Sukses

Wanita Ini Marahi Pekerja Proyek saat Jembatan Dibongkar, Berakhir Minta Maaf

Seorang wanita yang hendak melintas terlihat marah-marah kepada pekerja proyek, karena jembatan yang dipakai warga umum dibongkar tanpa membuat jalan alternatif terlebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah video viral di TikTok yang menampilkan seorang wanita yang marah-marah kepada pekerja proyek. Diketahui, lokasi kejadian berada di Morowali, Sulawesi Tengah. Wanita berbaju hijau itu ngamuk saat tahu kalau jalan yang dilewatinya ternyata sedang dalam pembongkaran.

Dalam video, ia mengeluhkan kalau perjalanannya harus terhenti karena jalan tersebut dibongkar tanpa ada jalan alternatif. Dengan suara yang menggebu-gebu, wanita itu mempertanyakan perusahaan apa yang membongkar jembatan tersebut. Ia juga sempat menyebutkan tentang nilai proyek anggaran yang kecil.

Dalam unggahan laman TikTok @nhirone08, seperti dikutip Liputan6.com pada Sabtu (18/3/2023), video wanita marah-marah itu sudah ditonton hingga 12 juta kali. Dalam akun tersebut, tampak pula kondisi jalan yang macet akibat dari jembatan jalan trans yang dibongkar.

Wanita itu tetap melantangkan suaranya dengan menyerukan protes karena proyek jalan antar provinsi tersebut langsung dibongkar, tanpa dibuat pengalihan jembatan darurat. Alhasil, aksinya itu pun dianggap cukup berani dengan menyuarakan keresahan masyarakat sekitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembongkaran jalan jembatan bikin macet

Melanjutkan dari unggahan TikTok @nhirone08, sebuah utas di laman Twitter pun ikut membagikan ulang video tersebut. Diunggah oleh akun @wagimandeep212_, ia menyebut dalam keterangan bahwa seharusnya SOP pembongkaran perlu koordinasi dari Satlantas dan Dinas PU.

"SOP pembongkaran jalan mustinya koordinasi dulu dengan Satlantas dan PU, sediakan jalur alternatif sebelum bongkar. Jika merupakan jalan utama satu-satunya, pembongkaran mustinya separuh dulu. Mungkin pemborongnya udah lama kagak dpt proyek saking gembiranya langsung main bongkar aja," tulisnya.

Akibat pembongkaran tersebut, jalan yang berada di desa Bahomakmur itu macet total karena satu-satunya jalan tembusan. Sebelumnya, jalan itu juga sudah sering macet. Apalagi ditambah jalan antar provinsi itu dibongkar tanpa memikirkan masyarakat.

"Bahodopi ini bos, penduduknya padat, 2 arah saja macet apalagi satu," tulis dalam sebuah video.

3 dari 4 halaman

Wanita ngamuk kepada pekerja proyek

Wanita yang disebut menyuarakan keresahan masyarakat sekitar itu terus berbicara lantang kepada penyelenggara proyek yang ada di seberang jalan tersebut. Salah satu pekerja proyek pun tampak menghampiri hingga bibir jembatan yang dibongkar.

"Kamu bongkar begini jalan, kamu tahu ndak ini jalan umum, setan!! Saya juga ada urusan, Pak, saya lagi ditunggu di sana. Heh bapak! Saya bicara baik, kamu kemari ndak! Cepat kemari," ucap wanita dalam video.

Penyelenggara proyek itu pun tampak menghubungi atasannya dengan telepon untuk melaporkan kejadian tersebut. Merasa tidak didengarkan, wanita itu melanjutkan cacian dengan lebih menaikkan nada bicaranya.

"Ya Allah, perusahaan apa kamu, Pak, saya juga perusahaan loh ini. Berapa nilai proyek anggaran kamu, proyek kamu ini kecil, gila!! Sama-sama kita ketemu di kantor bupati bapak," lanjut wanita itu.

Amukan wanita berbaju hijau itu pun langsung menjadi tontonan orang-orang di sekitar jalan tersebut. Beberapa dari mereka mengeluhkan hal serupa karena tidak bisa melakukan mobilisasi. Ada pula yang hanya sibuk merekam aksi wanita tersebut.

4 dari 4 halaman

Berakhir dengan minta maaf

Meski banyak mendapat dukungan dari warganet karena dianggap benar menyuarakan keresahan masyarakat di sana. Namun, wanita tersebut berakhir dengan mengucap permintaan maaf yang diunggah oleh laman TikTok @muh_syukur97.

"Iya bapak terima kasih kembali, salam kenal balik bapak, terima kasih untuk perkenalannya sangat baik. Terima kasih ya bapak sampaikan kepada timnya, maaf dengan video yang tadi bukan maksud untuk meremehkan anggaran besar atau kecil. Buatlah plang pekerjaan, terus juga penjagaannya ditambah, karyawannya untuk bantu menjaga," ucap permintaan maaf dari wanita tersebut.

Warganet pun langsung bereaksi dengan ucapan permintaan maaf dari wanita pemberani itu. Meski dianggap benar, tapi justru minta maaf.

"Aduhhhh negara Konoha yang benar jadi salah," tulis akun @pejuang_alat_negara.

"Hebat nggak salah tapi minta maaf," tulis akun @supodoyayokpramon.

"Baru kali ini ada seorang perempuan sudah benar tapi minta maaf, sehat selalu ibuk," tulis akun @shobat_maya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.