Sukses

Gejala Sindrom Tourette, Penyakit yang Diderita Lewis Capaldi Hingga Billie Eilish

informasi seputar Sindrom Tourette, yang terdiri dari pengertian, penyebab, pengobatan dan lain sebagainya

Liputan6.com, Jakarta Sindrom Tourette merupakan salah satu jenis gangguan neurologis atau sistem saraf, yang kerap ditandai dengan terjadinya tic. Tic sendiri merupakan gerakan, kedutan atau suara yang tiba-tiba terjadi tanpa disengaja dan terjadi berulang-ulang. Tic membuat penderita Sindrom Tourette kesulitan untuk mengontrol gerakan dan suaranya.

Sindrom Tourette menjadi salah satu penyakit yang kini banyak menarik perhatian, setelah viral karena penyakit ini ternyata diidap oleh banyak artis seperti Lewis Capaldi, David Beckham hingga Billie Eilish. Meski kian banyak orang yang sadar akan adanya Sindrom Tourette ini, namun masih banyak juga orang yang merasa asing dengan penyakit ini.

Wawasan dan pengetahuan tentang Sindrom Tourette ini, tidak hanya membantu bagi mereka yang mengidapnya, namun juga berguna bagi semua orang yang memiliki orang-orang terdekat yang mengalami Sindrom Tourette.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum informasi seputar Sindrom Tourette, yang terdiri dari pengertian, penyebab, pengobatan dan lain sebagainya, pada Selasa (28/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Sindrom Tourette?

Sindrom Tourette adalah gangguan neurologis yang dapat menyebabkan gerakan cepat dan berulang yang tidak diinginkan dan tidak terkendali atau suara vokal yang disebut tics. Sindrom Tourette adalah salah satu dari kelompok gangguan perkembangan sistem saraf yang disebut gangguan tic.

Tics motorik (melibatkan gerakan tubuh) atau vokal (melibatkan suara yang dibuat) Sindrom Tourette datang dan pergi seiring waktu, bervariasi dalam jenis, frekuensi, lokasi, dan tingkat keparahan. Jika anda memiliki tics, anda tidak dapat menghentikan tubuh Anda untuk mengalaminya. 

Gejala pertama biasanya terjadi antara usia 5 dan 10 tahun, umumnya di daerah kepala dan leher. Ini dapat berkembang untuk memasukkan otot-otot di tubuh, lengan, dan kaki anda. Tics motorik umumnya terjadi sebelum perkembangan tics vokal. Sindrom Tourette mempengaruhi lebih banyak anak laki-laki daripada anak perempuan. 

Kebanyakan orang dengan TS mengalami gejala tic terburuk di awal masa remajanya, tetapi tics biasanya berkurang dan menjadi terkendali pada remaja akhir hingga awal 20-an. Bagi sebagian orang, TS bisa menjadi kondisi kronis dengan gejala yang bertahan hingga dewasa. Dalam beberapa kasus, tics dapat memburuk di masa dewasa. 

3 dari 5 halaman

Klasifikasi Tics Dan Gejala

Jika anda memiliki Sindrom Tourette, anda mungkin mengalami tics motorik sederhana atau kompleks. Mereka dapat berkisar dari sangat ringan hingga parah, meskipun kebanyakan kasus ringan. Tics sederhana adalah gerakan tiba-tiba, singkat, dan berulang yang melibatkan beberapa kelompok otot. Mereka lebih umum daripada tics kompleks. Tics sederhana sering mendahului tics kompleks.

Tics motorik sederhana meliputi:

- Mata berkedip dan gerakan mata lainnya

- Wajah meringis

- Mengangkat bahu

- Kepala atau bahu menyentak

Tics vocal sederhana meliputi:

- Pembersihan tenggorokan berulang

- Mengendus

- Gonggongan

- Dengkur

Tics kompleks adalah pola gerakan yang berbeda dan terkoordinasi yang melibatkan beberapa kelompok otot di berbagai bagian tubuh. Tics motorik kompleks  mungkin termasuk meringis wajah yang dikombinasikan dengan gerakan memutar kepala dan mengangkat bahu. 

Tics motorik kompleks lainnya mungkin tampak bertujuan, termasuk:

- Mengendus atau menyentuh suatu objek

- Melompat

- Melompat

- Pembengkokan

- Memutar

Tics vokal yang kompleks dapat meliputi:

- Mengulangi kata atau frase sendiri

- Mengulangi kata atau frasa orang lain (echolalia)

- Menggunakan kata-kata vulgar, cabul, atau makian (coprolalia)

Beberapa tics yang paling dramatis dan melumpuhkan mungkin termasuk gerakan motorik yang mengakibatkan menyakiti diri sendiri seperti meninju wajah anda atau tics vokal seperti echolalia atau mengumpat. Beberapa tics didahului oleh desakan atau sensasi pada kelompok otot yang terkena. Anda mungkin merasa harus menyelesaikan tic dengan cara tertentu atau beberapa kali untuk menghilangkan dorongan atau mengurangi sensasi.

4 dari 5 halaman

Pemicu Tic Pada Sindrom Tourette 

Tics mungkin memburuk dengan kegembiraan atau kecemasan dan menjadi lebih baik selama aktivitas yang tenang dan fokus. Pengalaman fisik tertentu dapat memicu atau memperburuk tics; misalnya, kerah ketat dapat memicu tics leher. Mendengar orang lain mengendus atau membersihkan tenggorokan dapat memicu suara serupa. 

