Sukses

Sambut Bulan Ramadan, Momen Seru Pemuda Cuci Tikar di Sungai Ini Viral

Sekelompok pemuda melakukan tradisi unik sambut bulan Ramadan dengan cuci tikar bersama-sama. Lokasi video viral itu berada di Sungai Karang, Bantul, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadan. Di Indonesia, setiap daerah punya cara tersendiri untuk menyambut bulan penuh berkah tersebut. Salah satunya dengan tradisi 'umbah-umbah klasa' atau mencuci tikar secara bersama-sama.

Tradisi unik dalam rangka menyambut bulan Ramadan itu sudah ada dan selalu dilakukan setiap tahunnya di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Seperti yang terlihat pada video viral yang datang dari sebuah akun di laman TikTok @ngadekjejek9.

Dalam video yang sudah ditonton hingga 10,5 juta itu menampilkan sejumlah pemuda dengan penuh keceriaan sedang mencuci tikar bersama-sama. Menariknya, mereka mencuci di sebuah aliran sungai yang terdapat di antara jalan dan sawah.

Keseruan juga tidak berakhir sampai di situ. Sembari mencuci tikar, mereka juga main air hingga mandi di aliran sungai tersebut. Dikutip Liputan6.com dari pemilik akun TikTok @@ngadekjejek9 pada Sabtu (18/3/2023), lokasi video viral itu berada di Sungai Karang, Bantul, Yogyakarta.

2 dari 3 halaman

Tradisi unik sambut bulan Ramadan

Dalam video viral yang beredar, para pemuda yang sedang melakukan tradisi sambut bulan Ramadan itu tampak sedang mencuci tikar bersama-sama. Tikar yang dicuci pun jumlahnya tidak sedikit. Dengan penuh keceriaan, mereka saling bahu- membahu mencuci tikar dengan menggosok dua sisi pada tikar.

Tampak pula sebagian tikar yang sudah dijemur di pinggiran aliran sungai. Sambil menunggu tikar kering, para pemuda asyik bermain di air. Ada yang berenang, saling ciprat-cipratan air, hingga membuat perahu dari pelepah pisang. Para pemuda pun tampak begitu bahagia dengan kegiatan tersebut.

"Bahagia itu ketika apa? Ketika kita bersama," tulis pemilik akun dalam keterangan salah satu unggahannya.

Disebutkan bahwa lokasi tersebut berada di Sungai Karang, dusun Gedongsari, desa Wijirejo, kecamatan Pandak, Bantul, DI Yogyakarta. Tidak sampai di situ keseruannya, para pemuda juga adu bakat dengan salto ke dalam air, hingga mandi dan keramas di sungai tersebut.

Tradisi cuci tikar di sungai menjadi awal persiapan ibadah di bulan Ramadan. Juga sebagai refleksi rasa syukur bertemu kembali dengan bulan puasa. Kebersamaan dan keceriaannya dianggap sebagai bagian dari upaya kerukunan antar umat beragama.

 

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video viral yang menampilkan tradisi unik sambut bulan Ramadan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang ingin melakukan keseruan serupa untuk menyambut bulan puasa. Tidak sedikit pula yang memuji kalau air sungainya bersih, sehingga asyik untuk bermain.

"Gue liat-liat lebih enakan tinggal di desa daripada di kota," tulis akun @dira_bedee.

"Mantap pemudanya pada kompak," tulis akun @banggmenn27.

"Enak ya kalau di situ sungainya bersih kalau di sini kotorr," tulis akun @sumidiprojek.

"Jadi kangen mandi d irigasi di pondok dlu wkkk," tulis akun @amangalex478.

"Selamat datang bulan Ramadhan yang penuh berkah," tulis akun @defri_saputra3.