Sukses

14 Animasi Kartun Muslimah Lucu, Cocok Untuk Anak Belajar Agama

Rekomendasi animasi kartun muslimah lucu yang cocok untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta Animasi kartun muslimah lucu merupakan salah satu media yang bisa digunakan oleh orangtua, untuk mengajarkan agama kepada anak-anak mereka. Animasi kartun muslimah lucu juga menjadi media belajar yang menarik dan menyenangkan, yang tentunya tidak membuat anak bosan saat menontonnya. Jadi menonton animasi kartun muslimah lucu lebih disarankan, daripada belajar agama dengan metode konvensional.

Rasa bosan menjadi salah satu tantangan terbesar bagi anak saat belajar, sedangkan menonton video animasi adalah salah satu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Jadi belajar dengan menggunakan video animasi kartun adalah alternatif belajar anak yang tidak membosankan dan menyenangkan bagi anak. 

Untungnya saat ini telah banyak channel dan juga rumah produksi, yang membuat animasi kartun muslimah lucu yang cocok untuk anak-anak. Dimana selain dapat menghibur dan menghilangkan kebosanan anak, animasi kartun muslimah lucu ini juga mengajarkan anak nilai-nilai Islam yang baik.

Lantas apa saja animasi kartun yang cocok dilihat anak untuk belajar agama? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi animasi kartun muslimah lucu yang cocok untuk anak, Jumat (23/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Animasi Kartun Muslimah Lucu

1. Upin dan Ipin

Upin dan Ipin merupakan serial animasi kartun yang dibuat oleh Les Copaque dari Malaysia. Upin dan Ipin merupakan anak kembar yatim piatu yang diasuh oleh nenek dan kakaknya. Kenakalan Upin dan Ipin yang sangat khas itulah yang membuat cerita ini jadi seru dan lucu. 

Karakter lain dalam serial Upin dan Ipin, seperti Mail, Ijat dan Atok juga menambah variasi konflik cerita. Selain memiliki kisah yang sangat bagus, kartun Upin Ipin juga mengajarkan anak-anak tentang tata cara berdoa dengan baik, hafalan huruf hijaiyah, beberapa doa-doa pendek dan surat pendek yang dipakai untuk shalat.

2. Nussa

Nussa merupakan animasi kartun Islam yang sangat digemari di platform YouTube. Nussa merupakan anak laki-laki yang memiliki seorang adik bernama Rara. Bagian yang membuat banyak orang tersentuh adalah karakter Nussa yang begitu besar hatinya menerima kekurangan dirinya dan tetap beraktivitas sebagaimana biasa. 

Diproduksi oleh The little Giantz Production Indonesia. Kartun Nussa menyajikan pesan moral dalam balutan cerita sederhana. Terkadang, serial ini juga menyajikan lagu-lagu tentang rukun iman, rukun Islam, doa sehari-hari, tata cara sholat hingga Asmaul Husna.

3. Riko The Series

Animasi kartun muslimah selanjutnya adalah Riko The Series. Riko The Series menceritakan tentang kisah Riko, Kak Wulan, Ayah, Bunda, dan Qiio, sebuah robot kecil yang menemani Riko. Bersama mereka, si kecil akan mendapatkan teladan yang baik untuk menjadi seorang muslim. Riko The Series merupakan karya dari Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto.

4. The Journey 

The Journey adalah serial animasi dengan karakter lucu yang mengajarkan anak-anak tentang etika Islam. Tiga anak dibawa pergi dalam badai ke pulau ajaib, penuh dengan tanaman eksotis dan tropis yang rimbun, dan hewan liar seperti jerapah, rusa, dan bangau berkeliaran. Di pulau itu mereka bertemu Kakek Nur dan Nenek Ihsan, yang merawat mereka sambil mencari cara untuk membawa mereka kembali ke rumah, dan mendidik mereka tentang pentingnya ayat-ayat Alquran, hadits, dan doa Islam dalam kehidupan kita sehari-hari. 

5. Aya and Yusuf

Aya dan Yusufadalah anak kembar petualang berusia 6 tahun yang suka menjelajahi dunia di sekitar mereka. Serial ini berlatar di rumah keluarga dan di taman mereka, lingkungan alam yang indah tempat mereka menghabiskan banyak waktu. Mereka menghadapi situasi di mana mereka dapat bekerja dan memahami pelajaran hidup yang penting berdasarkan ajaran Alquran. Artinya, fokusnya sangat banyak pada nilai-nilai yang diwakili oleh keluarga dan prinsip-prinsip penting untuk menjalani hidup seperti kebaikan, kesabaran, tanggung jawab, dan rasa syukur.

