Sukses

Doa Masuk Kamar Tidur dan Artinya, Kenali Doa Sehari-hari untuk Muslim

Doa masuk kamar tidur termasuk ke dalam doa sehari-hari yang perlu kamu kenali.

Liputan6.com, Jakarta Doa masuk kamar tidur perlu dihafalkan oleh seorang muslim. Doa ini dapat dilafalkan oleh seorang umat Islam agar selalu dilindungi oleh Allah SWT. Dengan begitu, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

Doa masuk kamar tidur termasuk ke dalam doa sehari-hari yang perlu kamu kenali. Selain doa masuk kamar tidur, kamu juga perlu mengenali doa sebelum dan sesudah tidur, doa masuk dan keluar rumah, hingga doa masuk dan keluar kamar mandi.

Doa sehari-hari untuk muslim sangat penting diamalkan agar kamu senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dalam segala kegiatan. Dengan berdoa dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT maka kamu akan lebih nyaman dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023) tentang doa masuk kamar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Masuk Kamar Tidur

Doa masuk kamar perlu dikenali dan dihafalkan oleh seluruh umat Islam. Pasalnya, doa masuk kamar ini tentunya akan membuat kamu dilindungi oleh Allah SWT. Berikut doa masuk kamar:

“Alhamdulillahillazi ath’amana wa saqona wa kafana wa awana fakam mimman la kafiya lahu wala mu’wiya”

Artinya: 

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, menjaga serta melindungi kami. Betapa banyak orang yang tidak memiliki penjaga serta pelindung.”

Doa masuk kamar ini tentunya kurang lengkap bila tanpa mengafalkan juga doa sebelum tidur. Kamar tidur tentunya adalah tempat untuk kamu beristirahat dan tidur. Jadi, setelah membaca doa masuk kamar, kamu juga bisa melafalkan doa sebelum tidur saat akan beranjak tidur.

Doa Sebelum Tidur

Berikut doa sebelum tidur yang perlu dilafalkan oleh setiap muslim:

“Bismikallahumma ahyaa wabismika wa amuut”

Artinya:

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.” 

Doa Bangun Tidur

Berikut doa bangun tidur yang perlu dilafalkan oleh setiap muslim:

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wailaihinnusuur”

Artinya:

"Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali." 

Doa Agar Tidak Ketindihan

Berikut doa agar tidak ketindihan, yang bisa kamu lafalkan hendak tidur:

“A’uudzu bi kalimaatillahit-taammaati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ibaadihi wa min hamazaatisy-syayaathiini wa an yahdhuurun”

Artinya:

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, siksa-Nya, kejahatan hamba-Nya, dan dari tipu daya syaitan, dan jangan sampai mereka hadir kepadaku.” (HR Abu Dawud 4/12, Sahih Tirmidzi 3/171).

3 dari 4 halaman

Doa Sehari-hari untuk Muslim

Doa Masuk Rumah

Doa masuk kamar adalah doa yang mengikuti doa masuk rumah. Berikut doa masuk rumah:

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa”

Artinya: 

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.” 

Doa Keluar Rumah

Berikut doa keluar rumah:

“Bismillaahi tawakkaltu 'alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi”

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah." 

Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut adalah bacaan doa masuk kamar mandi:

“Allahumma Innii a'uudzubika minal khubutsi wal khobaitsi”

Artinya: 

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan." 

Doa Keluar Kamar Mandi

Berikut adalah bacaan doa keluar kamar mandi:

“Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii”

Artinya: 

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.” 

Doa saat Bercermin

“Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

4 dari 4 halaman

Amalan Sebelum Tidur bagi Umat Islam

Setelah membaca doa masuk kamar, kemudian kamu juga bisa mengamalkan ibadah-ibadah berikut:

1. Berwudhu

Amalan sebelum tidur sesuai sunah Rasulullah SAW yang pertama yaitu berwudhu. Dalam hadis Rasulullah SAW dijelaskan bahwa:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710)

2. Rapikan dan Bersihkan Tempat Tidur

Biasakan untuk membersihkan dan merapikan tempat tidur sebelum ataupun sesudah tidur. Hal ini dijelaskan Rasulullah dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya." (HR Bukhari dan Muslim)

3. Membaca Ayat Kursi

Dengan membaca Ayat Kursi, Allah SWT dan malaikat akan menjaga tidur kamu hingga masuknya waktu Subuh. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi”. (HR. Bukhari).

4. Membaca Tiga Surat Pendek

Tiga surat pendek tersebut yaitu surat An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas. Berikut sumber hadisnya:

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata; "Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan 'Qul huwallahu ahad' (surat Al Ikhlash), 'Qul a'udzu birobbil falaq' (surat Al Falaq) dan 'Qul a’udzu birobbin naas' (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali." (HR Bukhari no 5017)

5. Membaca Doa Sebelum Tidur

Rasulullah SAW mengajarkan kamu untuk memulai dan mengakhiri sesuatu dengan bacaan doa. Salah satunya yakni mengawali tidur dengan berdoa. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis:

"Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan "Bismikallahumma ahyaa wabismika wa amuut (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup)." Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan "Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)." (HR. Bukhari no. 6324).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.