Sukses

Metamorfosis Sempurna adalah Perubahan Bentuk Signifikan Saat Hewan Tumbuh, Ini Contohnya

Metamorfosis berkaitan perubahan bentuk mulai dari telur, larva, kemudian menjadi bentuk yang sempurna dan dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Metamorfosis sempurna adalah suatu bentuk perkembangan hewan yang melibatkan perubahan bentuk tubuh, penampilan, dan perilaku . Proses ini terjadi pada sebagian besar hewan, seperti kupu-kupu, nyamuk, lebah, dan katak. 

Metamorfosis sempurna adalah pertumbuhan hewan yang mengalami perubahan bentuk dan struktur tubuh yang sangat signifikan, sehingga terdapat fase yang sangat berbeda dalam kehidupan hewan lainnya. Proses ini sangat penting bagi kelangsungan hidup hewan, karena memungkinkan hewan tersebut beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan memaksimalkan peluang untuk berkembang biak. 

Berikut ulasan tentang metamorfosis sempurna adalah rangkaian pertumbuhan hewan yang melibatkan perubahan bentuk tubuh yang signifikan. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (12/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk mulai dari telur, larva, kemudian menjadi bentuk yang sempurna dan dewasa. Metamorfosis merupakan perkembangan biologi yang dialami oleh hewan dan ditandai dengan perubahan penampilan serta struktur sesudah kelahiran. Perubahan tersebut dapat disebabkan karena pertumbuhan serta diferensiasi sel.Metamorfosis sempurna juga sering disebut dengan perkembangan holometabola dan terdiri dari 4 fase yaitu telur, larva, pupa, dan imago (hewan dewasa).

Metamorfosis sempurna adalah salah satu bentuk pertumbuhan hewan yang melibatkan perubahan bentuk tubuh, penampilan, dan perilaku yang signifikan. Proses ini terjadi pada sebagian besar hewan, seperti kupu-kupu, kumbang, lalat, dan belalang.

Pada tahap awal dari metamorfosis sempurna, hewan betina biasanya meletakkan telur-telurnya di tempat yang cocok, seperti pada daun tanaman atau di dalam tanah. Setelah itu, telur menetas menjadi larva. Pada tahap ini, hewan memiliki bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan bentuk dewasa. Misalnya, kupu-kupu memiliki larva yang disebut ulat. Larva ini biasanya sangat aktif dan membutuhkan banyak makanan untuk tumbuh besar.

Setelah larva tumbuh besar, ia akan berubah menjadi pupa. Pupa adalah tahap ketiga dalam proses metamorfosis sempurna. Pada tahap ini, larva akan berhenti makan dan mulai mengubah tubuhnya secara drastis. Tubuh larva akan diuraikan menjadi sel-sel baru yang akan membentuk tubuh hewan dewasa. Pada tahap ini, hewan berada dalam keadaan tidak aktif dan terbungkus dalam kantong atau kulit yang disebut kepompong.

Tahap terakhir dalam proses metamorfosis sempurna adalah imago atau hewan dewasa. Setelah melalui proses pupa, hewan akan keluar dari kepompong sebagai hewan dewasa. hewan dewasa memiliki bentuk dan ciri-ciri yang berbeda dengan larva dan pupa. Pada tahap ini, hewan sudah memiliki sayap (jika memiliki) dan organ reproduksi yang sudah berkembang. hewan dewasa ini biasanya berfungsi untuk mencari pasangan dan berkembang biak.

Berikut contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

3 dari 4 halaman

1. Kupu-Kupu

metamorfosis sempurna. Serangga ini sering ditemui disekitar bunga saat mencari nektar sebagai sumber makanannya. Kupu-kupu menjadi hewan yang tergolong ke dalam metamorfosis sempurna karena perubahan wujud dari hewan muda menuju ke dewasa sangat berbeda. 

Metamorfosis pada kupu-kupu dimulai dari telur yang berasal dari perkawinan kupu-kupu jantan dengan kupu-kupu betina. Kemudian, telur itu berubah menjadi ulat yang biasa ditemukan pada dedaunan. Lalu, ulat berubah menjadi kepompong atau pupa dengan cangkang untuk melindungi tubuh. Setelah beberapa lama, kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu muda dan beberapa hari kemudian akan berubah menjadi kupu-kupu dewasa.

2. Nyamuk

Contoh serangga lain yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk. Nyamuk adalah serangga yang dapat dengan mudah ditemukan dan dianggap sebagai serangga pengganggu karena gigitannya meninggalkan rasa gatal. Meskipun nyamuk adalh serangga yang bisa terbang, indukan nyamuk n menyimpan telurnya di permukaan air yang tenang. 

Telur menjadi fase awal terjadinya metamorfosis sempurna pada nyamuk. Setelah telur menetas akan berubah menjadi seekor larva. Larva ini akan beradaptasi untuk mencari makan supaya bisa melanjutkan hidupnya ke fase pupa. Setelah fase larva sudah selesai, selanjutnya adalah fase pupa. Fase terakhir dari metamorfosis pada nyamuk adalah nyamuk menjadi dewasa.

 

 

4 dari 4 halaman

3. Katak

Katak termasuk ke dalam kategori hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Hal itu dapat dilihat pada bentuk kecebong yang sangat berbeda dengan bentuk katak ketika dewasa. Perbedaan itulah yang menyebabkan katak menjadi hewan bermetamorfosis sempurna.

Telur menjadi fase awal dari metamorfosis sempurna katak. Kemudian dilanjutkan dengan telur yang berubah menjadi kecebong tanpa kaki. Setelah mengalami perkembangan, kecebong memiliki dua kaki. Kaki kecebong yang berjumlah semakin bertambah dibarengi tubuh kecebong yang ikut mengalami perubahan, sehingga menjadi katak muda. Katak muda pun berkembang menjadi katak dewasa yang kemudian berkembang biak dan menghasilkan telur-telur katak.

6. Lebah

Lebah memiliki urutan metamorfosis yang mirip dengan kupu-kupu. Lebah dewasa bertelur, lalu telur menetas menjadi larva dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu. Setelahnya larva akan terus makan selama satu minggu dan masuk ke tahap kepompong. Pada tahapan ini lebah tidak makan hingga berubah menjadi lebah dewasa. Semua tahapan metamorfosis pada lebah membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari atau 3 minggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.