Sukses

Cara Menghubungkan HP ke TV, Bisa Tanpa Kabel dan Wifi

Cara menyambungkan HP ke TV bisa menggunakan teknologi wireless.

Liputan6.com, Jakarta Dalam era teknologi modern saat ini, menonton konten multimedia dari layar smartphone sering kali terasa kurang memuaskan karena ukuran layarnya yang terbatas. Untungnya dengan kemajuan teknologi, ada cara menghubungkan HP ke TV untuk memperluas pengalaman menonton. 

Pengalaman menonton di layar yang lebih besar, seperti televisi, tidak hanya meningkatkan kepuasan visual tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati detail yang lebih baik dari konten yang Anda tonton. Apakah itu film, video musik, atau bahkan presentasi kerja, semua akan terlihat lebih impresif dan mudah dipahami saat ditampilkan di layar yang lebih besar.

Cara menghubungkan HP ke TV sekarang lebih mudah dari sebelumnya, terutama dengan berbagai pilihan alat penghubung yang tersedia di pasaran. Dengan memanfaatkan kabel HDMI, kabel USB, atau teknologi nirkabel seperti Miracast atau Chromecast, cara menghubungkan HP ke TV dapat dengan cepat dan mudah menyalurkan gambar dan suara dari smartphone ke layar televisi.

Berikut cara menghubungkan HP ke TV yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/2/2023). 

2 dari 6 halaman

Persiapan Menyambungkan HP ke TV

Sebelum menyambungkan layar HP Anda ke TV, ada beberapa persiapan yang penting untuk dilakukan, berikut diantaranya.

1. Periksa Spesifikasi HP dan TV

Pastikan mengetahui spesifikasi teknis dari HP dan TV yang akan dihubungkan. Hal ini termasuk jenis port output video yang dimiliki oleh TV dan kompatibilitas HP dengan teknologi yang akan digunakan.

2. Fitur Miracast

Jika ingin menyambungkan HP ke TV tanpa kabel, pastikan baik HP maupun TV mendukung fitur Miracast. Miracast memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming tampilan HP langsung ke layar TV secara nirkabel. Fitur Miracast biasanya tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Android versi 4.2 Jelly Bean ke atas. 

3. Port Output Video

Pastikan TV memiliki port output video yang sesuai dengan jenis kabel atau alat penghubung yang akan digunakan. Umumnya, TV modern dilengkapi dengan port HDMI yang merupakan pilihan yang ideal untuk kualitas gambar dan suara yang baik.

4. Miracast Dongle (Opsional

Jika TV tidak memiliki fitur Miracast bawaan, pengguna perlu membeli Miracast Dongle. Dongle ini berfungsi sebagai alat tambahan untuk menghubungkan HP ke TV melalui port HDMI, mengaktifkan fungsi Miracast pada TV yang tidak memiliki fitur tersebut secara bawaan.

3 dari 6 halaman

Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel Menggunakan Miracast

Menghubungkan HP ke TV tanpa kabel dapat dilakukan menggunakan fitur Miracast, yang tersedia pada banyak televisi pintar dan smartphone Android modern. Berikut adalah langkah-langkahnya berdasarkan merk televisi dan smartphone:

Langkah-langkah untuk Televisi Berbagai Merk

LG Smart TV

  1. Tekan tombol "Home" pada remote.
  2. Pilih opsi "Network".
  3. Klik "Miracast" dan aktifkan.
  4. Setelah TV memindai, aktifkan fitur Miracast pada HP Anda.

Samsung Smart TV

  1. Tekan tombol "Source" pada remote.
  2. Pilih "Screen Mirroring".
  3. TV akan memindai perangkat dalam 2 menit.
  4. Aktifkan fitur Miracast pada HP sebelum waktu memindai selesai.

Sony Smart TV

  1. Tekan tombol "Input" pada remote.
  2. Pilih "Screen mirroring" dan tekan "OK".
  3. TV akan memindai dan menunggu sambungan dengan perangkat HP.

Langkah-langkah untuk Smartphone Berbagai Merk

Asus

  1. Masuk ke pengaturan, lalu klik "Wireless and Network", kemudian klik "More".
  2. Pilih "Select Device".
  3. Tekan nama Smart TV Anda.

Samsung

  1. Di menu pengaturan, masuk ke "Wireless and Networks".
  2. Tekan "More Setting" dan pilih "Allshare Cast".
  3. Pilih "Screen Mirroring" di "Connect and Share".
  4. Pilih nama Smart TV.

Lenovo

  1. Pada pengaturan, tekan menu "Device".
  2. Pilih "Display", kemudian "Wireless Display".
  3. Tunggu hingga nama Smart TV muncul, lalu pilih nama tersebut.

LG Optimus

  1. Masuk ke pengaturan, lalu klik "Wireless and Network", pilih "More".
  2. Tekan "Miracast".
  3. Pilih nama Smart TV yang muncul.

Xiaomi

  1. Masuk ke pengaturan, pilih "More".
  2. Pilih "Wireless Display".
  3. Geser tombol ke posisi "On".
  4. Pilih nama Smart TV yang muncul.

Advan

  1. Pada pengaturan, tekan "Devices", lalu "Display".
  2. Geser ke bawah hingga menemukan "Wireless Display".
  3. Tekan tombol di sisi kanan menu tersebut.
  4. Pilih nama Smart TV.

