Sukses

6 Ciri-Ciri Kurma yang Bagus dan Segar, Perhatikan Tampilan Fisiknya

Ciri-ciri kurma yang bagus perlu memperhatikan tampilan fisik, warna, ukuran, hingga kemasannya.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kurma yang bagus bisa kamu lihat dari tampilan fisiknya. Kurma adalah salah satu buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Hal ini tidak terlepas dari kurma sebagai salah satu makanan yang disunahkan untuk dikonsumsi lebih dulu saat berbuka puasa.

Jadi, buah-buahan satu ini kerap kali dijadikan takjil saat berbuka puasa. Kurma merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi saat Ramadhan. Kamu tentunya tidak akan sulit menemuinya dijual di jalan, bahkan biasanya juga disediakan di masjid-masjid.

Kurma merupakan buah-buahan yang memiliki rasa manis, dan cocok di lidah banyak orang. Dengan banyaknya kurma yang dijual di pasar, maka kamu tentunya harus mengetahui ciri-ciri kurma yang bagus. Apalagi ada berbagai jenis kurma yang dijual oleh pedagang, membuat kamu harus pandai dalam memilih kurma yang sehat dan segar.

Ciri-ciri kurma yang bagus perlu memperhatikan tampilan fisik, warna, ukuran, hingga kemasannya. Kamu tentunya tidak ingin mendapatkan kurma yang sudah tidak asli ataupun sudah tidak segar lagi. Jadi, perhatikan ciri-ciri kurma yang bagus sebelum membeli buah yang satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/4/2023) tentang ciri-ciri kurma yang bagus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Permukaannya Tidak Lengket dan Tidak Keras

Ciri-ciri kurma yang bagus pertama adalah permukaannya tidak lengket dan tidak keras. Tampilan fisik memang menjadi poin utama dalam melihat ciri-ciri kurma yang bagus. Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan kurma tidak akan menjadi lengket ataupun keras.

Biasanya, kurma yang memiliki ciri-ciri basah atau lengket tersebut telah ditambahkan dengan pemanis seperti madu atau sirup gula. Jadi untuk mendapatkan kurma yang sehat dan segar, kamu harus benar-benar memperhatikan ciri-ciri pada permukaan kurma.

2. Permukaan Tidak Terlalu Kering dan Mengerut

Masih berkaitan dengan tampilan fisiknya, ciri-ciri kurma yang bagus berikutnya adalah permukaannya tidak terlalu kering dan mengerut. Kamu harus menghindari kurma yang kulitnya sudah mengerut karena itu menandakan bahwa kurma sudah lama tersimpan.

Jadi, memperhatikan tampilan fisik sangat penting dalam mengenali ciri-ciri kurma yang bagus. Kamu perlu memilih kurma yang tidak terlalu lengket atau basah, serta tidak terlalu kering dan mengerut. Pilih kurma yang kulit arinya masih menempel dengan baik.

3 dari 5 halaman

3. Warna Cokelat Agak Kehitaman

Ciri-ciri kurma yang bagus selanjutnya dapat kamu lihat dari warnanya. Pilihlah kurma yang warnanya merata atau dengan memilih yang warnanya cokelat agak kehitaman. Selain itu, pilihlah juga kurma yang tidak memiliki bagian-bagian rusak pada permukaan kulitnya.

Bila sudah menemukan kurma dengan ciri-ciri tersebut, berarti kurma itu adalah kurma yang masih segar dan sehat. Kadang ada jenis kurma yang memang warnanya hitam, namun bila tampilan fisiknya sudah tidak bagus, berarti buah tersebut sudah tidak segar lagi.

4 dari 5 halaman

4. Ukuran Kurma Memengaruhi Kandungan Gula

Setiap orang tentunya mengonsumsi kurma tidak hanya karena enak, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Namun, konsumsi kurma yang berlebihan tentu saja tidak baik. Hal ini berkaitan dengan kandungan gula yang dimilikinya. Ciri-ciri kurma yang bagus juga dipengaruhi oleh ukurannya.

Banyak orang yang menganggap ukuran kurma bukanlah hal penting dalam memilih kurma yang sehat dan segar. Padahal memperhatikan ukuran merupakan salah satu tips memilih kurma yang sangat penting. Dengan memperhatikan ukuran kurma, kamu jadi mengetahui berapa banyak kandungan gula yang dikandung oleh buah kurma tersebut. Jadi dengan mengetahui rata rata ukuran kurma, kamu bisa membatasi konsumsi kurma yang dianjurkan.

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Kamu harus membatasi konsumsi kurma supaya jangan sampai melebihi 40 gram setiap harinya. Karena itulah batas pemenuhan kebutuhan gula harian pada setiap orang.  

5 dari 5 halaman

5. Kemasan Tertutup Rapat

Ciri-ciri kurma yang bagus juga perlu diperhatikan dari kemasannya. Hal ini tentunya berlaku hanya bila kamu membeli kurma yang sudah dalam bentuk kemasan. Kamu harus memilih kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai lalai dalam memperhatikan hal ini.

6. Tempat Penjual atau Toko

Selain itu, bila ingin memilih kurma yang tidak menggunakan kemasan, kamu harus memastikan bagaimana kondisi tempat penjualannya. Tempat penjual atau toko merupakan salah satu faktor yang bisa dilihat dalam menentukan ciri-ciri kurma yang bagus.

Hal ini perlu kamu perhatikan saat membeli kurma kiloan. Pastikan kurma yang akan kamu beli tidak terkontaminasi debu serta kotoran dan disimpan dengan baik. Kamu bisa memilih toko yang mana penjualnya meletakkan penutup di atas kurma ketika belum ada pembeli. Hal ini adalah pencegahan agar kurma tidak terkontaminasi debu atau kotoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.