Sukses

7 Doa Agar Terhindar dari Masalah Beserta Artinya, Berserah Diri Kepada Allah SWT

Doa agar terhindar dari masalah bisa membuat kamu senantiasa dibantu oleh Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Doa agar terhindar dari masalah perlu dikenali oleh setiap umat Islam. Apalagi, dalam kehidupan ini manusia tidak lepas dari berbagai masalah yang menerpa. Tidak jarang seorang muslim merasa tidak sanggup dan hampir menyerah dengan masalah yang dihadapinya.

Doa agar terhindar dari masalah menjadi permohonan terbaik kepada Allah SWT agar kamu senantiasa tenang dan nyaman dalam hidup. Semua orang tentunya ingin mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran dalam beraktivitas sehari-harinya.

Doa agar terhindar dari masalah bisa membuat kamu senantiasa dibantu oleh Allah SWT. Doa juga merupakan upaya berikthiar agar masalah yang menghampiri kamu segera terselesaikan, tentunya dengan bantuan Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/3/2023) tentang doa agar terhindar dari masalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Doa Agar Terhindar dari Masalah yang Berat

Doa agar terhindar dari masalah yang berat bisa kamu lihat pada Al-Quran. Doa agar terhindar dari masalah satu ini yaitu terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 286. Doa ini berisi tentang permohonan seorang hamba kepada Allah SWT agar diampuni dan ditolong dalam segala masalah hidup.

Berikut doa agar terhindari dari masalah yang berat:

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin” (QS. al-Baqarah ayat 286)

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kamu memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

3 dari 8 halaman

2. Doa Agar Diberikan Kesabaran

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa nabi Musa AS saat menghadapi Firaun. Doa agar dimudahkan segala urusan dan diberikan kesabaran ini terdapat dalam surah Thaha ayat 25-28.

Berikut bunyi doa agar diberikan kesabaran:

“Robbi syrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii. Yafqohuu qoulii” (QS. Thaha ayat 25-28)

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

4 dari 8 halaman

3. Doa Agar Diberi Petunjuk

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa yang terdapat dalam Surah Al-Kahfi ayat 10. Hal ini berkaitan dengan cerita Ashabul Kahfi yang tentunya sudah tidak asing bagi umat Islam.

Berikut bunyi doa agar diberikan petunjuk:

“Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.” (QS. al-Kahfi ayat 10)

Artinya: “(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

5 dari 8 halaman

4. Doa Agar Diberikan Kemudahan

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA. Doa agar diberikan kemudahan ini bersumber pada hadis.

Berikut bunyi doa agar diberikan kemudahan:

“Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.” (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA)

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

6 dari 8 halaman

5. Doa Berlindung Kepada Allah SWT

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa berlindung hanya kepada Allah SWT. Berikut bunyi doa berlindung kepada Allah SWT:

“A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

7 dari 8 halaman

6. Doa Agar Mendapatkan Pertolongan

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa agar mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Doa ini bersumber dari Al-Quran, yaitu surat Al-Isra ayat 80. Berikut bunyi doa agar mendapatkan pertolongan Allah SWT:

“Rabbi adkhilnī mudkhala ṣidqiw wa akhrijnī mukhraja ṣidqiw waj'al lī mil ladungka sulṭānan naṣīrā.” (QS. al-Isra ayat 80)

Artinya: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.”

8 dari 8 halaman

7. Doa Agar Selalu Bertawakal Kepada Allah SWT

Doa agar terhindar dari masalah berikutnya yaitu doa agar selalu bertawakal kepada Allah SWT. Doa ini bersumber dari Al-Quran, yaitu surat al-Mumtahanah ayat 4. Berikut bunyi doa agar selalu bertawakal kepada Allah SWT:

“Rabbanā 'alaika tawakkalnā wa ilaika anabnā wa ilaikal-maṣīr.” (QS. al-Mumtahanah ayat 4)

Artinya: “Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.