Sukses

Memahami Surat Al-Jinn dan Keutamaannya, Menjauhkan Diri dari Gangguan Jin

Surat ini dinamakan Al-Jinn atau dikenal juga dengan surat Jin karena ayat-ayatnya mengisahkan tentang makhluk gaib yang bernama jin dan interaksi mereka dengan Nabi Sulaiman.

Liputan6.com, Jakarta Surat Al-Jinn adalah surat ke-72 dalam Al-Quran dan terdiri dari 28 ayat. Surat ini dinamakan Al-Jinn atau dikenal juga dengan surat Jin karena ayat-ayatnya mengisahkan tentang makhluk gaib yang bernama jin dan interaksi mereka dengan Nabi Sulaiman. Surat ini termasuk ke dalam kelompok surat-surat Makkiyah, yaitu surat-surat yang diturunkan sebelum hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

Surat Al-Jinn dimulai dengan pengakuan jin bahwa mereka telah mendengarkan Al-Quran dan menyadari bahwa Al-Quran adalah petunjuk yang benar. Kemudian, mereka mengajak sesama jin untuk bergabung dengan mereka untuk beriman kepada Allah dan mengikuti ajaran Al-Quran.

Selanjutnya, surat Al-Jinn menceritakan bagaimana jin pada masa Nabi Sulaiman digunakan untuk membantu pekerjaan Nabi Sulaiman dan mengikuti perintah Allah. Namun, beberapa di antara jin tersebut melanggar perintah Allah dan memilih untuk berbuat dosa.

Surat Al-Jinn menegaskan bahwa Allah Maha Kuasa dan Maha Mengetahui atas segala sesuatu, termasuk perbuatan jin. Selain itu, surat ini juga mengingatkan manusia untuk tidak menyembah selain Allah dan mengajak mereka untuk selalu mengikuti petunjuk Allah yang benar. Berikut ulasan tentang surat Al-Jinn atau surat JIn yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna Surat Al-Jinn

Surat Al-Jinn menyampaikan beberapa makna penting. Surat Al-Jinn mengajarkan nilai-nilai spiritual dan moral yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Surat ini menekankan pentingnya iman, taqwa, ketaatan kepada Allah, dan menjauhi sikap menyekutukan Allah. Berikut makna yang terkandung dalam surat Al-Jinn

1. Pengakuan Jin Terhadap Kebenaran Al-Quran

Dalam surat Al-Jinn, jin mengakui bahwa mereka telah mendengarkan Al-Quran dan menyadari bahwa Al-Quran adalah petunjuk yang benar. Hal ini mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa membuka hati dan telinga untuk menerima kebenaran yang berasal dari Allah SWT.

2. Pentingnya Iman dan Taqwa

Surat Al-Jinn mengajak sesama jin untuk beriman kepada Allah dan mengikuti ajaran Al-Quran. Ini mengajarkan bahwa iman dan taqwa merupakan landasan penting dalam menjalani hidup yang baik dan benar.

3. Pentingnya Ketaatan kepada Allah

Surat Al-Jinn menunjukkan betapa pentingnya ketaatan kepada Allah SWT. Dalam cerita tentang jin pada masa Nabi Sulaiman, jin yang patuh dan taat kepada perintah Allah diberi kekuatan dan kemampuan untuk membantu manusia. Sementara itu, jin yang memilih untuk melanggar perintah Allah akan mendapat hukuman dan akibat buruk.

4. Kekuasaan Allah yang Maha Kuasa

Surat Al-Jinn menegaskan kekuasaan Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, termasuk jin. Dalam cerita tentang jin pada masa Nabi Sulaiman, Allah menunjukkan kekuasaannya dalam mengendalikan makhluk gaib tersebut.

5. Tidak Boleh Menyekutukan Allah

Surat Al-Jinn mengingatkan manusia untuk tidak menyembah selain Allah dan mengajak mereka untuk selalu mengikuti petunjuk Allah yang benar. Hal ini mengajarkan bahwa manusia harus menghindari sikap menyekutukan Allah atau mempersekutukan-Nya dengan makhluk lain.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Surat Al-Jinn

Surat Al-Jinn memiliki beberapa keutamaan yang disebutkan dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Surat Al-Jinn memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat berharga bagi kehidupan manusia, baik dalam hal perlindungan dari gangguan jin, pembersihan dosa, pembuka pintu rizki, maupun sebagai pembuka hati dan pikiran. Membaca dan mempelajari surat Al-Jinn sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut keutamaan surat Al-Jinn

1. Sebagai Pelindung dari Gangguan Jin

Seseorang yang membaca surat Al-Jinn akan mendapat perlindungan dari gangguan setan dan jin oleh Allah SWT. Sebagaimana yang disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang membaca surat Al-Jinn pada malam hari, maka ia akan dilindungi dari gangguan jin hingga pagi hari. (HR. Bukhari-Muslim)

2. Pembersih Dosa

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang membaca surat Al-Jinn di dalam rumahnya, maka rumah tersebut akan menjadi bersih dari gangguan syaitan dan setan. (HR. Tirmidzi)

3. Pembuka Pintu Rizki

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang membaca surat Al-Jinn pada setiap pagi, maka Allah akan membukakan untuknya pintu-pintu rizki yang luas. (HR. Ahmad)

4. Pembuka Hati dan Pikiran

Surat Al-Jinn mengandung nilai-nilai spiritual yang dapat membuka hati dan pikiran seseorang untuk menerima kebenaran dan petunjuk dari Allah SWT.

5. Menambah Keimanan dan Ketaqwaan

Selain terhindar dari gangguan setan dan jin, khasiat lainya adalah menambah keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebab, di dalamnya berisi tentang sebuah peringatan bagi manusia dan jin bahwa mereka diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.