Sukses

Apa Itu Surga Firdaus? Ini 6 Cara Untuk Mencapainya

Apa itu Surga Firdaus dan bagaimana cara untuk mencapainya? Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan tentang apa itu Surga Firdaus dan apa yang membedakannya dengan surga lainnya, kerap menjadi pertanyaan yang muncul di benak kita. Setiap Muslim memahami bahwa hidup ini hanya sementara, dan sifatnya yang sementara ditunjukkan kepada kita sepanjang hidup kita. Jannah di sisi lain adalah abadi dan rumah terakhir orang beriman. 

Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang berbicara tentang apa itu Surga Firdaus sebagai puncak surga. Level tertinggi yang bisa diperoleh orang beriman. Namun lebih dari pengertian dari Surga Firdaus, lebih penting memahami berapa harga atau apa yang harus dilakukan untuk bisa masuk ke dalam golongan umat masuk ke dalam Surga Firdaus.

Allah telah banyak memberi tahu kita dengan jelas hal-hal yang akan membawa kita ke Surga Firdaus dalam ayat-ayat Al Quran. Dimana salah satunya, Allah berfirman bahwa siapa yang beriman dan beramal saleh akan memperoleh surga. Ini adalah cara termudah untuk memahami apa yang Allah harapkan untuk kita lakukan. 

Lantas apa itu Surga Firdaus dan bagaimana cara untuk mencapainya? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum jawabannya dari berbagai sumber pada Jumat (24/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Surga Firdaus?

Jannah adalah surga atau taman yang dijanjikan dalam Islam. Konsepnya sama dengan Surga dalam bahasa Inggris. Ada banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menggambarkan seperti apa Jannah itu, tetapi kenyataannya Jannah tidak terbayangkan dan tidak dapat diterjemahkan dengan kata-kata.

Arti harfiah Jannah adalah taman, dan Firdaus adalah surga. Tapi untuk melangkah lebih jauh, dalam Islam, kami percaya ada banyak lapisan Surga yang berbeda. Jannatul Firdaus akan menjadi tingkat surga tertinggi, di situlah Anda akan menemukan Nabi Muhammad SAW.

Jannatul Firdaus adalah tingkat tertinggi surga, yang di dalamnya yang tidak pernah dilihat mata, tidak didengar telinga dan tidak pernah dibayangkan manusia. Ada banyak ayat dalam  Al-Qur'an  yang memberikan gambaran sekilas tentang seperti apa Jannah itu, tetapi kenyataannya Jannah tidak terbayangkan dan tidak dapat diterjemahkan dengan kata-kata.

Hadits Tentang Berbagai Lapisan Surga

Diriwayatkan Abu Hurairah:

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat dan puasa di bulan Ramadhan dengan sempurna, maka berhak diberikan Surga oleh Allah, baik dia berperang di jalan Allah atau tetap di tanah di mana dia berada. dilahirkan."

Orang-orang berkata, “Wahai Rasulullah SAW ! Haruskah kita memperkenalkan orang-orang dengan kabar baik itu?”

Dia berkata, “Surga memiliki seratus tingkat yang Allah telah sediakan untuk mujahidin yang berperang di jalan-Nya, dan jarak antara masing-masing dua tingkat seperti jarak antara Langit dan Bumi. Jadi, ketika Anda meminta kepada Allah (untuk sesuatu), mintalah Al-firdaus yang merupakan bagian surga yang terbaik dan tertinggi.” (Al-Bukhari 2790) 

3 dari 6 halaman

Cara Untuk Mencapai Surga Firdaus

Ada banyak ayat dan hadits tentang sifat dan kualitas seseorang yang akan diizinkan masuk ke dalam Surga Firdaus. Bahkan Allah telah memberi tahu kita persis seperti itu di awal Surat Al Mu'minun. Berikut ayat dan pengertiannya Surat Al-Mu’minun Ayat 1-11

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

Artinya: Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

ٱلَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,

وَٱلَّذِينَ هُمْ عَنِ ٱللَّغْوِ مُعْرِضُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَوٰةِ فَٰعِلُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang menunaikan zakat,

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَٰفِظُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

إِلَّا عَلَىٰٓ أَزْوَٰجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ

Artinya: Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

فَمَنِ ٱبْتَغَىٰ وَرَآءَ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْعَادُونَ

Artinya: Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِأَمَٰنَٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَٰعُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

وَٱلَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَٰتِهِمْ يُحَافِظُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.

أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْوَٰرِثُونَ

Artinya: Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,

ٱلَّذِينَ يَرِثُونَ ٱلْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Artinya: (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Penjelasan Cara Untuk Mencapai Surga Firdaus

1. Mencapai Khusyu' dalam Shalat

"Mereka yang selama doa mereka dengan rendah hati tunduk" (Imam Al Ghazali)

Memiliki khushu' berarti hadir dalam shalat, menikmati shalat, menyadari bahwa Anda sedang berbicara kepada Allah. Ini tentang kualitas percakapan kita dengan Allah. Bagaimana perasaan anda jika anda sedang bercakap-cakap dengan seseorang, dan mereka tidak mendengarkan atau fokus atau perhatian dan terganggu? Apakah percakapan ini memperdalam ikatan antara kalian berdua? Tentu saja tidak.

Nah, Allah ingin kita memiliki percakapan yang berkualitas dengan-Nya. Dalam percakapan, kita mendengarkan kemudian kita berbicara. Itulah yang harus kita lakukan dalam shalat. Kami mendengarkan kata-kata Allah yang diucapkan, lalu kami berbicara kepada-Nya dan berdoa meminta segalanya dan apa saja yang kami butuhkan.