 
3 dari 4 halaman

Rekomendasi Animasi Kartun Muslimah Lucu

6.Kr1ng

KR1NG adalah film pendek animasi dan serial kartun pemenang penghargaan dan sangat menghibur, dengan karakter yang menyenangkan, yang menjelajahi dunia melalui mata seorang anak penderita disleksia. Guru Suraya membantu muridnya yang menderita disleksia, Mael, melewati rintangan akademik saat kami melihat peristiwa melalui pikirannya yang sangat imajinatif. 

7. Aqil story

Aqil story adalah serial animasi berdasarkan Al-Qur'an dan hadits. Ini adalah kisah seorang anak berusia 9 tahun bernama Aqil. Tujuan utama serial ini adalah untuk mengajarkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak muda secara menarik. Mengajar anak-anak melalui video animasi jauh lebih baik daripada mendikte apa yang harus dilakukan. Setiap episode dilengkapi dengan masalah dan solusi, dimana anak-anak melakukan kesalahan terlebih dahulu dan belajar dari situasi tersebut. 

8. Omar and Hanaa

Omar and Hanaa mengajarkan dasar-dasar dan konsep Islam melalui petualangan kakak beradik. Animasi ini berasal dari Malaysia dan disiarkan di TV satelit, tetapi ditonton di sekitar 50 negara melalui YouTube. Kualitasnya fantastis. Ini dalam 3D penuh. Ini menggambarkan kehidupan sehari-hari anak-anak Muslim Omar dan Hanna dan cara orang tua mereka mencoba menanamkan pendidikan Islam dalam diri mereka. 

9. Learn with Zakaria

Belajar dengan Zakaria adalah saluran YouTube dan, tidak seperti serial animasi kartun lainnya, saluran ini berbeda karena lebih merupakan saluran pendidikan. Ini memiliki serangkaian video pendidikan yang akan membuat anak-anak tertawa dan tersenyum saat mengajari mereka alfabet Arab, warna, bentuk, nama dalam bahasa Arab, Inggris, dan Prancis. Setiap video mengajarkan sesuatu seperti huruf dan kata-kata Arab.

10. Muslim kids T.V

Muslim kids T.V adalah platform hiburan digital berbasis di Kanada yang diakui di seluruh dunia karena hiburan berbahasa Inggrisnya yang sangat berharga bagi keluarga Muslim. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan kartun, serial video, dan permainan seputar konten Islam untuk membuat pembelajaran Islam menjadi interaktif dan menghibur. Muslim kids T.V memiliki saluran YouTube di mana mereka juga menyediakan beberapa konten Islami gratis. 

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Animasi Kartun Muslimah Lucu

11. Free Quran education

Free Quran education diproduksi oleh studio animasi yang ada di Jakarta. Mereka memiliki serial animasi substansial yang berlaku tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa. Video-video ini adalah salah satu cara terbaik untuk melibatkan anak-anak Anda yang lebih besar dalam pembelajaran Islam. Saluran mereka memiliki sekitar 1,81 juta pelanggan dan memiliki lebih dari seribu video pendek dan panjang. Animasi mereka mencakup belajar bahasa Arab hingga Tafsir, Surat, dan bahkan kisah para Nabi dan tokoh Islam penting. 

12. Mini Muslim

Mini Muslim adalah saluran YouTube yang fantastis dan tempat yang aman bagi anak-anak Muslim untuk belajar dan tumbuh. Mereka mengkategorikan saluran tersebut sebagai lagu Islami untuk anak-anak, cerita Islami untuk anak-anak, dan Alquran dan hadis untuk anak-anak, dengan konten animasi yang indah di bawah setiap kategori. Lagu dan animasi yang dinyanyikan bersama mendorong anak-anak untuk mencintai Allah dan pesannya. Liriknya digerakkan oleh tujuan dan menarik, yang akan membantu anak-anak belajar tentang Islam.

13. Iqra cartoon network

Iqra cartoon network adalah studio animasi nirlaba yang bermaksud untuk memproduksi video pendek penuh animasi seputar cerita Nabi dengan cara yang menghibur untuk anak-anak. Mereka memberikan cerita Islami berkualitas untuk anak-anak yang membantu dalam perkembangan anak. Kisah-kisah Alquran adalah cara yang menarik untuk membantu anak-anak mencontoh kehidupan Nabi. 

14. Zaky

Zaky adalah karakter fiksi animasi yang dikembangkan oleh one4kids; sebuah perusahaan animasi dimulai pada tahun 2006. Kami dengan bangga dapat menganggap One4kids sebagai kartun Muslim Disney di barat. Perusahaan animasi ini telah menjadi nama rumah tangga karena menyediakan konten Islami yang sangat baik di Australia. Zaky memiliki banyak pendidikan Islam yang membantu anak-anak Muslim belajar duas surah melakukan wudhu dan Sholat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.