Tics tidak hilang selama tidur ringan tetapi seringkali berkurang secara signifikan, mereka pergi sepenuhnya dalam tidur nyenyak. Meskipun gejala Sindrom Tourette  tidak diinginkan dan tidak disengaja (tidak disengaja), beberapa orang dapat menekan atau mengelola tics mereka untuk meminimalkan dampaknya pada fungsi. 

Namun, orang dengan Sindrom Tourette sering melaporkan penumpukan ketegangan yang substansial saat menekan tics mereka ke titik di mana mereka merasa bahwa tic harus diekspresikan (bertentangan dengan keinginan mereka). Tics sebagai respons terhadap pemicu lingkungan dapat tampak disengaja atau disengaja, tetapi sebenarnya tidak.

 

Gangguan Yang Terkait dengan Sindrom Tourette 

Seperti banyak orang lain dengan Sindrom Tourette, anda mungkin mengalami masalah neurobehavioral tambahan yang terjadi bersamaan (bagaimana otak mempengaruhi emosi, perilaku, dan pembelajaran) yang sering menyebabkan lebih banyak gangguan daripada tics itu sendiri. 

Meskipun kebanyakan orang dengan Sindrom Tourette mengalami penurunan motorik dan vokal yang signifikan pada akhir masa remaja dan dewasa awal, kondisi neurobehavioral terkait dapat berlanjut hingga dewasa. Kondisi yang paling umum terjadi bersamaan meliputi:

1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) : Orang dengan Sindrom Tourette mungkin memiliki masalah dengan konsentrasi, hiperaktif, dan impulsif.

2. Gangguan atau Perilaku Obsesif Kompulsif (OCD/OCB) : Pikiran, ide, atau sensasi yang tidak diinginkan (obsesi) dapat membuat seseorang dengan Sindrom Tourette merasa perlu untuk melakukan perilaku berulang kali atau dengan cara tertentu (kompulsi). Perilaku berulang dapat mencakup mencuci tangan, memeriksa barang, dan membersihkan, dan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari secara signifikan.

3. Kecemasan : Orang dengan Sindrom Tourette, bersama dengan orang lain, mungkin memiliki ketakutan, kegelisahan, atau ketakutan tentang situasi atau peristiwa yang mungkin memiliki akhir yang tidak pasti.

4. Ketidakmampuan belajar : Masalah dengan membaca, menulis, dan berhitung yang tidak terkait dengan kecerdasan terlihat pada beberapa individu dengan Sindrom Tourette.

5. Masalah perilaku atau perilaku : Masalah umum termasuk agresi, masalah manajemen kemarahan, dan masalah menyesuaikan diri secara emosional dan sosial.

6. Masalah tidur atau tetap tidur : Gangguan tidur mungkin termasuk kesulitan tidur dan tetap tidur serta rasa kantuk yang berlebihan di siang hari.

7. Defisit keterampilan sosial dan kesulitan fungsi sosial : Orang mungkin mengalami masalah dengan keterampilan sosial dan mempertahankan hubungan sosial.

8. Masalah pemrosesan sensorik : Beberapa orang dengan Sindrom Tourette mengalami kesulitan mengatur dan merespons informasi sensorik yang berkaitan dengan sentuhan, rasa, bau, suara, atau gerakan.

5 dari 5 halaman

Pengobatan Sindrom Tourette 

Saat ini, tidak ada obat untuk Sindrom Tourette tetapi pengobatan tersedia untuk membantu mengelola beberapa gejala.  Jika gejala tic ringan dan tidak menyebabkan gangguan, anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Jika gejala mengganggu fungsi sehari-hari, ada pengobatan yang efektif dan perawatan lainnya. 

Beberapa obat mungkin memiliki atau menyebabkan efek samping dan harus dikelola dengan hati-hati oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan anda.

Obat-obatan:

1. Obat yang memblokir dopamin (obat yang dapat digunakan untuk mengobati gangguan psikotik dan non-psikotik) adalah obat yang paling konsisten berguna untuk menekan tics (misalnya, haloperidol dan pimozide).

2. Agonis alfa-adrenergik seperti clonidine dan guanfacine digunakan terutama untuk hipertensi (tekanan darah tinggi) tetapi juga digunakan untuk mengobati tics. 

3. Obat stimulan seperti methylphenidate dan dextroamphetamine dapat mengurangi gejala ADHD pada orang dengan TS tanpa menyebabkan tics menjadi lebih parah. Beberapa penelitian menunjukkan penggunaan jangka pendek obat ini dapat membantu anak-anak dengan TS yang juga menderita ADHD.

4. Antidepresan, khususnya,  inhibitor reuptake serotonin (clomipramine, fluoxetine, fluvoxamine, paroxetine, dan sertraline) dapat membantu beberapa orang mengendalikan gejala depresi, OCD, dan kecemasan.

Terapi dan perawatan lain:

1. Perawatan perilaku seperti pelatihan kesadaran dan pelatihan respons bersaing dapat digunakan untuk mengurangi tics. Uji coba kontrol acak multi-pusat yang didanai oleh National Institutes of Health baru-baru ini yang disebut Cognitive Behavioral Intervention for Tics (CBIT) menunjukkan bahwa pelatihan untuk bergerak secara sukarela sebagai respons terhadap dorongan firasat dapat mengurangi gejala tic. 

2. Terapi perilaku lainnya, seperti biofeedback atau terapi suportif, belum terbukti mengurangi gejala tic. Namun, terapi suportif dapat membantu penderita TS mengatasi gangguan tersebut dengan lebih baik dan menangani masalah sosial dan emosional sekunder yang dapat terjadi.

3. Psikoterapi dapat membantu individu mengatasi gangguan tersebut dan mengatasi masalah atau kondisi yang menyertainya, termasuk ADHD, depresi, kecemasan, dan OCD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.