Sukses

Syafaat Adalah Pertolongan, Pahami Jenis dan Dalil-Dalilnya

Pengertian syafaat, beserta dengan jenis dan dalil-dalilnya.

Liputan6.com, Jakarta Syafaat adalah hal yang banyak diharapkan oleh umat muslim saat di Akhirat nantinya. Syafaat adalah penengah atau perantara yang berupa pertolongan dari malaikat, para nabi ataupun orang-orang mukmin pilihan. Yang mana Syafaat ini telah atas izin Allah SWT, dan Syafaat ini berguna untuk meringankan azab atau beban seseorang di Akhirat.

Dalam suatu waktu umat muslim berdoa untuk mengharapkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat nantinya. Mengingat beliau merupakan manusia pilihan Allah, yang memegang Syafaat Al Uzma atau Syafaat yang agung atas izin Allah SWT. Mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW, menjadi salah satu berkah yang dapat meringankan siksa Akhirat.

Mengingat bahwa di akhirat nanti seluruh manusia akan dimintai pertanggung jawaban, atas segala hal yang dilakukannya sepanjang hidupnya di dunia. Syafaat adalah penolong yang berbentuk doa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, bagi mereka umat muslim yang beriman dan dekat denganNya.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (24/2/2023). Pengertian syafaat, beserta dengan jenis dan dalil-dalilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syafaat Adalah

Syafaat Adalah

Para ulama mendefinisikan Syafaat, secara linguistik sebagai kebalikan dari 'witir' . Witir adalah bilangan ganjil dan shafa adalah bilangan genap. Dalam bahasa Arab kita mengatakan shafiyah, orang yang bersyafaat, Al Mushafahah adalah orang yang bersyafaat di hadapan Allah SWT, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Dalam bahasa Arab 'wasila' berarti penghubung, sarana untuk mencapai tujuan atau perantara. 'Tawassul' atau 'shifa'a', berarti syafaat, atau mencari cara untuk mencapai tujuan. Itu berarti membela seseorang atas nama orang lain, di dunia ini maupun di Hari Pengadilan. Ketika kata 'Syafi' digunakan untuk Tuhan, itu berarti orang yang memberi izin untuk syafaat.

Syekh Muhammad Salih Al-Munajjid mengatakan Syafaat adalah menengahi bagi seseorang untuk mendapatkan manfaat atau menangkal beberapa bahaya. Ada dua jenis: Jenis pertama adalah syafaat yang akan terjadi pada hari kiamat dan yang kedua adalah syafaat tentang hal-hal duniawi.

Mengenai syafaat yang akan terjadi di akhirat, terdapat dua jenis Syafaat yang dijelaskan dalam beberapa dalil, berikut penjelasannya :

3 dari 4 halaman

Jenis Syafaat Pertama Adalah Syafaat Khusus

Syafaat khusus yang hanya akan diberikan kepada Rasulullah SAW, dan tidak ada orang lain yang akan mendapat bagian di dalamnya. 

1. Syafaat yang lebih besar. Ini adalah stasiun pujian dan kemuliaan (al-maqam al-mahmud) yang telah Allah janjikan kepada Nabi, dimana Allah berfirman

Surat Al-Isra Ayat 79

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Syafaat ini berarti bahwa dia akan memberi syafaat bagi seluruh umat manusia ketika Allah menunda Perhitungan dan mereka telah menunggu begitu lama di Tempat Berkumpul pada Hari Kebangkitan. Kesusahan dan kecemasan orang-orang akan mencapai titik yang tidak dapat mereka tanggung lagi, dan mereka akan memohon perantara bagi mereka agar penghakiman dapat dijatuhkan.

2. Syafaat bagi penghuni surga untuk memasukinya. Diriwayatkan bahwa Anas ibn Malik berkata: “Rasulullah SAW berkata: 'Aku akan datang ke pintu surga pada hari kiamat dan akan memintanya untuk dibuka. Penjaga gerbang akan berkata, "Siapa kamu?" Saya akan berkata, “Muhammad.” Dia akan berkata, “Aku diperintahkan untuk tidak membukanya untuk siapa pun sebelum kamu .” (Muslim).

