Sukses

Sadar Diri, Para Ahli Ungkap Ikan Bisa Mengenali Wajah Mereka di Cermin dan Foto

ikan bisa kenal dengan diri sendiri dan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Cermin punya fungsi utama untuk melihat diri dalam sudut pandang lain. Sehingga orang yang bercermin dapat mengetahui diri mereka sendiri. Siapa sangka, tak hanya manusia saja yang bisa sadar diri. Beberapa hewan salah satunya ikan ternyata bisa mengenali potret mereka lewat cermin, bahkan dalam sebuah gambar. 

Melansir dari Science News, kemampuanikan menunjukkan bahwa kesadaran diri mungkin jauh lebih tersebar luas di antara hewan daripada yang diperkirakan para ilmuwan. Kemampuan ini sudah lebih dulu diketahui pada hewan yang dianggap sangat cerdas, seperti simpanse.

“Dipercaya secara luas bahwa hewan yang memiliki otak lebih besar akan lebih cerdas daripada hewan dengan otak kecil,” seperti ikan, kata sosiolog hewan Masanori Kohda dari Osaka Metropolitan University di Jepang.

Penasaran dengan hal ini, Kohda melakukan penelitian untuk mencari tahu kemampuan unik dari ikan. Ia dan timnya melihat penemuan yang menakjubkan pada ikan. Tak hanya manusia yang sadar diri di depan cermin, ikan ternyata bisa mengenali tubuh dan wajah mereka. Bahkan ikan juga bisa mengenali pemiliknya saat di akuarium. 

Berikut Liputan6.com merangkum penemuan ini melansir dari Science News, Selasa (14/2/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip manusia

Masanori Kohda sudah melakukan banyak tes tersebut yang memaparkan hewan ke cermin dan kemudian secara diam-diam memberi tanda pada wajah atau tubuh hewan tersebut. Tujuannya ialah untuk melihat apakah hewan akan melihatnya di pantulan mereka dan mencoba menyentuhnya di tubuh mereka. 

Sebelumnya hanya segelintir spesies berotak besar, termasuk simpanse dan kera besar lainnya, lumba-lumba, gajah, dan murai, yang telah lulus ujian.

Dalam sebuah penelitian baru, jenis ikan Cleaner fish yang suka menempel di tubuh ikan lain dapat membedakan wajahnya sendiri dari wajah cleaner fish lainnya dalam foto diam. Ini menunjukkan bahwa ikan mengidentifikasi diri mereka dengan cara yang sama seperti yang dipikirkan manusia.

Kohda dan rekannya melaporkan 6 Februari di Proceedings of the National Academy of Sciences .

“Saya pikir sungguh luar biasa bahwa mereka dapat melakukan ini,” kata ahli primata Frans de Waal dari Emory University di Atlanta yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. "Saya pikir ini adalah studi yang luar biasa."

De Waal dengan cepat menunjukkan bahwa gagal dalam tes cermin tidak boleh dianggap sebagai bukti kurangnya kesadaran diri. Meski begitu, para ilmuwan masih berjuang untuk memahami mengapa beberapa spesies yang diketahui memiliki kemampuan kognitif yang kompleks, seperti monyet dan gagak, tidak lolos. 

3 dari 3 halaman

Dicoba pada hewan lain

Para peneliti juga mempertanyakan apakah tes tersebut sesuai untuk spesies seperti anjing yang lebih mengandalkan aroma, atau seperti babi yang mungkin tidak cukup peduli dengan tanda di tubuh mereka untuk mencoba menyentuhnya.

Hasil campuran pada hewan lain membuatnya semakin mencengangkan yang bisa dilewati oleh ikan kecil. Dalam studi uji cermin pertama mereka, yang diterbitkan pada 2019 dan 2022, tim Kohda memaparkan ikan pembersih tangkapan liar di tangki terpisah ke cermin selama seminggu. 

Para peneliti kemudian menyuntikkan pewarna coklat tepat di bawah sisik di tenggorokan ikan, membuat tanda yang menyerupai parasit yang dimakan ikan ini dari kulit ikan yang lebih besar di alam liar. Ketika ikan yang ditandai melihat diri mereka di cermin, mereka mulai memukul leher mereka di atas batu atau pasir di dasar tangki, tampaknya mencoba mengikis tanda tersebut.

Dalam studi baru, 10 ikan yang lulus uji cermin kemudian diperlihatkan foto wajah mereka sendiri dan foto wajah ikan pembersih yang tidak dikenal. Semua ikan bertindak agresif terhadap foto yang tidak dikenal, seolah-olah itu adalah orang asing, tetapi tidak agresif terhadap foto wajah mereka sendiri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.