Sukses

13 Manfaat Wijen bagi Kesehatan, Bukan Sekedar Penyedap Makanan

Manfaat wijen selain sebagai bahan masakan, juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta Wijen atau Sesamum indicumadalah tanaman yang berasal dari Afrika dan Asia, yang dikenal karena bijinya yang kecil, pipih, dan memiliki rasa yang khas. Manfaat wijen selain sebagai bahan masakan, juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam.  Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Biji wijen umumnya kecil dan bulat, dengan ukuran sekitar 2-3 mm. Biji ini memiliki kulit luar yang keras dan berwarna kecoklatan atau kehitaman, sementara bagian dalamnya berwarna putih atau kekuningan. Selain itu, biji wijen juga memiliki aroma yang khas dan rasa yang gurih dan bertekstur renyah ketika dikonsumsi.

Manfaat wijen dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya secara rutin. Wijen dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik sebagai biji utuh, pasta wijen, minyak wijen, ataupun bubuk wijen. Karena kaya akan nutrisi, manfaat wijen sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman, seperti roti, kue, selai, saus, dan minuman kopi atau teh.

Selain itu, biji wijen juga sering digunakan sebagai bahan dalam masakan Asia, seperti hidangan tumis, sup, atau mi. Berikut manfaat wijen yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Wijen bagi Kesehatan

1. Mengandung Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan 

Manfaat wijen kaya akan nutrisi penting, termasuk serat, protein, lemak sehat, vitamin B1, magnesium, fosfor, dan mangan. Serat yang terkandung dalam biji wijen membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Protein pada wijen membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Lemak sehat yang terkandung dalam biji wijen, seperti omega-3 dan omega-6, sangat baik untuk kesehatan jantung. Vitamin B1 membantu memetabolisme makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan sistem saraf. Magnesium, fosfor, dan mangan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan elektrolit, dan meningkatkan fungsi sel dan jaringan dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji wijen kaya akan mineral penting, seperti kalsium dan fosfor, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium adalah mineral utama yang membentuk tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Fosfor juga penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, biji wijen juga mengandung senyawa antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi.

3. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Manfaat wijen juga mengandung lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lemak sehat dalam biji wijen ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol yang sehat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, seperti aterosklerosis, hipertensi, dan serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wijen bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Biji wijen kaya akan antioksidan, seperti sesamin, sesamolin, dan lignan, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh. Antioksidan pada wijen membantu menangkal efek merusak radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

5. Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat wijen mengandung vitamin E, antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Vitamin E juga membantu meningkatkan kelembaban kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

6. Memelihara Kesehatan Otak dan Saraf 

Biji wijen mengandung asam lemak esensial, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9, yang membantu menjaga kesehatan otak dan saraf. Asam lemak esensial penting untuk membangun dan memelihara sel-sel saraf dalam otak, serta membantu menjaga kesehatan seluruh sistem saraf.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Biji wijen mengandung serat makanan yang membantu mengatur gerakan usus dan memperbaiki kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Serat pada biji wijen juga membantu mencegah sembelit, membantu mengurangi peradangan pada usus besar, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

8. Menjaga Kesehatan Mata 

Biji wijen mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, dan mencegah terjadinya degenerasi makula.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wijen bagi Kesehatan

9. Menjaga Kesehatan Jantung 

Biji wijen mengandung lignan, senyawa alami yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Lignan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, serta mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah.

10. Menurunkan Risiko Diabetes 

Manfaat wijen mengandung serat makanan dan protein, dua nutrisi yang membantu menurunkan risiko diabetes. Serat makanan membantu mengurangi penyerapan gula dalam darah, sementara protein membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

Biji wijen mengandung arginin, asam amino yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Arginin membantu meningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga membantu menjaga kesehatan dan fungsi ginjal.

12. Mendukung Kinerja Sistem Imun

Biji wijen mengandung seng, mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sistem imun. Seng membantu meningkatkan produksi sel-sel imun dan memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

13. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Biji wijen mengandung asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6, yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Asam lemak esensial membantu meningkatkan produksi minyak alami pada kulit kepala, sehingga menjaga kelembaban dan kesehatan kulit kepala dan rambut yang tumbuh di atasnya. Biji wijen juga mengandung zat besi, mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Zat besi membantu memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.