3. Syafaat Rasulullah SAW untuk pamannya Abu Thalib 

Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri bahwa disebutkan dibuat dari Abu Thalib , paman Rasulullah (damai dan berkah) atasnya) di hadapannya. Dia berkata, “Mungkin syafaat saya akan bermanfaat baginya pada Hari Kebangkitan, dan dia akan ditempatkan di bagian dangkal dari Neraka yang akan naik ke pergelangan kakinya dan menyebabkan otaknya mendidih." (Al- Bukhari dan Muslim).

4. Syafaatnya untuk beberapa orang dari umatnya untuk masuk surga tanpa dimintai pertanggungjawaban .

Syafaat semacam ini disebutkan oleh beberapa ulama yang mengutip hadits panjang Abu Hurairah tentang syafaat yang berbunyi: “ Kemudian akan dikatakan, 'Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu; mintalah, itu akan diberikan kepadamu; beri syafaat, syafaat Anda akan diterima.' Jadi aku akan mengangkat kepalaku dan berkata, 'Umatku , ya Tuhan; umatku , ya Tuhan ; umatku , ya Tuhan. ' Dikatakan, 'Akui orang-orang di antara umatmu yang tidak akan dimintai pertanggungjawaban melalui pintu kanan surga. Mereka akan berbagi gerbang lain dengan orang-orang dari bangsa lain.” (Al- Bukhari dan Muslim).

4 dari 4 halaman

Jenis Syafaat Kedua Adalah Syafaat Umum

Syafaat ini akan diberikan kepada Rasulullah SAW dan lainnya, termasuk malaikat, Nabi dan orang-orang saleh, masing-masing akan mendapat bagian di dalamnya sesuai kehendak Allah.

1. Syafaat bagi sebagian orang yang telah masuk Neraka agar mereka dikeluarkan darinya. 

Hal ini banyak dalilnya, misalnya: Hadits Abu Sa'id Al -Khudriin Sahih Muslim bahwa Rasulullah bersabda: “ Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, tidak seorang pun di antara kamu yang lebih ngotot meminta kepada Allah. memulihkan haknya terhadap lawannya daripada orang-orang beriman yang akan meminta kepada Allah, pada Hari Kebangkitan, (untuk memberi mereka kekuatan syafaat) untuk saudara mereka yang berada di Neraka. Mereka akan berkata, 'Ya Tuhan kami, mereka biasa berpuasa bersama kami dan berdoa dan menunaikan haji. 

Dikatakan kepada mereka, 'Bawalah orang-orang yang kamu kenal, maka Neraka dilarang membakar mereka.' Jadi mereka akan membawa banyak orang… Dan Allah akan berfirman: 'Para malaikat telah menengahi, dan para Nabi telah menengahi, dan orang-orang beriman telah menengahi. Tidak ada yang tersisa kecuali Yang Maha Penyayang dari mereka yang menunjukkan belas kasihan.' Kemudian Dia akan mengambil segenggam Neraka dan mengeluarkan darinya orang-orang yang tidak pernah berbuat baik .”

2. Syafaat bagi orang-orang yang pantas mendapatkan Neraka, agar mereka tidak memasukinya. Syafaat ini terjadi sebelum almarhum masuk Neraka, dan Allah akan menerima syafaat mereka tentang itu.

Hal ini ditunjukkan dengan sabda Nabi Muhammad SAW : “Tidak ada seorang muslim pun yang meninggal dunia dan empat puluh orang yang tidak menyekutukan Allah mendoakan Shalat Jenazah untuknya, melainkan Allah akan menerima syafaat mereka untuknya.” (Muslim). 

3. Syafaat bagi sebagian orang beriman yang berhak mendapatkan surga, agar mereka diangkat derajatnya di surga.

Sebagai contoh, Muslim meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW berdoa untuk Abu Salamah dan berkata: “ Ya Allah, ampunilah Abu Salamah dan angkat derajatnya di antara orang-orang yang mendapat petunjuk, dan jagalah keluarganya dengan baik yang dia miliki. tertinggal. Ampunilah kami dan dia, wahai Tuhan semesta alam, buatlah kuburnya luas untuknya dan terangi untuknya .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.