Sukses

Allahumma Antassalam Waminkassalam dan Artinya, Kenali Doa Setelah Salat

Allahumma Antassalam waminkassalam mungkin sudah sering kamu dengar ketika salat berjemaah di masjid.

Liputan6.com, Jakarta Allahumma Antassalam waminkassalam mungkin sudah sering kamu dengar ketika salat berjemaah di masjid. Doa atau zikir setelah salat ini juga biasanya dipelajari di sekolah dasar sebagai bagian dari pembelajaran tata cara salat.

Doa setelah salat lengkap beserta artinya tentunya wajib dipahami oleh setiap muslim. Doa ini harus kamu praktikkan setiap hari setelah salat fardu, dari salat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, hingga Isya. Bahkan melalui salah satu hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan zikir setelah salat 5 waktu. 

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,".

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023) tentang allahumma antassalam waminkassalam dan doa setelah salat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Lengkap Beserta Artinya

Sebelum allahumma antassalam waminkassalam, doa setelah salat yang pertama adalah beristighfar 3 kali dan dilanjutkan dengan membaca doa, seperti di bawah ini:

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih"

Dari Tsauban radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “ Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika selesai shalat, beliau beristighfar 3x, lalu membaca doa:

“Allahumma antassalam waminkassalam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.”

Artinya : Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan hanya dari-Mu lah keselamatan. Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemulian. (HR. Muslim).

Setelah allahumma antassalam waminkassalam yang pertama ini, doa setelah salat berikutnya yaitu membaca tahlil yang dilanjutkan dengan membaca doa. Dari Al Mughirah bin Syu’bah radhiallahu’anhu, ia berkata: “ Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam setelah salat beliau berdoa:

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Allahumma laa maani’a lima a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.”

Artinya : Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan (bagi pemiliknya). Dari Engkau-lah semua kekayaan dan kemuliaan)”. (HR. Bukhari, Muslim).

3 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Lengkap Beserta Artinya

Doa Memuji Allah SWT

Setelah itu, kamu bisa membaca allahumma antassalam waminkassalam berikut, yang dikenal juga sebagai doa memuji Allah SWT. Berikut zikir allahumma antassalam waminkassalam:

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan hanya dari-Mu lah keselamatan, kepada-Mu akan kembali lagi keselamatan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung keselamatan/kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

 

Membaca Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil

Setelah membaca allahumma antassalam waminkassalam, doa setelah salat selanjutnya yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak masing-masing 33x ditambah 1x tahlil.

Membaca kalimat Tasbih 33 kali "SUBHANALLAH"

Membaca kalimat Tahmid 33 kali "ALHAMDULILLAH"

Membaca kalimat Takbir 33 kali "ALLAHU AKBAR"

Membaca kalimat Tahlil 1 kali "LAILAHA ILLALLAH"

4 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Lengkap Beserta Artinya

Membaca Ayat Kursi dan Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas

Doa setelah salat fardu berikutnya adalah membaca ayat kursi. Pendapat ini didukung dengan adanya hadist dari Abu Umamah Al Bahili radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, Ath Thabrani, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami’).

Kemudian doa setelah salat fardu dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas.

“Uqbah bin ‘Amir radhiallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkanku untuk membaca al mu’awwidzar (an naas, al falaq, al ikhlas) di penghujung setiap shalat” (HR. Abu Daud, dishahikan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

 

Bacaan Doa Selanjutnya

Doa setelah salat berikutnya dengan membaca doa seperti yang diriwayatkan dari Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah radhiallahu’anha, ia berkata: “Biasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika shalat subuh, ketika setelah salam beliau membaca doa: 

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Doa setelah salat berikutnya adalah dengan membaca doa seperti yang sudah diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal radhiallahu’anhu, ia berkata: “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menarik tanganku sambil berkata: wahai Mu’adz, Demi Allah aku mencintaimu sungguh aku mencintaimu. Aku wasiatkan engkau wahai Muadz, hendaknya jangan engkau tinggalkan di setiap akhir shalat untuk berdoa: 

“Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.”

Artinya :Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik). (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

5 dari 5 halaman

Doa Setelah Salat Lengkap Beserta Artinya

Setelah allahumma antassalam waminkassalam dan semua zikir yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengucapkan doa selamat dunia dan akhirat.

Membaca Doa Selamat Dunia dan Akhirat

“Rabbanaa Taqabbal Minnaa Innaka Antas Samii’ul ‘Aliim, Wa Tub ‘Alainaa Innaka Antat Tawwabur Rahiim.”

“Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

 

“Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.”

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

“Washallallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhamma-Din Wa’alaa Aalihiwa Shahbihiiwa Sallam, Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.”

“Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.