Sukses

Indeks adalah Angka yang Menggambarkan Tingkat Harga, Ini Fungsi dan Macamnya

Indeks adalah sesuatu yang dinyatakan dalam angka yang menyatakan tingkat harga, volume perdagangan, dan sebagainya di dalam jangka waktu tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Indeks adalah istilah yang sangat terkait dengan perekonomian. Indeks adalah sesuatu yang dinyatakan dalam angka yang menyatakan tingkat harga, volume perdagangan, dan sebagainya di dalam jangka waktu tertentu dalam perbandingan dengan suatu nilai.

Selain itu dapat dipahami pula bahwa indeks adalah ukuran statistik perubahan dalam kelompok representatif dan titik data individual. Di bidang ekonomi, indeks adalah sesuatu hal yang dapat berfungsi untuk melacak atau mengetahui kondisi ekonomi dari berbagai macam perspektif.

Indeks merupakan satu hal yang penting untuk mengukur dan menghitung suatu nilai atau referensi ke nilai dari dalam tabel atau rentang.

Sebenarnya, indeks adalah istilah yang sangat umum. Indeks tidak hanya terkait dengan hal-hal yang berbau perekonomian dan angka-angka, melainkan indeks juga terkait dengan literatur dan kepustakaan. Terkait hal ini, indeks adalah hal yang berfungsi untuk menunjukkan topik dokumen untuk memudahkan pengambilan dokumen atau bagian dokumen.

Untuk lebih memahami apa itu indeks, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/4/2023).

2 dari 4 halaman

Pengertian Indeks

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), indeks adalah istilah yang memiliki arti yang berbagai macam. Indeks merujuk pada daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada bagian akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Indeks adalah rasio antara dua unsur kebahasaan tertentu yang mungkin menjadi ukuran suatu ciri tertentu, bagian dari penunjuk. Contoh indeks meliputi daftar harga sekarang dibandingkan dengan harga sebelumnya menurut persentase untuk mengetahui turun naiknya harga barang.

Indeks adalah adalah daftar istilah yang berisi informasi dalam sebuah dokumen yang dapat memudahkan dalam proses menelusuri informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Ahli dalam bidang ini Soejono, 1997 menjelaskan daftar tersebut berupa artikel-artikel dalam bidang/subjek dari harian-harian, majalah-majalah, dan naskah-naskah.

Indeks dalam Bidang Ekonomi

Terkait dengan bidang ekonomi seperti yang telah dipaparkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks adalah angka yang akan digunakan untuk menyatakan tingkat harga, volume perdagangan, dan lain sebagainya di dalam suatu jangka waktu tertentu dalam perbandingan dengan suatu nilai serta dinyatakan dengan angka 100 untuk periode dasar tertentu.

Dalam ilmu ekonomi pula, indeks merupakan ukuran statistik dari perubahan suku bunga dalam perekonomian, misalnya saja pada indeks indikator utama perekonomian yang cenderung menjadi indikator perubahan daur usaha. Sedangkan terkait dengan perbankan, indeks adalah tingkat bunga yang digunakan sebagai dasar penetapan variabel suku bunga kredit, atau sering juga disebut indeks biaya dana.

Dari seluruh serangkaian penjelasan tersebut, makna indeks bisa berganti-ganti sesuai dengan konteks pembicaraannya. Meski demikian, dari semua pengertian mengenai indeks, secara umum dapat dipahami bahwa indeks adalah angka yang berguna dalam mengukur serta menyatakan perubahan relatif yang terjadi pada suatu harga, jumlah atau kuantitas, atau nilai yang diperbandingkan dengan periode awal.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat Indeks

Dalam kaitannya dengan aktivitas ekonomi, indeks bertujuan menentukan ukuran dalam suatu perubahan ekonomi yang terjadi. Dengan adanya indeks ini, maka suatu negara dapat mengetahui apakah dalam suatu sistem pemerintahannya terjadi inflasi atau tidak.

Selain itu, tujuan indeks adalah sebagai pedoman untuk menentukan jumlah pembelian suatu bahan produksi atau menggunakan suatu jasa tertentu. Umumnya, fungsi serta tujuan utamanya adalah sebagai penentu dari suatu peredaran barang atau pada jasa tertentu dalam sebuah sistem.

Indeks bermanfaat untuk menentukan harga dari layanan dan produk, masalah yang sering terjadi ialah dalam menentukan harga jual yang tepat pada layanan ataupun produk yang akan kamu jual. Hal ini karena dalam menentukan harga jual tentu akan terdapat banyak sekali faktor yang harus diperhatikan untuk mendapatkan harga jual yang tepat.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Indeks

Terkait bidang ekonomi, ada tiga jenis indeks yang umum digunakan, yakni sebagai berikut:

1. Angka Indeks Harga

Indek harga adalah indeks yang berguna untuk memberikan informasi mengenai perubahan harga yang terjadi dari satu periode ke periode lainnya. Indeks harga ini memiliki peran penting dalam perekonomian dan dibutuhkan oleh berbagai pihak seperti perusahaan, pemerintah, hingga akademisi.

Indeks harga juga dapat dibedakan menjadi tiga, yakni indeks harga konsumen (IHK), indeks harga produsen (IHP), dan Indeks harga petani.

Indeks harga konsumen adalah angka-angka yang nantinya akan akan menunjukkan hal yang signifikan tentang perbandingan antara harga jasa serta harga barang yang diinginkan atau dibeli oleh seorang konsumen. Selain itu, yang dihitung pada indeks ini merupakan suatu barang yang tentu saja dapat mewakili berbagai kegiatan dalam suatu kegiatan belanja oleh konsumen.

Sedangkan indeks harga produsen adalah ndeks harga yang bertitik tumpu pada perubahan harga tingkat produsen. Dengan adanya IHP nantinya akan dapat diketahui secara gamblang tentang indikator yang dapat disajikan dalam penentuan suatu harga grosir maupun eceran. Dengan begitu, harga di pasaran kemudian dapat diketahui melalui kinerja penilaian IHP itu sendiri.

Sedangkan Indeks Harga Petani adalah indeks harga yang dijadikan acuan bagi di mana petani harus membayar ataupun menerima. Secara spesifik, Indonesia sendiri merupakan negara agraris, sehingga dapat dikatakan jumlah petani di Indonesia sendiri cukup banyak. Dengan kondisi ini, maka dikeluarkanlah suatu kebijakan perekonomian yang kemudian berkaitan dengan kegiatan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan bagi para petani.

2. Angka Indeks Jumlah

Indeks ini digunakan untuk memperlihatkan perubahan jumlah barang sejenis, atau barang yang dihasilkan, digunakan, dan dijual dalam satu waktu yang sama maupun berlainan.

3. Angka Indeks Nilai

Indeks nilai adalah indeks yang bertujuan untuk memperlihatkan informasi mengenai perubahan nilai barang yang sejenis ataupun suatu kumpulan barang dari satu periode ke periode lainnya.