Sukses

7 Arti Mimpi Kiamat, Menurut Islam, Primbon dan Psikologi

Tak selalu buruk, mimpi kiamat juga bisa jadi pertanda baik.

Liputan6.com, Jakarta Mimpi merupakan bunga tidur yang dialami oleh siapa pun, sehingga tak menutup kemungkinan bila mimpi terjadi akibat aktivitas ruang bawah sadar. Seperti rasa cemas yang berlebih ataupun depresi, dan membuat merasa tertekan. Salah satu mimpi menyeramkan yang bisa dialami siapa saja yakni mimpi kiamat.

Mendengar hari kiamat tentu saja terasa mengerikan, terlebih jika hadir di dalam mimpi. Kiamat sendiri merupakan hari akhir kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia. Hari kiamat pun digambarkan sebagai kehancuran, keonaran, bencana, hingga penderitaan.

Namun tak ada yang tahu kiamat akan datang. Sebab hanya Tuhan yang tahu tentang datangnya kiamat. Meski sering dikaitkan dengan kabar buruk, tak selamanya mimpi kiamat jadi pertanda yang kurang baik.

Di beberapa maknanya, mimpi kiamat juga menjadi pertanda baik. Berikut 7 arti mimpi kiamat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mimpi Kiamat Menurut Islam

Mimpi kiamat menurut agama Islam, dianggap sebagai pengingat agar umat muslim tidak lupa berdoa kepada Allah. Mungkin mimpi ini bisa menyadarkanmu untuk bertobat dan rajin melakukan ibadah, karena saat ini pemimpi memiliki hubungan yang jauh dengan Allah. Jika rajin beribadah, maka akan mendapatkan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan.

3 dari 8 halaman

2. Mimpi Kiamat Menurut Psikologi

Menurut ilmu psikologi, mimpi kiamat menggambarkan tentang perasaan takut, khawatir dan cemas yang sedang dialami pemimpi. Kamu terlalu khawatir tentang keadaan orang yang kamu sayangi.

Bahkan pemimpi sangat takut untuk menghadapi masa depan. Usahakan untuk mengontrol pikiran dan perasaanmu, agar kecemasan dan kekhawatiran tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

4 dari 8 halaman

3. Mimpi Kiamat Menurut Primbon Jawa

Sedangkan menurut Primbon Jawa, mimpi kiamat memiliki arti bahwa pemimpi akan mendapatkan perubahan hidup. Dalam waktu dekat, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk hidup kembali atau melakukan perubahan dalam hidup. Berubahlah menjadi orang yang lebih positif, dan sebaiknya tinggalkan masa lalu yang buruk dan merugikan hidupmu.

5 dari 8 halaman

4. Mimpi Kiamat Dialami Perempuan

Jika seorang perempuan mengalami mimpi kiamat, maka mimpi ini menandakan kabar baik. Seorang perempuan yang masih melajang akan segera mendapatkan jodoh. Selain itu, mimpi ini menunjukkan akan ada fase baru dalam kehidupan. Tentu saja kehidupan yang lebih baik daripada yang sebelumnya.

6 dari 8 halaman

5. Mimpi Kiamat yang Dialami Orang Sakit

Tak perlu takut atau khawatir jika sedang sakit dan mengalami mimpi kiamat. Karena mimpi ini menandakan bahwa orang yang sakit akan segera disembuhkan. Mimpi kiamat adalah pengalaman yang mengerikan dengan gambaran dunia yang runtuh. Tetapi kalau situasi tersebut mendadak kembali normal seperti semula, maka arti dari mimpi adalah akan datangnya penyakit baru yang menyerang pemimpi.

7 dari 8 halaman

6. Mimpi Menghindari Kiamat

Kiamat bisa diartikan sebagai sebuah masalah dalam kehidupan. Jika kamu mengalami mimpi menghindari kiamat, mimpi ini menunjukkan kalau saat ini sedang memiliki banyak masalah dan ingin menghindarinya. Sebaiknya selesaikan semua masalahmu dengan baik, karena menghindar dari masalah akan menyebabkan masalah baru yang merugikan dirimu sendiri.

8 dari 8 halaman

7. Matahari Terbit dari Barat saat Kiamat

Dalam ajaran Islam, kiamat digambarkan dengan adanya fenomena alam yang terjadi secara bertolak belakang dari biasanya. Salah satu fenomena tersebut adalah matahari yang terbit dari barat. Jika kamu mengalaminya dalam mimpi, tandanya adalah kamu memiliki kekeliruan dalam menilai hidup. Kamu pun harus segera memperbaiki kekeliruan tersebut supaya tidak berada pada jalan yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.