Sukses

3 Cara Membuat Tas dari Kain Flanel yang Mudah Diikuti, Aksesoris Cantik dan Stylish

Cara membuat tas dari kain flanel adalah pilihan yang tepat untuk yang ingin membuat tas yang cantik dan ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tas dari kain flanel adalah pilihan yang tepat untuk yang ingin membuat tas yang cantik dan ramah lingkungan. Kain flanel adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol atau benang sintetis.

Kain flanel dapat didaur ulang dan digunakan kembali, sehingga merupakan bahan yang ramah lingkungan. Kain ini cukup tebal dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk membuat tas yang kuat dan tahan lama.

Cara membuat tas dari kain flanel dapat menghasilkan tas dengan tampilan yang unik dan menarik karena kain flanel memiliki berbagai macam warna dan corak yang menarik. Tas kain flanel seringkali digunakan sebagai tas kerja, tas sekolah, atau bahkan sebagai tas fashion karena tampilannya yang modis dan stylish.

Berikut cara membuat tas dari kain flanel yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

1. Cara Membuat Tas dari Kain Flanel dan Katun

Memadukan kain flanel dan katun akan menambah daya tahan tas, mengingat kain flanel relatif rapuh jika dibanding dengan jenis kain lainnya. Perpaduan dua kain ini pada cara membuat tas dari kain flanel juga akan menghasilkan desain yang unik dan stylish. 

Alat dan Bahan:

- Kain flanel 

- Kain katun 

- Kertas koran atau karton untuk membuat pola

- Jarum dan benang

- Gunting

- Penggaris

- Pensil

- Mesin jahit atau benang sulam jika ingin menjahit secara manual

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel dan Katun:

a.Tentukan ukuran tas yang ingin dibuat. Buat pola pada kertas koran atau karton menggunakan penggaris dan pensil. Gunting pola yang sudah dibuat lalu tempelkan pada kain flanel dan katun 

b. Gunting kain flanel sesuai dengan pola tersebut. Jangan lupa untuk menyisakan sekitar 1 cm di setiap sisinya sebagai bahan jahitan.

c. Gunting juga kain katun yang akan digunakan sebagai lapisan dalam tas. Ukur kain katun dengan ukuran yang sama dengan kain flanel dan gunting dengan bentuk yang sama.

d. Jahit kain flanel dan kain katun menjadi satu bagian. Jahitlah pada bagian tepi dengan jarak sekitar 0,5 cm dari tepi kain. Pastikan kain flanel dan kain katun tidak melorot satu sama lain.

e. Balik kain sehingga bagian luar tas terlihat dan kain katun berada di dalam tas.

f. Lipat kain flanel menjadi dua bagian, lalu jahitlah bagian tepinya dengan jarak sekitar 1 cm dari tepi kain. Bagian tepi inilah yang nantinya akan menjadi tali tas.

g. Gunting sisa kain flanel di bagian atas tas untuk membentuk tali tas. Ukuran tali tas dapat disesuaikan dengan keinginan.

h. Jahit tali tas pada bagian tepi tas yang sudah dijahit sebelumnya. Pastikan tali tas terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

2. Cara Membuat Tas dari Kain Flanel Sederhana

Cara membuat tas dari kain flanel ini merupakan cara yang paling mudah untuk diikuti, berikut tahapannya.

Alat dan Bahan:

- Kain flanel

- Gunting

- Kertas karton atau koran

- Siapkan pensil, pulpen atau spidol

- Benang

- Jarum jahit biasa

- Jarum pentul

- Pita

- Penggaris

- Tali kur atau tali lainnya untuk strap tas

- Lem

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel Sederhana

a. Buat pola tas menggunakan pensil dan penggaris pada kertas karton atau kertas koran. Potong pola dan tempelkan dengan pentul ke kain flanel.

b. Potong kain flanel berdasarkan pola yang telah dibuat. Lakukan dengan hati-hati agar ukuran kain flanel pas. Gunakan gunting yang tajam agar kain flanel bisa terpotong dengan baik dan tidak rusak karena serat kainnya yang tidak terpotong dengan baik.

c.Potong tali untuk strap tas sesuai dengan keinginan. Bisa juga memanfaatkan kain flanel untuk talinya atau menggunakan jenis tali lainnya.

d. Cara membuat tas dari kain flanel dilanjutkan dengan menjahit bagian pola yang sudah terpotong menjadi tas. Gunakan teknik jahit melingkar agar tas terlihat rapi. Gunakan benang dobel agar jahitan rapi dan kuat.

e. Jika ingin menutupi bekas jahitan sebelumnya, Gunakan kain flanel dengan warna yang berbeda. Cover ini juga akan memberikan detail keindahan pada tas flanel.

f. Lapisi bagian bawah tas dengan kertas karton agar mampu menahan beban berat.

g. Tambahkan aksesoris lucu untuk mempercantik tas kain flanel.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

3. Cara Membuat Tas dari Kain Flanel Anyam

Cara membuat tas dari kain flanel dengan teknik anyam akan membutuhkan effort yang lebih dibanding teknik lainnya. Namun, desain yang dihasilkan juga sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

Alat dan Bahan

- Dua kain flanel dengan warna berbeda

- Gunting

- Benang dan jarum jahit

- Kancing pengait

- Spidol

- Lem

- Busa

Cara Membuat Tas dari Kain Flanel Anyam

a. Ukurlah kain flanel yang akan digunakan untuk membuat tas, lalu potong.

b. Buat pola garis selebar 3 cm pada kain flanel. Sebaiknya ukurnya dengan penggaris agar lurus dan rapi.

c. Gunting kain flanel warna lain secara memanjang untuk bahan anyaman.

d. Buat pola anyaman sesuai dengan kreasi menggunakan kain flanel pertama dan kain flanel yang telah dipotong memanjang.

e. Setelah terbentuk anyaman, beri lem pada sekeliling polanya agar tidak bergeser posisi dan terekat kuat.

f. Lipat kain flanel anyaman, sisipkan busa supaya tas lebih kokoh. Beri lem agar busa menempel pada kain flanel. Lalu rapikan pinggir-pinggir kain flanel yang tidak diperlukan dengan cara dipotong.

g. Siapkan tali yang kemudian disisipkan pada bagian dalam untuk menjadi pegangan tas. Beri lem agar merekat kuat pada ujung-ujung tas.

h. Tempelkan kancing pengait agar tas dapat dibuka dan ditutup.

i. Selesai.