Sukses

9 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan, Memengaruhi Kelangsungan Hidupnya

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan adalah sebagai sumber makanan, bahan baku industri, menjaga kestabilan iklim, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud RI menjelaskan manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai sumber makanan, bahan baku industri, peralatan rumah tangga, bahan pakaian, pewarna alami, dan kesehatan.

Sementara itu, manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan adalah mereka dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen untuk kebutuhan manusia. Peranan tumbuhan ini sangat memengaruhi kelangsungan hidup manusia, khususnya bagi pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangbiakannya.

Tumbuhan melalui proses fotosintesisnya, dapat menyediakan oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya manfaat tumbuhan bagi lingkungan, manusia dan hewan akan kesulitan dalam bernapas dan memperoleh udara segar.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan, Senin (13/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

.

Dalam buku berjudul Tematik 6A Selamatkan Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Revisi 2018 oleh Elah Nurelah dan Supriyadi, manfaat tumbuhan bagi manusia yang dimaksudkan sebagai berikut:

1. Sumber Pangan

Salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia yang sangat penting adalah sebagai sumber pangan. Tumbuhan merupakan satu-satunya makhluk hidup yang dapat mengubah unsur hara menjadi bahan pangan yang dibutuhkan oleh manusia.

Oleh karena itu, tumbuhan merupakan produsen dalam rantai makanan, sementara manusia dan hewan berperan sebagai konsumen.

Manfaat tumbuhan bagi manusia ini ada karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem metabolisme manusia, seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin, dan berbagai zat bermanfaat lainnya.

2. Bahan Baku Obat-Obatan

Selain sebagai sumber pangan, manfaat tumbuhan bagi manusia juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan. Beberapa bagian tanaman tertentu, seperti akar dan daun, mengandung zat bermanfaat yang dapat digunakan sebagai obat alami.

Tanaman obat keluarga (toga) merupakan contoh tanaman yang mengandung berbagai khasiat yang dapat menyehatkan tubuh manusia.

3. Bahan Baku Industri dan Perabot Rumah Tangga

Tumbuhan juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri dan perabot rumah tangga. Jenis tanaman dengan batang berkayu kuat, misalnya, kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pintu, meja, lemari, dan berbagai perabot lainnya.

Manfaat tumbuhan bagi manusia juga digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis industri lain, seperti industri kertas dan industri minyak. Bahkan, tumbuhan sering dijadikan sebagai komponen utama makanan seperti roti, biskuit, dan sebagainya.

4. Media Pembelajaran

Tumbuhan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi manusia. Ini karena tumbuhan mengalami pertumbuhan dan memproduksi makanan secara alami, maka tumbuhan kerap dijadikan media pembelajaran untuk memahami bagaimana proses terbentuknya makanan yang dikonsumsi manusia.

Manfaat tumbuhan bagi manusia ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap pentingnya menjaga dan merawat tanaman di sekitar mereka.

Elah Nurelah dan Supriyadi juga menekankan bahwa manfaat tumbuhan bagi manusia semakin terasa ketika manusia mulai menyadari berbagai dampak akibat berkurangnya tanaman di sekitarnya. Semakin banyak manusia yang merusak lingkungan dan mengurangi tanaman di sekitarnya, maka semakin besar pula dampak negatif yang akan dirasakan oleh manusia.

3 dari 3 halaman

.

Dalam buku berjudul Kesehatan Lingkungan Perumahan oleh Mila Sari, dkk., manfaat tumbuhan sangat penting bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Tumbuhan mampu mengurangi risiko kerusakan lingkungan dan memperbaiki berbagai elemen di dalamnya. Ini manfaat tumbuhan bagi lingkungan yang dimaksudkan:

5. Menyediakan Oksigen

Tumbuhan berperan sebagai penyedia oksigen bagi manusia dan hewan di bumi. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan dapat menyediakan oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya manfaat tumbuhan bagi lingkungan, manusia dan hewan akan kesulitan dalam bernapas dan memperoleh udara segar.

6. Mengatasi dan Mencegah Polusi Udara

Selain itu, manfaat tumbuhan bagi lingkungan juga mampu mengatasi dan mencegah polusi udara. Proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan mampu menyerap gas polutan di samping karbon dioksida. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan.

Dalam buku Untung Besar dari Bertanam Sengon oleh Dadan Mulyana dan Ceng Asmarahman, tanaman berdaun hijau berfungsi sebaga penyerap nitrogen dan berbagai gas berbahaya. Ini membuat pencemaran udara dapat diminimalkan.

Tanaman berdaun hijau, seperti sengon, bahkan berfungsi sebagai penyerap nitrogen dan berbagai gas berbahaya, sehingga dapat membantu meminimalkan pencemaran udara. Semakin banyak tumbuhan yang ditanam, maka semakin baik pula kualitas udara yang didapatkan.

7. Mengatur Siklus Air

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan juga dalam mengatur siklus air di lingkungan sekitarnya. Tumbuhan mampu mengangkut air dari akarnya, lalu melepaskan uap air melalui pori-pori yang terdapat di bagian bawah daun.

Proses ini membuat air dapat mengalir dari tanah dan kembali ke atmosfer. Selain itu, tumbuhan juga dapat membantu menahan air hujan di tanah, sehingga risiko erosi dapat dihindari.

8. Menjaga Kualitas Tanah

Tumbuhan juga mampu menjaga kualitas tanah. Tanaman, terutama pepohonan, mampu menjaga struktur tanah. Bagian akar dan mikroorganisme di sekitarnya membuat tanah menjadi solid dan mengurangi terjadinya risiko erosi.

Dalam buku berjudul Seri Sains: Perkembangbiakan Makhluk Hidup (2020) oleh Sri Winarsih, S.Pd., manfaat tumbuhan bagi lingkungan adalah mampu menjaga kestabilan iklim. Ini penjelasannya:

9. Menjaga Iklim

Tumbuhan dapat mengambil karbon dioksida sebagai bahan utama proses fotosintesis. Proses ini menghasilkan oksigen yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Namun, banyaknya hutan yang gundul dan kurangnya tanaman membuat karbon dioksida yang seharusnya digunakan sebagai bahan fotosintesis dilepaskan ke atmosfer, sehingga menutupi pantulan sinar matahari.

Akibatnya, terjadi pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim secara ekstrem. Untuk menangkal hal ini, manfaat tumbuhan bagi lingkungan sangat diperlukan. Seperti diperlukan penanaman kembali hutan yang gundul atau program menanam tumbuhan secara besar-besaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.