 

2. Berpaling dari ucapan dan kegiatan yang tidak berguna

Surat Al-Qashash Ayat 55

وَإِذَا سَمِعُوا۟ ٱللَّغْوَ أَعْرَضُوا۟ عَنْهُ وَقَالُوا۟ لَنَآ أَعْمَٰلُنَا وَلَكُمْ أَعْمَٰلُكُمْ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمْ لَا نَبْتَغِى ٱلْجَٰهِلِينَ

Artinya: Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling daripadanya dan mereka berkata: "Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil".

Ayat ini berbicara tentang menjauhi ucapan dan aktivitas yang buruk dan tidak berguna – segala sesuatu yang tidak berarti, tidak produktif dan tidak membantu dalam mencapai tujuan hidup kita, termasuk memfitnah, menggunjing, berbohong, mengutuk dan mengumpat serta perbuatan yang tidak pantas.

Mengapa? Karena 'laghwu' adalah korupsi besar dan merugikan diri sendiri, orang lain dan masyarakat luas. Ini membuang-buang waktu dan gangguan besar dari tujuan akhir seseorang. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tanda ketaatan manusia yang baik terhadap Islam (kesalehannya) adalah menjauhi apa yang tidak berguna baginya.” [ At-Tirmidzi ]

5 dari 6 halaman

Penjelasan Cara Untuk Mencapai Surga Firdaus

3. Melakukan Zakat dan pemurnian diri serta kekayaan

Zakat atau sedekah diperintahkan kepada kita untuk mensucikan harta kita, tetapi ayat ini juga mengacu pada penyucian diri. Kita semua memiliki kekurangan dalam karakter dan kepribadian kita, kemarahan, temperamen buruk, narsisme, kecemburuan, kebutuhan untuk menundukkan pandangan, bergosip, dan lain sebagainya. Kita semua mengenal diri kita sendiri.

Surat Al-Isra Ayat 36

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ ۚ إِنَّ ٱلسَّمْعَ وَٱلْبَصَرَ وَٱلْفُؤَادَ كُلُّ أُو۟لَٰٓئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔولًا

Artinya: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

 

4. Menjaga kesucian 

Tindakan ini jelas pada dasarnya menghindari melakukan aktivitas seksual di luar hubungan suami istri, karena pernikahan memberikan hak penuh, rasa penyelesaian dan keamanan bagi kedua pasangan. Tidak perlu dikatakan bahwa apapun yang kurang dari pernikahan benar-benar tidak cocok untuk pria atau wanita. 

Bagi siapa pun yang mendedikasikan diri, emosi, waktu, pemikiran, dan fisik mereka yang berharga kepada seseorang yang tidak berkomitmen dan dapat pergi kapan saja. Tentunya hal ini tidaklah benar dan adil. Allah juga berfirman dalam Surat An Nur:

Surat An-Nur Ayat 30

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا۟ مِنْ أَبْصَٰرِهِمْ وَيَحْفَظُوا۟ فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya: Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".

Surat An-Nur Ayat 31

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَٰرِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ ءَابَآئِهِنَّ أَوْ ءَابَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَآئِهِنَّ أَوْ أَبْنَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ إِخْوَٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ أَخَوَٰتِهِنَّ أَوْ نِسَآئِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُهُنَّ أَوِ ٱلتَّٰبِعِينَ غَيْرِ أُو۟لِى ٱلْإِرْبَةِ مِنَ ٱلرِّجَالِ أَوِ ٱلطِّفْلِ ٱلَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا۟ عَلَىٰ عَوْرَٰتِ ٱلنِّسَآءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

6 dari 6 halaman

Penjelasan Cara Untuk Mencapai Surga Firdaus

5. Menghormati kata-kata, kepercayaan dan janji

Surat Al-Mu’minun Ayat 8

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِأَمَٰنَٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَٰعُونَ

Artinya: Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

Ini menunjukkan kepada kita betapa pentingnya kata-kata kita. Membangun kejujuran, kepercayaan, dan menepati janji kita adalah dasar dari jalan kita dan hubungan kita dengan Sang Pencipta dan ciptaan-Nya. Ingat, Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai “al-amin”, “yang jujur, dapat dipercaya” sebelum dia dikenal sebagai Rasulullah SAW.

 

6. Menjaga sholat tepat waktu

Sholat tepat waktu dan menghindari penundaan adalah salah satu amalan yang paling dicintai Allah, Abdullah ibn Mas'ud RA bertanya kepada Nabi Muhammad SAW : apa salah satu perbuatan terbaik kepada Allah, dan nabi menjawab: “Mendirikan shalat tepat pada waktunya…” (Sunan an Nasa’i)

Berusaha secara sadar untuk berdoa tepat waktu dan dengan konsentrasi, pasti akan membantu semua tugas lain dalam Daftar Tugas kita. Itu akan membantu kita meninggalkan pembicaraan yang tidak berguna; dalam memurnikan jiwa kita dan kekayaan kita, dalam menjaga kesucian kita dan menepati janji dan kata-kata kita kepada orang-orang.

Nabi Muhammad SAW juga berkata:

“Amal manusia yang pertama kali akan dimintai pertanggung jawaban pada hari kiamat adalah shalat. Jika ditemukan sempurna, dia akan selamat dan sukses; tetapi jika tidak lengkap, dia akan malang dan merugi. Jika ada kekurangan yang ditemukan dalam shalat wajib, Rub yang Mulia dan Maha Tinggi akan memerintahkan untuk melihat apakah hamba-Nya telah melakukan shalat sunnah sehingga shalat wajib dapat dilakukan dengan itu. Maka sisa perbuatannya akan diperlakukan dengan cara yang sama.” [At- Tirmidzi]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.