Sukses

11 Keutamaan Surat Al Waqiah yang Dibaca Rutin, Pembuka Pintu Rezeki

Keutamaan surat Al Waqiah ini berkaitan dengan pembuka pintu rezeki, dilindungi di dunia, hingga dipermudah sakaratul mautnya.

Liputan6.com, Jakarta Keutamaan surat Al Waqiah akan dirasakan oleh umat Islam apabila membacanya setiap hari bahkan setiap selesai salat lima waktu. Surat Al Waqiah adalah surah ke-56 dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang hari kiamat.

Keutamaan surat Al Waqiah memberikan banyak keberkahan bagi umat Islam yang membacanya. Secara tak terduga, keutamaan surat Al Waqiah ini berkaitan dengan pembuka pintu rezeki, dilindungi di dunia, hingga dipermudah sakaratul mautnya.

Keutamaan surat Al Waqiah merupakan suatu wujud amalan yang akan terus mengalir. Hal ini sebagai tanda kebesaran Allah SWT. Keutamaan surat Al Waqiah adalah untuk mencari ridho Allah SWT.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai keutamaan surat Al Waqiah bagi yang rutin membacanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Surat Al Waqiah

Surat Al Waqiah merupakan salah satu surat yang terdapat di Al Qur’an. Surat Al Waqiah yang berarti hari kiamat ini merupakan  surah ke-56 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah.

Surah ini dinamai dengan Al Waaqi'ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al Waaqi'ah yang terdapat pada ayat pertama. Secara garis besar, surat Al Waqiah ini menjelaskan mengenai hari kiamat itu akan terjadi sebagai balasan untuk orang mukmin dan orang kafir.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al Waqiah yang Dibaca Rutin

1. Dijauhkan dari kefakiran

Keutamaan surat Al Waqiah yang pertama adalah dijauhkan dari kefakiran. Sebagaimana Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

2. Surat kekayaan

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah sebagai surat kekayaan bagi umat muslim. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

3. Diberikan syafaat di hari kiamat

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah diberikan syafaat di hari kiamat. Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

"Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

4 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al Waqiah yang Dibaca Rutin

4. Diberikan ketenangan jiwa dan raga

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah diberikan ketenangan jiwa dan raga oleh Allah SWT. Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:

"Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

5. Dibukakan pintu rezeki

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dibukakan pintu rezeki. Sebagaimana yang disampaikan dalam hadis, artinya:

“Ajarkanlah surat Al-Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan”,(Hadist riwayat Ibnu Ady).

6. Dijauhkan dari kemiskinan

Keutamaan surat Al Waqiah yang lainnya adalah dijauhkan dari kemiskinan. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimpah.

7. Dilindungi dari kemudharatan dunia

Keutamaan surat Al Waqiah yang lainnya adalah dilindungi dari kemudharatan dunia apabila surat ini dibacakan secara rutin. Bahkan bagi umat muslim wanita yang membaca surat Al Waqiah akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al Waqiah yang Dibaca Rutin

8. Mempermudah sakaratul maut

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

9. Mengajarkan tauhid kepada umat muslim

Keutamaan surat Al Waqiah juga mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

10. Mendapatkan 10 pahala

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya adalah mendapatkan 10 pahala. Hal ini sebagaimana yang disampaikan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Tirmidzi,

“Dalam Al-Qur’an terdapat 32.515 ayat dan dimana jika anda membacanya sampai khatam, maka pahala yang akan didapat akan berjumlah 325.150,”

11. Dikabulkannya seluruh hajat yang berhubungan dengan rezeki

Apabila surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.