semua ajaran-ajarannya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai kumpulan lagu religi Islami di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kumpulan Lagu Religi yang Populer di Indonesia

1. Bimbo-Sajadah Panjang

Lagu Sajadah Panjang sendiri merupakan single musik dari grup musik legendaris Bimbo yang memiliki cerita tentang filosofi kehidupan yang mana menggambarkan keluarga yang penuh cinta dan rasa hormat yang besar terhadap sosok seorang ayah.

2. Opick - Obat hati

Lagu Obat Hati yang dipopulerkan oleh Opick ini menceritakan tentang cara agar seorang umat Muslim mendapatkan ketenangan hati dan kedamaian jiwa.

3. Opick - KarenaMu

Lagu KarenaMu yang dinyanyikan oleh Opick ini memiliki lirik yang menyejukkan hati, karena menceritakan tentang seorang hamba yang sadar bahwa hidupnya tidak bermakna tanpa Allah SWT di sisinya. Lagu ini juga secara tidak langsung mengingatkan kita kepada Allah SWT.

4. Haddad Alwi Feat. Gita Gutawa - Salam Ramadhan

Lagu Salam Ramadhan yang dipopulerkan oleh Haddad Alwi Feat. Gita Gutawa ini sebagai penyambutan serta pengharapan saat Bulan Ramdhan. Lagu ini sangat cocok dinyanyikan pada bulan Ramadhan.

3 dari 5 halaman

Kumpulan Lagu Religi yang Populer di Indonesia

5. Gigi - Mohon Ampun

Lagu Mohon Ampun yang dipopulerkan oleh grup band Gigi ini memiliki makna tentang seorang hamba yang memohon ampun tentang segala kesalahan dan dosa yang pernah ia perbuat. Dia menyadari bahwa hidupnya tak pernah luput dari kesalahan dan dosa, dengan lagu religi ini seseorang bisa berserah diri dan memohon ampun atas segala kesalahan maupun dosa yang diperbuat pada masa lalu.

6.Ungu - Andai Ku Tahu

Lagu Andai Ku Tahu yang dipopulerkan oleh grup musik Ungu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang menyesali dosa-dosanya di bumi yang selalu terbayang-bayang olehnya. Dia ingin bertobat karena takut dengan siksa neraka setelah meninggal karena kesalahan dan dosa-dosanya yang telah lampau.

7. Opick - Rapuh

Lagu Rapuh yang dinyanyikan oleh Opick memiliki makna yang mendalam mengenai kehidupan. Lagu ini mengingatkan kepada para pendengar bahwa kehidupan terus berjalan yang diwarnai kebahagiaan dan kesedihan, terkadang berada di atas dan terkadang berada di bawah.

8. Opick - Bila Waktu Tlah Berakhir 

Lagu Bila Waktu Tlah Berakhir yang dinyanyikan oleh Opick menceritakan tentang kematian yang pasti akan datang dan menimpa semua makhluk hidup. Pada bait pertama, lagu ini menjelaskan tentang dunia hanya bersifat sementara. Kemudian dilanjutkan dengan bait kedua yang menegaskan mengenai pertanyaan bagaimana bila semua meninggal.

4 dari 5 halaman

Kumpulan Lagu Religi yang Populer di Indonesia

9. Rhoma Irama - Taqwa

Lagu Taqwa yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama menceritakan tentang ajaran terpuji yang dimiliki oleh umat Islam. Lagu Taqwa sendiri mengandung ajaran yang berpikir secara logika atas adanya Allah SWT.

10. Afgan - PadaMu Ku Bersujud 

Lagu PadaMu Ku Bersujud yang dinyanyikan oleh Afgan menceritakan tentang permohonan ampunan kepada Allah atas segala kesalahan, ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk taubat dari seseorang hamba Allah yang mengaku salah atas dosa yang telah diperbuatnya.

11. Gigi - Pintu Surga 

Lagu Pintu Surga yang dipopulerkan oleh grup musik Gigi ini mengkisahkan tentang umat Islam yang mempertanyakan cara masuk ke surga sebagai salah satu keinginannya sebagai umat manusia. Lagu ini sering dibawakan pada saat bulan Ramadhan.

12. Sabyan - Ana Ana

Lagu Ana Ana yang dinyanyikan oleh Nisa Sabyan ini merupakan musik shalawat yang memiliki makna kecintaan, keagungan, dan kebesaran Rasulullah SAW yang sangat mendalam.

5 dari 5 halaman

Kumpulan Lagu Religi yang Populer di Indonesia

13. Fitriana - Sholawat Nariyah

Lagu religi Sholawat Nariyah yang dinyanyikan oleh Fitriana ini merupakan salah satu pujian untuk Nabi Muhammad SAW dan sebagai bentuk rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW.

14. Sabyan - Deen Assalam

Lagu religi yang berjudul Deen Assalam ini dipopulerkan oleh Nisa Sabyan yang menceritakan tentang agama yang cinta perdamaian dan toleransi di dalam masyarakat. Setiap bait liriknya mempunyai makna yang mendalam dan menyentuh hati.

15. Inka Christie - Ampuni Dosaku

Lagu religi berjudul Ampuni Dosaku yang dinyanyikan oleh Inka Christie ini memiliki makna tentang taubatnya seseorang. Dia mengaku salah dan berharap untuk mendapatkan ampunan dari Tuhan.

16. Sabyan - Ya Maulana

Lagu Ya Maulana yang dipopulerkan oleh Nisa Sabyan ini menceritakan tentang rasa bersyukur yang tinggi dan permohonan maaf kepada Allah SWT. Lagu ini merupakan karangan dari Ahmad Fairus atau yang kerap dikenal Ayus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.