Nexus

  1. Masuk ke pengaturan, pilih "Device", kemudian "Display".
  2. Pilih "Cast Screen".
  3. Pilih "More" dan aktifkan "Wireless Display".
  4. Pilih nama Smart TV yang muncul.
4 dari 6 halaman

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Chromecast

Menghubungkan HP ke TV menggunakan Chromecast adalah cara yang praktis untuk streaming konten dari smartphone ke layar televisi, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Sambungkan Chromecast ke TV

Colokkan Chromecast ke port HDMI yang tersedia di televisi. Pastikan Chromecast mendapat daya melalui port USB atau adaptor daya yang disertakan.

2. Unduh Aplikasi Google Home

Sebelum menggunakan Chromecast, unduh dan pasang aplikasi Google Home dari Google Play Store atau App Store di HP Anda. Aplikasi ini akan digunakan untuk mengatur dan mengendalikan Chromecast.

3. Aktifkan Screen Mirroring di HP

Buka pengaturan HP Anda dan cari opsi "WiFi Display" atau "Screen Mirroring". Aktifkan fitur ini untuk memulai proses penghubungan dengan Chromecast.

4. Hubungkan HP ke Jaringan WiFi

Pastikan HP terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan Chromecast.

5. Pilih Saluran HDMI di TV

Ganti input TV Anda ke saluran HDMI yang terhubung dengan Chromecast.

6. Kode Verifikasi

Setelah itu, akan muncul sebuah kode yang muncul di layar televisi. Buka aplikasi Google Home di HP Anda, lalu ikuti petunjuk untuk memasukkan kode verifikasi yang sama untuk menghubungkan HP Anda dengan Chromecast.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, HP akan terhubung dengan Chromecast, dan pengguna dapat mulai streaming konten dari HP ke TV dengan mudah. Chromecast memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai aplikasi streaming, seperti YouTube, Netflix, Hulu, dan lainnya, langsung di layar televisi Anda dengan kualitas yang optimal.

Perlu dicatat, penggunaan Chromecast membutuhkan koneksi internet yang stabil dan merupakan pilihan yang sangat baik jika Anda sering melakukan streaming konten dari HP ke TV. Meskipun Chromecast memiliki biaya, manfaat dan kemudahan penggunaannya membuatnya menjadi investasi yang berharga bagi pengguna yang sering menggunakan layar TV untuk menonton film dan konten lainnya.

5 dari 6 halaman

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data

Untuk menyambungkan HP ke TV menggunakan kabel data, seperti Micro HDMI ke HDMI atau kabel MHL (micro USB ke HDMI), berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Persiapkan Perangkat dan TV

Pastikan televisi dalam keadaan mati sebelum memulai proses menyambungkan HP ke TV. Siapkan kabel data yang sesuai dengan jenis port kabel HP Anda (Micro HDMI ke HDMI atau kabel MHL).

2. Sambungkan Kabel ke HP dan TV

Sambungkan ujung kabel yang berujung pipih ke port kabel HP. kemudian, sambungkan ujung lainnya ke port HDMI yang tersedia di televisi.

3. Nyalakan Televisi

Nyalakan kembali televisi dan pastikan untuk memilih mode input HDMI yang sesuai dengan port HDMI yang dihubungkan.

4. Aktifkan Koneksi di HP

Setelah kabel terhubung dengan baik, HP mungkin akan mendeteksi koneksi HDMI. Pada beberapa HP, perlu mengeklik notifikasi yang muncul dan memberi centang pada opsi "HDMI Connection" untuk memulai tampilan pada layar TV.

5. Periksa Tampilan di Televisi

Setelah mengonfirmasi koneksi di HP, periksa layar televisi Anda. Sekarang, televisi seharusnya menampilkan layar HP.

6 dari 6 halaman

Keuntungan Menyambungkan HP ke TV

Layar yang lebih besar

Dengan menggunakan televisi sebagai layar, ukuran layar yang tersedia jauh lebih besar dibandingkan dengan layar handphone. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati konten dengan lebih nyaman, seperti menonton film, video, atau memainkan game dengan tampilan yang lebih besar dan jelas.

Pengalaman menonton yang lebih baik

Menonton film atau video pada layar yang lebih besar, memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. Anda dapat merasakan pengalaman menonton yang lebih imersif dan detail, dalam tampilan visual dan audio.

Mudah berbagi konten

Dengan menyambungkan handphone ke televisi, Anda dapat dengan mudah berbagi konten dari handphone dengan teman atau keluarga yang hadir di sekitar televisi. Misalnya, Anda dapat menampilkan foto atau video liburan terbaru atau video dari pesta ulang tahun.

Mudah untuk presentasi

Jika Anda perlu melakukan presentasi di depan audiens, menampilkan konten presentasi dari handphone Anda pada layar televisi dapat membantu Anda memberikan presentasi dengan lebih mudah dan efektif. Anda dapat menggunakan televisi sebagai layar untuk memperlihatkan slide presentasi atau video yang ingin Anda tampilkan.

Fleksibilitas dan mobilitas

Menyambungkan handphone ke televisi, memberikan fleksibilitas dan mobilitas dalam menikmati konten. Anda dapat menampilkan konten dari handphone pada televisi di mana saja dan kapan saja, baik di rumah, di kantor, atau saat sedang bepergian.

Bebas dari gangguan

Ketika menampilkan konten dari handphone pada layar televisi, Anda dapat menghindari gangguan seperti notifikasi atau telepon yang masuk yang muncul pada layar handphone. Hal ini membantu Anda untuk tetap fokus pada konten yang sedang Anda tampilkan pada layar televisi.

Menghemat daya baterai handphone

Dengan menampilkan konten dari handphone pada layar televisi, Anda dapat menghemat daya baterai handphone karena tidak perlu terus-menerus menyalakan layar handphone. Hal ini dapat memperpanjang masa pakai baterai handphone Anda.