Sukses

6 Potret Perjalanan Karier Nani Wijaya, Dikenal dengan Karakter Emak

Nani Wijaya dikenal dengan karakter Emak dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Nani Wijaya dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 16 Maret 2023.

Nani Wijaya menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan sekitar pukul 03.28 WIB. Kabar meninggalnya sang aktris senior ini disampaikan langsung oleh putrinya yang juga seorang aktris, Cahya Kamila melalui akun Instagram pribadinya.

"INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya Di Rs Fatmawaty 16 Maret 2023 pd pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yg disengaja maupun tidak disengaja," ujarnya.

Sebelumnya, Nani Wijaya sempat dilarikan ke rumah sakit pada 1 Maret 2023 karena mengalami sesak napas. Bahkan, saat dilarikan ke rumah sakit, aktris kelahiran 10 November 1944 ini langsung mejalani perawatan intensif.

Nani Wijaya sendiri telah cukup lama berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air. Bahkan, diusia yang tak lagi muda, dirinya masih semangat menjalani syuting. Salah satu karakter yang paling fenomenal adalah karakter Emak di Bajaj Bajuri.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini perjalanan karier Nani Wijaya, yang aktif sejak tahun 60-an, Kamis (16/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menjalani karier sejak muda

Nani Wijaya sendiri dikenal sebagai salah satu artis senior yang wara-wiri di layar kaca ataupun layar lebar. Nyatanya, dirinya diketahui telah mengawali karier sejak usia 16 tahun. Film pertama yang dibintangi oleh wanita asal Cirebon ini berjudul Darah Tinggi yang disutradarai oleh Lilik Sudijo.

Akting mumpuni yang dilakukan olehnya ini pun membuat namanya semakin melejit. Bahkan, di era 60-an dirinya hampir setiap tahun membintangi berbagai judul film layar lebar. Mulai dari 'Di Lereng Gunung Kawi', 'DKN 901', 'Njanjian di Lereng Dieng', 'Di Balik Tjahaja Gemerlapan', 'Menjusuri Djedjak Berdarah', hingga 'Djampang Mentjari Naga Hitam'.

3 dari 7 halaman

2. Penghargaan pertama di tahun 1978

Hampir setiap dekade Nani Wijaya selalu berhasil mencuri perhatian masyarakat berkat akting dalam film yang ia bintangi. Bahkan, pada 1978, dirinya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam Festival Film Indonesia di film Yang Muda Yang Bercinta. Bahkan, sejak saat itu dirinya pun sering menerima penghargaan dalam berbagai acara.

4 dari 7 halaman

3. Memulai karier di layar kaca

Sukses menggebrak dunia film Indonesia, Nani Wijaya pun melebarkan sayap ke layar kaca. Dirinya mulai bermain sinetron pada tahun 1995 dengan membintangi sinetron berjudul Masih Ada Kapal ke Padang. Karier Nani Wijaya di dunia sinetron juga berkembang begitu pesat.

Terlebih, karakter Emak Eti dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri juga sukses membawa namanya dikenal oleh generasi milenial. Nani Wijaya dalam sinetron tersebut pun berperan sebagai ibu mertua dari Mat Solar. Tak hanya itu saja, karakter Emak pun seolah melekat dalam setiap akting dari Nani Wijaya.

5 dari 7 halaman

4. Tetap berakting hingga 2021

Kecintaannya pada dunia seni sendiri telah dibuktikan dengan dirinya yang aktif membintangi berbagai judul film dan sinetron. Bahkan, ia telah mendapatkan berbagai penghargaan dari film yang ia bintangi termasuk pada penghargaan di Piala Citra.

Hingga 2021 lalu, Nani Wijaya diketahui masih aktif bermain sinetron dalam judul Cinta Mulia. Nani Wijaya sendiri memilih aktif bemain sinetron bukan hanya soal uang, melainkan kesenangannya dalam bermain peran.

6 dari 7 halaman

5. Anggota Golden Girls

Karier Nani Wijaya dalam dunia hiburan Tanah Air sendiri terbilang begitu cemerlang. Bahkan, tak sedikit pula anak muda yang tahu mengenai sosoknya berkat karakter yang ia bintangi. Tak heran jika masuk sebagai salah satu dari empat anggota Golden Girls. Golden Girls sendiri dikenal sebagai sekelompok aktris legendaris Tanah Air. Dirinya masuk sebagai anggota Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim.

7 dari 7 halaman

6. Meninggal dunia 16 Maret 2023

Populer berkat aktingnya, Nani Wijaya pun dikabarkan meninggal dunia pada 16 Maret 2023. Kesehatan dari wanita 78 tahun ini memang sempat dikabarkan menurun dalam beberapa waktu terakhir.

Nani Wijaya diketahui akan disemayamkan di rumah duka di Jln Besakih no 15-17 kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Sedangkan proses pemakamannya akan dilakukan selepas sholat zuhur. Jenazah Nani Wijaya pun akan dimakamkan di Pemakaman Umum Pesantren Al Ihya Batu Tapak, Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.